10 Cara Mencegah Cedera Saat Olahraga

Cedera olahraga bisa terjadi pada siapapun. Cedera terjadi tanpa mengenal usia, baik tua maupun muda. Cedera bisa terjadi terlepas dari kebugaran dan pengalaman orang yang mengalaminya. Cedera dapat menjadi berbahaya jika tidak langsung ditangani dan dibiarkan saja. 

Terdapat beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mencegah cedera. Salah satu langkah pemanasan yang umum dilakukan sebelum berolahraga untuk menghindari cedera adalah pemanasan.

Agar bisa lebih aman, maka kamu harus mengenali beberapa langkah tepat yang dilakukan untuk mencegah cedera. Beberapa jenis cedera yang biasanya terjadi sebelum berolahraga antara lain cedera lutut, cedera bahu, cedera tulang kering, otot tertarik, hingga patah tulang.

Tips Mencegah cedera Ketika Akan Berolahraga

Berolahraga memang dapat meningkatkan kebugaran fisik, namun hal tersebut tidak akan berarti jika kamu sudah mengalami cedera bahkan sebelum berolahraga. Agar terhindar dari berbagai kemungkinan buruk, berikut adalah beberapa tips mencegah cedera yang bisa kamu lakukan sebelum mulai berolahraga.

Mulai Olahraga dengan Tahapan yang Sesuai

Berbagai program rutin olahraga ini biasanya dilakukan untuk memenuhi tujuan tertentu seperti penurunan berat badan dan lain-lain. Hal tersebut memang tidak salah, namun jika kamu baru memulainya, lakukanlah latihan rutin ini dengan tahapan ringan sesuai dengan kemampuan tubuh dan jangan memaksakan diri. Hal ini sangat berguna untuk meminimalisir risiko cedera ketika berolahraga.


Kenakan Pakaian Olahraga yang Tepat dan Nyaman

Salah satu faktor pendukung olahraga adalah pakaian olahraga yang dikenakan. Oleh karena itu agar aktivitas olahraga yang dilakukan berjalan dengan nyaman tanpa hambatan, maka kenakanlah pakaian olahraga yang menurut kamu nyaman untuk digunakan. Kamu juga bisa mengenakan pelindung tubuh yang tepat seperti pelindung siku, lutut, kepala, dan lain-lain.


Pastikan Dibimbing Oleh Pelatih

Beberapa olahraga biasanya membutuhkan teknik khusus ketika akan melakukannya. Agar bisa melakukan aktivitas olahraga dengan benar, pastikan bahwa ada pelatih yang siap sedia membimbing kamu. Dengan melakukan olahraga sesuai dengan instruksi pelatih, maka risiko cedera bisa diminimalisir.


Konsumsi Suplemen atau Vitamin Pendukung

Ada kalanya cedera yang terjadi pada saat olahraga seperti cedera bahu, otot, dan punggung terjadi karena munculnya titik stress pada bagian tubuh. Hal ini akan semakin sering terjadi jika aktivitas olahraga yang dilakukan berhubungan aktivitas mengangkat beban berat. 

Dengan mengonsumsi suplemen atau multivitamin, maka risiko cedera bisa diminimalisir karena suplemen dapat membantu memasok energi dan meningkatkan proses pembentukan otot.

– – – – – – Editorial Pick – – – – – –
7 Manfaat Buah Plum untuk Kesehatan
Seberapa Bahaya Obat Kuat untuk Kesehatan Pria?
8 Olahraga Untuk Meningkatkan Kualitas Hubungan Seksual


Penuhi Kebutuhan Cairan Saat Olahraga

Faktor lain yang mungkin tidak disadari dapat meningkatkan risiko cedera saat olahraga adalah kurangnya asupan cairan di dalam tubuh. Dehidrasi atau kekurangan cairan bahkan dapat menyebabkan risiko fatal hingga kematian. Oleh karena itu ketika akan berolahraga, jangan lupa untuk selalu menyiapkan cairan seperti air mineral atau minuman isotonic.


Jaga Kondisi Berat Badan

Berat badan juga ternyata memiliki pengaruh penting dalam meningkatkan risiko cedera saat olahraga. Berdasarkan penelitian dari University Melbourne, Australia, diketahui bahwa orang dengan berat badan berlebih memiliki risiko nyeri lutut yang lebih tinggi dibandingkan dengan orang dengan berat badan normal.

Oleh karena itu agar terhindar dari risiko nyeri sendi saat olahraga, penting bagi kamu untuk menjaga berat badan.


Lakukan Gerakan Pemanasan dan Pendinginan

Cedera yang terjadi ketika berolahraga seringkali terjadi akibat otot-otot yang kaku. Untuk menghindari bahaya tersebut, maka kamu wajib melakukan pemanasan sederhana untuk melemaskan otot tubuh sebelum memulai olahraga dan pendinginan setelah aktivitas olahraga selesai dilakukan.


Variasikan Jenis Olahraga yang Dilakukan

Olahraga memang baik dilakukan secara rutin, namun jika kamu melebihi batas kemampuan tubuh, berolahraga justru akan mengundang risiko cedera tubuh yang lebih parah. Jika sebelumnya tubuh sudah banyak beraktivitas, maka variasikan jenis olahraga yang akan dilakukan. Misalnya saja lari pagi tiga kali seminggu pertama, kemudian diselingi dengan yoga dan renang pada minggu berikutnya.


Jaga Konsentrasi Tubuh

Ketika akan melakukan aktivitas olahraga jangan lupa untuk selalu menjaga konsentrasi tubuh. Misalnya saja ketika melakukan olahraga jogging atau lari pagi. Pastikan daerah yang kamu lewati bebas dari permukaan yang terjal ataupun berbatu. Hal ini sangat penting untuk menghindari risiko keseleo saat berlari.


Latih Kelenturan Tubuh

Beberapa jenis latihan gerak seperti latihan kelenturan gerak juga merupakan salah satu solusi yang bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya cedera pada bagian tubuh. Jika tubuh lentur, maka otot-otot tubuh sudah lemas dan tidak kaku sehingga cedera saat olahraga bisa langsung dihindari.

Untuk memenuhi kebutuhan vitamin harianmu, kamu juga bisa mengunduh aplikasi Jovee. Jovee adalah aplikasi yang dapat merekomendasikan suplemen sesuai dengan kebutuhan personal. Aplikasi Jovee tersedia melalui Google Play Store maupun App Store.

Selain itu aplikasi ini juga memberikan informasi penting terkait kebutuhan nutrisi dan suplemen apa yang harus kamu penuhi setiap harinya. Dengan memanfaatkannya, maka memiliki gaya hidup sehat di era modern sudah bukan sebuah angan-angan semata.

Ingin tahu informasi seputar kesehatan lebih lanjut? Simak selengkapnya di Ngovee.

Diedit oleh: Aileen Velishya