10 Manfaat Buah Kiwi, Buah dengan Nutrisi yang Sangat Sehat

Ditinjau oleh: Kelvin Halim, S. Gz.

Kiwi merupakan buah yang dari penampakan luarnya mirip sekali dengan buah sawo. Perbedaannya terletak pada dagingnya. Buah kiwi memiliki daging buah berwarna kehijauan-hijauan dengan tekstur yang lembut. Buah kiwi berasal dari bagian timur Cina, namun saat ini banyak ditanam dan dibudidayakan di Selandia Baru.

Ukuran buah kiwi cukup kecil, tetapi mengandung banyak sekali nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Buah ini mengandung vitamin C, vitamin K, vitamin E, asam folat, kalium dan lain sebagainya. Karena kandungannya yang cukup kaya, buah ini juga seringkali dijadikan bahan dalam membuat suplemen kesehatan.

Pohon kiwi dapat tumbuh di berbagai iklim, dan karena itu dapat ditemukan di sepanjang tahun. Di California, Amerika Serikat, pohon kiwi akan panen dari bulan November sampai bulan Mei. Sedangkan, di Selandia Baru, buah ini bisa ditemukan dari bulan Juni sampai bulan Oktober.

Rasa buah ini tergolong manis keasam-asaman, beberapa orang mengatakan bahwa rasa buah ini adalah setengah mangga dan setengah strawberry. Buah kiwi juga dapat dikonsumsi langsung baik dengan kulitnya ataupun tidak. Selain rasanya yang lezat, buah kiwi memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh.

Kandungan Nutrisi dalam Buah Kiwi

Buah kiwi mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan tubuh, seperti vitamin C, vitamin A dan lain sebagainya. Hal ini menjadikan kiwi sebagai buah yang cukup sehat untuk dikonsumsi sehari-hari.

Menurut data dari US Department of Agriculture (USDA), dalam 100 gram buah kiwi terdapat:

  • 83,07 gram (g) air
  • 61 kalori
  • 1,14 g protein
  • 14,66 g karbohidrat
  • 3,0 g serat
  • 8,99 g gula total
  • 34,0 mg kalsium
  • 17,1 mg magnesium
  • 34,0 mg fosfor
  • 312 mg kalium
  • 92,7 mg vitamin C
  • 25 mikrogram (mcg) folat atau vitamin B9
  • 52,0 mcg beta karoten

Selain itu, buah kiwi juga mengandung zat besi, zinc dan beberapa vitamin penting lainnya. Kiwi juga memiliki kandungan antioksidan seperti choline, lutein, dan zeaxanthin yang cukup banyak sehingga sangat baik untuk mencegah kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas.

Manfaat Buah Kiwi

Buah kiwi pertama kali didatangkan dari Tiongkok ke Selandia Baru pada tahun 1904. Sebelumnya, buah kiwi tumbuh liar di dataran Tiongkok. Di Selandia Baru lah buah ini dibudidayakan dan diberikan nama “kiwi” seperti nama burung yang banyak ditemukan di daerah Selandia Baru.

Buah ini memiliki reputasi sebagai buah yang sehat karena kekayaan nutrisi di dalamnya, terutama vitamin C. Buah kiwi juga diklaim mampu menurunkan tekanan darah, mempercepat kesembuhan pada luka, membantu menjaga kesehatan usus dan lain sebagainya.

Apa saja manfaat buah kiwi yang bisa didapatkan? Mari kita simak 10 manfaat dari buah kiwi:

1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Buah kiwi memiliki nutrisi yang padat dan penuh vitamin C. Faktanya, 1 cangkir buah kiwi memberikan sekitar 273 persen dari nilai vitamin C harian yang direkomendasikan. Vitamin C adalah nutrisi penting untuk meningkatkan sistem kekebalan untuk menangkal penyakit.

Sebuah penelitian yang terbit di Canadian Science Publishing pada tahun 2013 menemukan bahwa kiwi dapat meningkatkan fungsi kekebalan dan mengurangi kemungkinan terserang penyakit seperti flu atau pilek. Hal ini terutama terjadi pada kelompok berisiko seperti orang dewasa di atas usia 65 tahun dan anak kecil.

Di dalam kondisi pandemi atau musim hujan seperti sekarang ini, sangat baik jika kamu mengkonsumsi buah kiwi secara rutin. Meningkatkan daya tahan tubuh merupakan salah satu cara terbaik untuk mencegah dari penyakit-penyakit menular seperti flu dan pilek bahkan COVID-19.

2. Menjaga Tekanan Darah

Buah kiwi tidak hanya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, buah manis ini juga dapat membantu menjaga tekanan darah tetap normal. Hal ini dikarenakan kandungan senyawa bioaktif di dalam buah kiwi terbukti cukup baik untuk kesehatan darah.

Sebuah studi tahun 2014 menemukan bukti mengkonsumsi tiga buah kiwi sehari dapat menurunkan tekanan darah lebih baik dibandingkan mengkonsumsi satu buah apel sehari. Dalam jangka panjang, ini juga berarti menurunkan risiko kondisi yang dapat disebabkan oleh tekanan darah tinggi.

3. Mencegah Kanker

National Cancer Institute melaporkan bahwa tingkat radikal bebas yang tinggi dalam tubuh dapat memicu kerusakan DNA yang dapat menyebabkan berbagai jenis kanker. Nah, salah satu senjata yang paling efektif untuk melawan radikal bebas adalah antioksidan.

Buah kiwi menyediakan berbagai kandungan antioksidan di dalamnya yang dapat membantu menghilangkan radikal bebas dari tubuh. Oleh karena itu, buah kiwi merupakan salah satu buah yang baik untuk mencegah munculnya sel kanker.

Selain itu, penelitian yang terbit di The American Journal of Clinical Nutrition menunjukkan bahwa orang yang mengkonsumsi banyak serat, terutama serat dari buah-buahan dan sereal lebih kecil kemungkinannya untuk mengembangkan kanker kolorektal dibandingkan mereka yang makan sedikit serat.

4. Membantu Mengatasi Asma

Kandungan vitamin C dan antioksidan yang tinggi pada buah kiwi dianggap dapat membantu mengobati penderita asma.

Sebuah studi dari tahun 2000 menemukan bahwa ada manfaat yang baik dalam mengkonsumsi buah segar secara teratur untuk fungsi paru-paru. Ya, salah satu buah segar itu termasuk buah kiwi. Buah segar seperti kiwi juga dapat mengurangi mengi pada anak-anak.

5. Menjaga Kesehatan Jantung

American Heart Association (AHA) merekomendasikan orang-orang untuk meningkatkan asupan harian kalium sekaligus mengurangi asupan garamnya. Hal ini dapat membantu untuk menjaga kesehatan jantung dan menjaga tekanan darah.

Buah kiwi memiliki kandungan serat, kalium dan antioksidan yang cukup tinggi. Di mana hal ini dapat membantu untuk menjaga kesehatan jantung. Kalium merenggangkan saluran darah sehingga menjaga tekanan darah tetap normal. Hal ini dapat mencegah penyakit yang memicu gangguan kardiovaskuler seperti stroke dan serangan jantung.

Sebuah penelitian tahun 2017 juga menemukan bahwa orang-orang yang banyak mengkonsumsi serat memiliki risiko lebih kecil mengalami gangguan kardiovaskuler. Serat juga membuat orang-orang memiliki lebih sedikit kadar kolesterol jahat dalam darah.

6. Melancarkan Pencernaan, Manfaat Buah Kiwi

Sudah bukan rahasia umum bahwa serat, khususnya yang dikandung dalam sayuran dan buah-buahan sangat baik untuk kesehatan pencernaan. Selain kandungan seratnya yang tinggi, buah kiwi juga mengandung actinidin yang dapat membantu memecah protein.

Ada satu penelitian yang membuktikan bahwa tambahan actinidin dalam buah kiwi memiliki dampak yang hebat dalam meningkatkan kesehatan pencernaan.

7. Mengurangi Pembekuan Darah

Selain membantu menjaga tekanan darah, buah kiwi ternyata dapat mengurangi pembekuan darah. Sebuah studi dari Universitas Oslo menemukan bahwa makan dua hingga tiga kiwi sehari secara signifikan menurunkan risiko pembekuan darah.

Buah kiwi juga ditemukan dapat mengurangi jumlah lemak dalam darah. Para peneliti mengatakan bahwa efek ini mirip dengan dosis aspirin harian untuk meningkatkan kesehatan jantung.

8. Menjaga Kesehatan Ibu Hamil dan Kandungannya

Buah Kiwi memiliki kandungan folat yang cukup tinggi. Hal ini penting untuk tumbuh kembang janin di dalam rahim. Selama kehamilan, dokter menyarankan wanita untuk mengkonsumsi folat tambahan, karena dapat melindungi janin dari masalah perkembangan, seperti kelainan saraf, kegagalan organ vital dan lain sebagainya.

9. Menjaga Kesehatan Tulang

Salah satu manfaat dari buah kiwi lainnya adalah menjaga kesehatan tulang. Hal ini dapat diperoleh dari kandungan vitamin K, kalsium dan fosfor yang berkontribusi baik dalam kesehatan tulang. Mencukupi asupan vitamin K sehari-hari dapat menurunkan risiko terserang penyakit osteoporosis.

10. Meningkatkan Kualitas Tidur, Manfaat Buah Kiwi

Sebuah studi yang terbit di Asia Pacific Journal of Clinical Nutrition tahun 2011 menemukan bahwa efek buah kiwi terhadap kualitas tidur pada orang dewasa dengan masalah tidur. Para peneliti menemukan bahwa makan kiwi meningkatkan kualitas tidur. Para ilmuwan dalam penelitian ini menyarankan bahwa manfaat ini mungkin berasal dari kandungan antioksidan dan serotonin yang dikandung dalam buah kiwi.

Itu dia 10 manfaat buah kiwi yang dapat diperoleh dari mengkonsumsi buah kecil dengan rasa manis ini. Ingin mulai gaya hidup sehat? Unduh aplikasi Jovee melalui Google Play Store maupun App Store sekarang! Dengan Jovee anda dapat melihat rekomendasi suplemen sesuai dengan kebutuhan personalmu. Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee

Penulis: Fadhel Yafie

Referensi:

Asian Pacific Journal of Clinical Nutrition (2011) | Effect of Kiwifruit Consumption on Sleep Quality in Adults with Sleep Problems

Canadian Science Publishing (2013) | Kiwifruit: our daily prescription for health

Healthline (2018) | 7 Health Benefits of Kiwi

Journal of Chiropractic Medicine (2017) | Dietary Fiber Is Beneficial for the Prevention of Cardiovascular Disease: An Umbrella Review of Meta-analyses

Medical News Today (2019) | What are the Health Benefits of Kiwifruit?

National Institute of Health (2015) | The effect of kiwifruit consumption on blood pressure in subjects with moderately elevated blood pressure: a randomized, controlled study

Nourish by WebMD | Health Benefits of Kiwi

Nutrition Value | Kiwifruit, Raw, Green

The American Journal of Clinical Nutrition (2015) | Dietary fiber intake and risk of colorectal cancer and incident and recurrent adenoma in the Prostate, Lung, Colorectal, and Ovarian Cancer Screening Trial