10 Manfaat Lari Bagi Kesehatan Yang Harus Kamu Tahu!

Lari dapat menjadi salah satu pilihan olahraga murah meriah yang sangat baik untuk kesehatan. Olahraga satu ini dapat dilakukan kapanpun dan dimana saja. Kamu bahkan dapat berlari di lingkungan rumah maupun kantor. Olahraga baik dilakukan setiap hari selama 30 menit. Ada banyak manfaat yang bisa diperoleh dari olahraga lari apabila dilakukan secara rutin.

Lari selama 5 sampai 10 menit setiap harinya dapat memberikan manfaat yang begitu banyak. Berlari yang dilakukan tidak perlu dengan kecepatan yang besar. Cukup lari dengan kecepatan 6,0 mil per jam setiap harinya dan kamu akan mendapatkan begitu banyak manfaat bagi kesehatan. Mau tahu apa saja manfaatnya? Yuk simak.

Manfaat Lari yang Baik untuk Kesehatan

Untuk mendapatkan manfaat dari lari untuk kesehatan. Kamu dianjurkan untuk lari setidaknya 5 sampai 10 menit setiap hari dengan kecepatan yang sedang. Berikut adalah 10 manfaat yang bisa diperoleh dari kebiasaan lari secara rutin:

1. Menguatkan tulang kaki dan juga otot

Kaki dan otot adalah bagian tubuh yang paling banyak bergerak dan bekerja keras selama berlari. Dengan sendirinya, kaki dan otot akan semakin terlatih selama kamu berlari. Struktur kaki juga akan membaik jika kamu lari secara rutin. Koordinasi dari setiap bagian kaki akan semakin atletis dan menguat.

2. Menurunkan Risiko Obesitas

Olahraga lari secara rutin dapat membantu merangsang pembentukan hormon yang baik untuk metabolisme tubuh dan juga meluruhkan lemak. Lari akan membakar tumpukan lemak dalam tubuh sehingga lemak akan berkurang. Timbunan lemak yang berkurang akan membantu menurunkan berat badan menjadi lebih ideal. Hal ini akan membantu menurunkan risiko obesitas yang mungkin dialami.

3. Menyehatkan jantung

Saat berlari, jantung kamu akan dilatih untuk memompa darah lebih kuat dan teratur. Saat jantung dilatih secara rutin dan bertahap, maka dengan sendirinya otot-otot jantung akan terlatih lebih kuat dalam memompa darah. Hal ini sangat baik terutama untuk mencegah penyakit gagal jantung ataupun penyakit yang ditimbulkan karena jantung kesulitan memompa darah.

– – – – – – Editorial Pick – – – – – –
Psikosomatik, Ketika Stress Memicu Sakit Fisik
Mencegah Depresi dengan Berolahraga, Memang Bisa?
Mengenal Skizofrenia, Penyakit Mental yang Perlu Diwaspadai

4. Menurunkan Risiko Tekanan Darah Tinggi

Kamu yang memiliki risiko tekanan darah tinggi sangat dianjurkan untuk melakukan olahraga lari secara rutin setiap hari. Tidak perlu lari dengan kecepatan yang memberatkan kamu, cukup lari dengan kecepatan sedang dan teratur. Pada awal berlari mungkin tekanan darah akan meningkat. Namun hal ini hanya berlangsung sementara dan tidak perlu dikhawatirkan.

5. Menurunkan Risiko Kanker Payudara

Risiko kanker payudara diketahui dapat diturunkan hingga 20 persen apabila berlari secara rutin setiap hari. Sementara bagi mereka yang sudah pernah terkena kanker payudara, maka berlari rutin akan menurunkan risiko munculnya kembali kanker hingga 40 persen.

6. Memperbaiki Memori

Manfaat olahraga lari ternyata tidak hanya baik untuk kesehatan fisik namun juga memperbaiki kemampuan ingatan seseorang. Hal ini berasal dari riset yang dilakukan oleh British Columbia University di tahun 2014 yang menunjukkan bahwa olahraga aerobic akan menambah ukuran hippocampus. Hippocampus sendiri merupakan bagian otak yang berperan penting dalam kognitif dan memori verbal.

7. Memperbaiki Stamina

Seseorang yang rutin berlari setiap hari diketahui mengalami peningkatan stamina dalam tubuh. Tubuh menjadi terasa lebih segar dan bugar saat harus bekerja seharian dibandingkan mereka yang tidak berolahraga. Hal ini karena aliran darah ke seluruh bagian tubuh tersuplai optimal. Alhasil, tubuh pun mendapatkan asupan oksigen yang mencukupi. 

8. Menguatkan Persendian

Saat seseorang berlari, maka bagian tulang termasuk tulang rawan di kakinya akan tertekan. Pada akhirnya, hal ini akan membantu melatih persendian agar menjadi lebih kuat. Hal ini juga sudah didukung lewat penelitian yang diterbitkan melalui Medicine and Science in Sports and Exercise

9. Memperbaiki Mood 

Stres dapat diatasi salah satunya dengan olahraga lari secara teratur. Olahraga lari terbukti meningkatkan suasana hati menjadi lebih baik. Orang yang sedang stres juga sangat dianjurkan untuk keluar dan berolahraga. 

10. Membakar Kalori

Olahraga lari dapat membantu membakar timbunan kalori di dalam tubuh. Berlari lebih jauh maka kamu akan membakar lebih banyak kalori. Oleh karena itu olahraga ini sangat disarankan untuk dilakukan oleh mereka yang ingin menurunkan berat badan. 

Untuk membantu aktivitas fisik kamu yang tinggi setiap hari, konsumsi suplemen sangatlah penting agar tubuh tetap bugar dan sehat. Namun, tidak semua orang paham suplemen apa yang paling tepat sesuai dengan kondisi tubuhnya dan juga kegiatan sehari-harinya. Oleh karena itu aplikasi Jovee kini hadir di tengah masyarakat membantu menemukan suplemen apa yang paling cocok sesuai dengan kondisi fisik. 

Keamanan dari suplemen dan multivitamin yang dihadirkan juga terjamin. Pasalnya, dokter dan apoteker telah bekerja bersama untuk menjamin keamanan dari suplemen yang dijual. Seluruh suplemen juga diperoleh dari supplier terpercaya dalam negeri. Konsumsi suplemen setiap hari akan dapat membantu program lari rutin kamu.

Temukan lebih banyak lagi melalui aplikasi Jovee. Unduh melalui Google Play Store maupun App Store sekarang.

Diedit oleh: Aileen Velishya