15 Buah untuk Tingkatkan Peluang Program Hamil

Terdapat beberapa cara untuk meningkatkan kesuburan pria dan wanita yang sedang melaksanakan program kehamilan, salah satunya adalah dengan mengonsumsi buah yang baik untuk program hamil.

Beragam nutrisi yang terkandung dalam buah-buahan, dapat membantu meningkatkan kesuburan pria dan wanita, yang mana dapat berdampak pada suksesnya program hamil yang sedang dilakukan.

Pria yang memiliki berat badan di atas rata-rata juga dapat menurunkan kualitas sperma sehingga peluang suksesnya program kehamilan yang direncanakan menjadi lebih sedikit. Selain itu, wanita dengan berat badan di atas rata-rata juga dapat memberikan hasil yang kurang maksimal pada program kehamilan yang dijalankan. Bahkan, menurut penelitian yang dilakukan oleh Van der Steeg dan rekannya pada 3.029 pasangan, seorang perempuan yang memiliki Indeks Massa Tubuh (IMT) lebih dari 40, dapat menurunkan peluang hamil hingga 43%.

Cara terbaik agar Anda dapat meningkatkan peluang hamil adalah dengan mencapai berat badan ideal melalui diet yang menyehatkan, salah satunya adalah dengan mengonsumsi buah-buahan. Lalu, apa saja buah-buahan yang bagus untuk program hamil? Simak ulasan lengkapnya di sini.

Buah yang bagus untuk program hamil

1. Alpukat

Alpukat mengandung lemak dengan jumlah yang cukup tinggi sehingga dapat membantu menjaga kesehatan sel telur. Takut berat badan naik karena kandungan lemak yang ada pada alpukat? Tenang, karena kandungan lemak yang ada pada alpukat merupakan lemak tak jenuh yang dapat membantu untuk jaga kadar kolesterol dalam tubuh dan membuat berat badan menjadi lebih ideal.

2. Buah pir

Kandungan zat besi yang tinggi pada buah pir dapat membantu kurangi kerusakan kromosom pada sel telur sehingga dapat membantu meningkatkan kesuburan. Selain itu, buah pir juga baik dikonsumsi bagi wanita yang sedang hamil karena dapat membantu mencegah kram, dan dehidrasi saat hamil; mengurangi risiko bayi lahir cacat, dan meredakan gejala morning sickness.

3. Buah plum

Buah plum dapat membantu Anda mencapai berat badan ideal agar dapat meningkatkan kesempatan terjadinya kehamilan. Ketika program hamil telah sukses, buah plum juga baik untuk dikonsumsi karena mengandung kalium yang dapat menurunkan risiko cacat pada bayi. Anda disarankan untuk mengonsumsi buah plum yang belum diolah untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

4. Apel

Apel merupakan buah yang memiliki kandungan vitamin C dan serat yang baik, sehingga bisa meningkatkan kesuburan (baca juga Pentingnya Peran Vitamin C untuk Anak). Selain itu, apel juga dapat menambah nafsu makan dan juga mencegah konstipasi.

5. Stroberi

Terdapat banyak kandungan nutrisi pada buah stroberi yang dapat mendukung program kehamilan Anda. Beberapa kandungan yang ada pada buah stroberi adalah vitamin C, beta karoten, dan antosianin yang memiliki sifat antioksidan sehingga dapat membantu mengoptimalkan produksi hormon yang baik bagi kesehatan sel telur. Namun, Anda diharapkan untuk tidak mengonsumsi stroberi jika memiliki riwayat alergi pada buah ini.

6. Buah Persik

Buah persik mengandung vitamin C, nikotinat, dan kalium yang dapat membantu folikel (kantung cairan yang berisi oosit matang untuk membentuk sebuah sel telur) yang ada pada ovarium agar matang, serta dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

7. Kesemek

Manfaat dari buah kesemek adalah menjaga kesehatan dari kelenjar adrenal yang mana merupakan organ penting untuk kesuburan. Selain itu, mengonsumsi buah kesemek juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan memenuhi kebutuhan yodium.

8. Delima

Selain baik untuk penderita anemia karena dapat memenuhi kebutuhan zat besi, buah delima juga disarankan bagi wanita yang sedang melakukan program kehamilan karena dipercaya dapat membantu meningkatkan libido wanita secara alami.

9. Anggur

Buah anggur dapat menurunkan risiko bayi lahir cacat, serta membantu perkembangan otak pada bayi saat di dalam kandungan. Namun, anggur juga memiliki kandungan gula yang cukup tinggi sehingga Anda harus mengonsumsinya dengan bijak.

10. Buah tin

Sejak zaman Yunani Kuno, buah tin dipercaya dapat meningkatkan kesuburan dan bukti ilmiah menguatkan hal tersebut karena buah tin mengandung zat besi yang dapat menjaga kesehatan sel telur.

 11. Pisang

Pisang merupakan buah yang terkenal akan kandungan kaliumnya yang dapat meningkatkan energi, menjaga daya tahan tubuh, serta dapat meningkatkan kesuburan pria dan wanita. Pisang juga dapat memicu produksi hormon serotonin yang dapat membuat seseorang menjadi lebih bahagia.

12. Jeruk bali

Kandungan potasium, kalsium, dan vitamin B yang ada pada jeruk bali dapat membantu meningkatkan kesehatan sel telur. Setidaknya Anda disarankan untuk mengonsumsi setengah jeruk bali per hari agar dapat merasakan manfaat yang maksimal.

13. Buah nanas

Nanas dipercaya dapat meningkatkan potensi terjadinya kehamilan jika Anda mengonsumsi rutin buah ini. Meski belum banyak penelitian yang dapat membuktikan hal tersebut, namun Anda juga dapat merasakan khasiat lainnya dari buah nanas, seperti meningkatkan daya tahan tubuh, melawan sel kanker, meredakan gangguan pencernaan, dan masih banyak lagi.

14. Manggis

Kandungan mangan, vitamin C, dan asam folat dapat membantu pasangan yang sedang melaksanakan program hamil karena dapat meningkatkan peluang terjadinya kehamilan.

15. Kurma

Buah yang sering kita jumpai saat bulan Ramadhan ini mengandung banyak sekali nutrisi yang berguna bagi pasangan yang sedang melakukan program kehamilan, seperti zat besi, kalium, kalsium, magnesium, dan serat.

Adakah buah yang dilarang untuk program hamil?

buah-untuk-program-hamil

Sejauh ini, belum ada penelitian yang menyebutkan bahwa terdapat buah tertentu yang dapat menurunkan risiko atau bahkan mencegah kehamilan. Namun, ada beberapa buah-buahan yang sebaiknya Anda hindari di masa kehamilan, salah satunya adalah buah yang mengandung kadar gula dan karbohidrat yang tinggi, seperti kurma, pisang, dan anggur.

Ingin tahu berita seputar kesehatan lainnya? Simak selengkapnya hanya di Ngovee. Unduh aplikasi Jovee melalui Google Play Store maupun App Store untuk mendapatkan rekomendasi suplemen. Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee.

Baca juga:

Sumber:

WebMD. 2007. Obesity Linked to Infertility in Women. Diakses pada 2020.