5 Manfaat Tidur Siang yang Bisa Kamu Dapatkan

Ditinjau oleh : dr.Irma Lydia
Tidur siang bagi orang dewasa adalah kegiatan yang sangat jarang dilakukan. Padahal banyak dari mereka yang kesal ketika disuruh untuk tidur siang sewaktu kecil. Beragam fungsi tidur siang yang bisa didapat dapat dan bermanfaat bagi otak dan tubuh. Kebutuhan tidur siang pada anak-anak dan orang dewasa tentu berbeda. Agar mendapatkan manfaat tidur siang, Anda harus memperhatikan hal-hal seperti durasi tidur siang, waktu pelaksanaan tidur siang, dan tempat dimana Anda tidur siang. 

Waktu yang disarankan untuk tidur siang bagi orang dewasa adalah tidak lewat dari jam 3 sore, agar tidak mengganggu kualitas tidur malam Anda. Ketika tidur siang, anda hanya butuh waktu 10-20 menit untuk mendapatkan kondisi tubuh yang lebih baik ketika bangun. Tidur siang lebih dari 20 menit dapat meningkatkan inersia tidur, yang membuat Anda merasa pusing dan bingung. Selain itu para peneliti menemukan hubungan antara tidur siang yang lama dengan peningkatan risiko penyakit diabetes, penyakit, dan depresi. Ini mungkin karena tidur siang yang lama pada orang dewasa adalah sinyal bahwa kualitas tidur malam hari buruk. Jika Anda memutuskan untuk tidur siang, usahakan tidur di tempat yang tenang, minim pencahayaan, dan dengan suhu yang tidak ekstrem.

Manfaat tidur siang yang bisa kamu dapatkan

1. Meningkatkan Kinerja

Berbagai penelitian menemukan bahwa fungsi tidur siang mulai dari 10 hingga 30 menit adalah untuk meningkatkan kinerja dan membuat Anda lebih produktif dalam bekerja. Tidur siang terbukti dapat memperbaiki kemampuan psikomotorik, kecepatan dalam bereaksi, dan meningkatkan kewaspadaan.

2. Menambah kreativitas

Manfaat-Tidur-Siang-3

Mungkin Anda pernah merasa lebih kreatif setelah bangun dari tidur siang? Itu karena karena Anda baru saja terbangun dari tidur REM atau Rapid Eye Movement, yaitu fase terdalam dari tidur. Biasanya di fase tidur REM ini, Anda juga bermimpi karena bagian otak yang terkait dengan perumpamaan dan mimpi juga telah aktif. Dengan demikian, tidur siang pada fase tidur REM dapat membantu Anda menggabungkan ide dengan cara baru untuk mendapatkan jawaban sehingga membuat Anda lebih kreatif

3. Mengurangi stres

Kondisi kurang tidur juga erat kaitannya dengan peningkatan hormon stres, yaitu hormon kortisol. Dengan tidur siang, hormon kortisol dapat turun dan membuat ketegangan yang menyebabkan stres juga ikut menurun. Dengan demikian, kegunaan tidur siang adalah untuk membantu Anda untuk mengurangi stres pada kondisi di bawah tekanan. Durasinya tidak perlu lama, cukup tidur siang selama 20-30 menit saja akan sangat membantu Anda untuk menenangkan pikiran dan mengurangi stres yang Anda rasakan. Untuk jangka panjang, menurunnya hormon kortisol juga dapat menurunkan risiko penyakit jantung. 

4. Menurunkan tekanan darah dan baik untuk kesehatan jantung

Penelitian baru menunjukkan bahwa tidur siang dapat menurunkan tekanan darah secara signifikan. Pada Sesi Ilmiah Tahunan American College of Cardiology 2019, dipresentasikan salah satu hasil studi yang menunjukkan bahwa tidur siang terbukti sama efektifnya dengan mengurangi konsumsi garam dan alkohol untuk menurunkan tingkat tekanan darah. Studi tersebut menemukan bahwa rata-rata, tidur siang menurunkan tekanan darah sebesar 5 mmHg. Ini juga sebanding dengan minum obat tekanan darah dosis rendah, yang biasanya menurunkan tekanan darah 5 hingga 7 mm Hg. Hanya dengan penurunan tekanan darah 2 mmHg dapat mengurangi risiko serangan jantung sebanyak 10 persen.

5. Memperbaiki mood

Tidur siang dapat memperbaiki mood seseorang. Tidak hanya itu, tidur siang juga dapat meningkatkan energi, membantu Anda mengurangi rasa lelah dan mudah tersinggung apabila Anda tidak mendapatkan tidur malam yang nyenyak pada malam sebelumnya.

———- Editorial Pick ———-

Cara Menghilangkan Kutil
Cara Mengatasi Insomnia Alami
9 Makanan Untuk Susah Tidur
Bolehkah Ibu Hamil Makan Jambu Biji

6. Membantu tidur lebih baik di malam hari

Mungkin terdengar agak kurang masuk akal bahwa tidur siang dapat membantu seseorang memiliki kualitas tidur yang lebih baik di malam hari. Studi menunjukkan tidur siang 30 menit di jam 1 siang. dan jam 3 sore. dikombinasikan dengan olahraga ringan, seperti jalan-jalan dan peregangan di malam hari, membantu meningkatkan kualitas tidur malam. Selain itu, tidur siang juga dapat memberikan kesehatan mental dan fisik yang lebih baik.

7. Mencegah pikun (dementia)

Sebuah penelitian yang dilakukan di Universitas John Hopkins menunjukkan bahwa orang yang waktu tidurnya lebih pendek daripada kebutuhan waktu tidur tubuhnya, memiliki jumlah kandungan B-Amyloid, plak pada otak yang erat kaitannya dengan penyakit Alzheimer. Oleh karena itu, tidur siang dapat membantu memenuhi kebutuhan waktu tidur Anda dan pada saat tidur, otak dapat membersihkan plak tersebut dengan sendirinya. 

Maka dari itu, setelah mengetahui manfaat dari tidur siang yang bisa Anda dapatkan, mungkin Anda bisa mencoba untuk rutin tidur siang di sela-sela kesibukan Anda setiap harinya. Jika Anda mengalami gangguan tidur, jangan ragu berkonsultasi kepada dokter terpercaya untuk  menuntaskan gangguan tidur yang ada alami. 

Ingin mulai gaya hidup sehat? Unduh aplikasi Jovee melalui Google Play Store maupun App Store sekarang! Dengan Jovee anda dapat melihat rekomendasi suplemen sesuai dengan kebutuhan personalmu. 

Penulis : Filza Intan 

Referensi :

How Long Should I Nap. Healthline

Health Benefits of Napping. WebMD

Napping: Do’s and don’ts for healthy adults. Mayoclinic

Health Benefits of Napping. News24

Benefits of Napping. Thehealthy