5 Tips Memilih Shampo Anti Ketombe

Ditinjau oleh: Kelvin Halim, S. Gz.

Salah satu sumber dari adanya ketombe yaitu dermatitis seboroik. Kemunculan ketombe memang belum jelas penyebabnya. Akan tetapi hal ini dipercaya ketombe sebagai penyakit yang berhubungan dengan jamur. Pada setiap orang akan mempunyai jamur di kepala yang berbeda-beda.

Sementara kebanyakan dari shampo anti ketombe ini mempunyai zat anti jamur. Misalnya saja seperti selenium sulfide, pyrithione zinc, ketoconazole, maupun yang lainnya. Bagaimana cara memilih shampo anti ketombe?

Beberapa zat tersebut memang seringkali berpotensi untuk mengatasi berbagai masalah jamur. Termasuk jamur yang ada di kepala. Untuk menghilangkan ketombe memang dapat dikatakan susah-susah gampang. Sebab itulah Anda selalu disarankan supaya tepat dalam melakukan pemilihan jenis shampo anti ketombe.

Tips Memilih Shampo Anti Ketombe

Ketombe ternyata tidak hanya menimbulkan rasa gatal saja. Akan tetapi hal ini juga sangat menyebalkan. Bukan hanya bagi para kaum wanita saja, akan tetapi untuk pria pun juga seringkali mengalaminya. Ketombe dapat menimbulkan rasa yang tidak nyaman selama melakukan aktivitas, karena harus menggaruk-garuk akibat rasa gatal yang ditimbulkannya.

Anda tidak hanya memperhatikan dari segi kebersihannya saja ketika sedang keramas. Akan tetapi untuk kesehatan kulit kepala pun juga harus terjaga, termasuk menghindari dari yang namanya ketombe. Jika sekiranya Anda kesulitan menemukan shampo yang ampuh menghilangkan ketombe, berikut ini bisa membantu agar ketombe dapat segera diatasi:

  1. Gunakan Pelembab yang Tepat

Menggunakan pelembab rambut atau conditioner memang akan membuat tampilan rambut tidak hanya lembut saja, namun juga berkilau. Perlu diingat bahwa untuk penggunaan dari pelembab atau conditioner tersebut harus dilakukan dengan cara yang tepat yaitu jangan sampai terkena kulit kepala. Apabila hal ini terjadi maka dapat menimbulkan ketombe di kulit kepala. Terlebih lagi jika Anda tidak membilasnya dengan bersih.

  1. Perhatikan Bahan Dasar

Pada biasanya ketombe yang berkerak pada kulit kepala ditimbulkan adanya iritasi. Hal ini pun juga sama seperti pada bagian kulit tubuh yang lain pada saat melakukan pergantian sel kulit atau seringkali disebut regenerasi. Pada biasanya pergantian sel kulit kepala tersebut terjadi secara bertahap dan sering kali tidak terlihat oleh mata. 

Apabila proses yang terjadi lebih cepat, untuk dapat menimbulkan adanya kelainan pada kulit kepala atau seringkali disebut sebagai ketombe. Supaya permasalahan seperti ini dapat teratasi maka usahakan untuk memilih jenis shampo anti ketombe yang terbuat dari bahan lembut agar tidak merusak kulit kepala. Selain itu Anda juga disarankan untuk memilih shampo yang mempunyai kandungan Sodium Laureth Sulfate atau SLES.

Pada biasanya shampo yang mempunyai kandungan Sodium Laureth Sulfate mampu memberikan efek kering serta menghilangkan kelembaban pada bagian kulit kepala. Oleh karena itu Anda harus memilih jenis shampo tersebut supaya segala permasalahan pada kulit kepala seperti ketombe dapat teratasi dengan baik. Selain kandungan tersebut Anda juga dapat memilih shampo yang mempunyai kandungan berupa ZPT atau Zinc Pyrithione.

  1. Sesuaikan dengan Kondisi Kulit Kepala

Langkah selanjutnya yang bisa dilakukan supaya kulit kepala yang berketombe dapat teratasi yaitu dengan menyesuaikannya pada kondisi kulit kepala. Untuk setiap orang akan mempunyai kondisi kulit kepala yang tidak sama, sehingga hal ini harus disesuaikan dengan kebutuhan. Apabila kondisi kulit kepala Anda kering maka disarankan untuk memilih shampo berbahan moisturizing atau untuk melembabkan kulit.

Sebaiknya Anda menghindari shampo yang mempunyai kandungan berupa fortifying strengthening dan volumizing. Begitu juga dengan sebaliknya apabila Anda mempunyai kulit berminyak, maka harus menghindari moisturizing karena zat tersebut bisa menjadikan kulit kepala menjadi semakin berminyak dan memperparah kondisi ketombe Anda.

  1. Perhatikan Kandungan Pada Shampo

Kandungan terbaik yang harus ada pada shampo anti ketombe yaitu berupa non silikon dan asam amino. Untuk kandungan kedua tersebut sangat ampuh karena dipercaya aman untuk kulit serta tidak mempunyai kandungan berupa detergen yang tinggi. Sehingga kedua kandungan tersebut tidak akan membuat kulit mengalami iritasi.

Selain dapat menghilangkan ketombe, ternyata kedua kandungan pada sampo tersebut juga sangat ampuh untuk meminimalisir timbulnya ketombe di bagian rambut. Hal ini terjadi karena kandungan non silikon ini sangat bagus bagi rambut karena sifatnya mengeringkan kulit kepala. 

  1. Mencari Rekomendasi

Cara terakhir yang bisa dilakukan supaya Anda benar-benar menemukan jenis shampo terbaik bagi Anda yang mempunyai ketombe yaitu mencari rekomendasi dari teman. Meskipun hal ini dianggap sepele, namun ternyata Anda bisa melakukannya supaya benar-benar menemukan shampo terbaik. Meskipun kondisi kulit kepala setiap orang berbeda, setidaknya Anda bisa mencoba beberapa rekomendasi shampo dari teman-teman.

Kemunculan ketombe yang membandel memang membuat diri seseorang stres karena tidak bisa menghilangkan ketombe secara sempurna. Meskipun demikian tidak perlu merasa khawatir karena beberapa informasi kesehatan dari cara yang ada di atas bisa Anda lakukan supaya benar-benar menemukan shampo terbaik yang bisa mengatasi ketombe pada bagian kulit kepala.

Ingin tahu apakah gaya hidupmu sudah sehat? Unduh aplikasi Jovee! Dengan Jovee anda dapat melihat rekomendasi suplemen sesuai dengan kebutuhan personalmu. Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee