5 Vitamin untuk Kulit Alami dari Makanan
Ditinjau oleh: Kelvin Halim, S. Gz.

Setiap orang pasti mendambakan kulit yang mulus dan sehat. Kulit yang sehat akan memancarkan keindahan karena terlihat lebih segar dan glowing. Untuk itulah mengapa banyak orang yang rela melakukan berbagai perawatan kulit. 

Mulai dengan menggunakan skincare atau produk yang mengandung vitamin kulit mulai dari yang harga murah hingga yang mahal. Wajar saja sih, karena jika kulit kering dan kusam akan membuat seseorang tidak terlihat fresh dan menarik. Apalagi sampai kulit terlihat bersisik, tentu sangat tidak nyaman, kan?

Kulit yang sehat merupakan kulit yang kebutuhan vitaminnya tercukupi. Vitamin-vitamin kulit biasanya dihadirkan di dalam produk-produk kecantikan, seperti vitamin E, antioksidan dan lainnya. Namun, tidak bisa dipungkiri sebagian kosmetik diragukan keamanannya bagi kulit. 

Ternyata, vitamin untuk kulit bisa didapatkan melalui makanan. Beberapa jenis makanan merupakan sumber vitamin yang sangat penting bagi kesehatan kulit.

Jenis Vitamin untuk Kulit dan Terdapat di Dalam Makanan

vitamin untuk kulit

Tidak hanya tubuh, kulit juga membutuhkan asupan vitamin. Ada beberapa jenis vitamin yang sangat berpengaruh bagi kesehatan kulit. Vitamin-vitamin ini juga biasa dimasukkan ke dalam suatu produk skincare. Berikut ini jenis vitamin kulit yang penting untuk dikonsumsi.

 Vitamin E

Produk-produk pelembab kulit biasanya banyak mengandung vitamin E. Tahukah Anda, bahwa vitamin E sangat berperan bagi kelembaban kulit? Nah, vitamin E merupakan pelembab alami bagi kulit. Vitamin kulit inilah yang senantiasa menjadikan kulit halus, kenyal dan awet muda. Vitamin E juga berfungsi untuk memulihkan kulit yang rusak karena paparan sinar ultraviolet matahari. Jenis makanan yang mengandung vitamin E, ialah minyak biji gandum, biji bunga matahari, minyak biji bunga matahari, almond, minyak hazelnut, buah sawo besar, kacang pinus, kacang tanah, ikan salmon, alpukat, paprika merah, mangga, kiwi, kacang brazil dan sayuran hijau.

 Vitamin C

Vitamin C tidak hanya membuat Anda kebal dari serangan penyakit infeksi, tetapi juga sangat baik bagi kesehatan kulit. Jenis vitamin kulit ini kerap kali disebut sebagai antioksidan. Selain itu, juga mengandung kolagen yang berperan meningkatkan kekenyalan dan kelembaban kulit dari dalam. 

Vitamin C juga memiliki manfaat untuk mengurangi kerutan, mencegah dan mengatasi kulit kering, menyamarkan noda hitam, melindungi kulit dari bahaya sinar matahari, dan mengurangi kerusakan sel. Itulah mengapa vitamin C dijadikan sebagai salah satu bahan utama dalam produk anti aging (anti penuaan). 

Makanan yang mengandung vitamin C, yaitu stroberi, paprika, brokoli, jambu biji, buah dengan rasa asam seperti lemon, jeruk, jeruk nipis, nanas dan lainnya.

 Vitamin D

Vitamin D ternyata tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan tulang dan gigi, melainkan juga dapat membantu memperbaiki kulit serta merangsang pertumbuhan sel kulit baru. Oleh sebab itu, jika kadar vitamin D tidak memadai akan menyebabkan berbagai masalah kulit. 

Vitamin kulit ini memiliki peran penting untuk meringankan peradangan pada kulit yang dapat menimbulkan masalah jerawat dan eksim. Jenis makanan yang mengandung vitamin D, yaitu susu, sereal, salmon, tuna, kuning telur, dan hati sapi.

 Vitamin K

Jenis vitamin ini biasa dijadikan salah satu komposisi dalam krim steroid yang merupakan obat masalah kulit seperti jerawat. Vitamin K dapat mengatasi masalah kulit, seperti bekas luka, stretch mark, bintik hitam, memar dan lingkar hitam pada mata. 

Menggunakan lotion yang mengandung vitamin K dapat membantu memudarkan perubahan warna kulit dan mengurangi keriput. Kandungan vitamin K bisa Anda dapatkan dalam berbagai jenis makanan, diantaranya sayuran hijau seperti brokoli, sawi dan bayam. Namun, jangan berlebihan mengonsumsi jenis vitamin kulit ini, karena bisa menyebabkan darah menggumpal.

 Beta-Karoten

Beta-Karoten memiliki peran penting bagi kesehatan kulit. Beta-Karoten merupakan vitamin A yang berfungsi untuk memperbaiki sel kulit serta membantu pertumbuhan sel baru agar kulit tampak lebih muda. Beta Karoten bisa Anda temukan pada makanan, seperti wortel, bayam, kubis, melon dan labu. Sebaiknya, Anda mengonsumsi dari salah satu makanan tersebut sebanyak dua porsi dalam sehari. Rutin mengonsumsi makanan yang mengandung beta-karoten akan membuat kulit Anda terlihat lebih muda.

Air Sebagai Pelengkap Vitamin untuk Kulit

Air bukanlah jenis vitamin, namun seperti yang kita ketahui bahwa air berperan penting bagi kesehatan tubuh termasuk kulit. Air juga bermanfaat menjaga kulit agar tetap terhidrasi, kencang, dan awet muda. Sangat disarankan untuk mencukupi kebutuhan air setiap harinya sebagai pelengkap vitamin kulit alami yang Anda konsumsi. Beberapa jenis makanan yang mengandung banyak air juga bisa Anda konsumsi, seperti nanas, semangka, kembang kol, blackberries, tomat dan cherry.

Nah, itulah beberapa jenis vitamin kulit alami yang bisa Anda konsumsi untuk kesehatan kulit. Perawatan kesehatan kulit tidak hanya dari luar, namun juga harus dari dalam. Sebaiknya konsumsi vitamin seperti di atas secara rutin, agar kulit Anda cantik secara alami. Kulit yang cantik adalah kulit yang sehat. Maka, konsumsilah makanan-makanan sehat yang mengandung banyak vitamin untuk kulit.

Ingin mengetahui informasi kesehatan terpercaya? Daftarkan email anda di Ngovee. Untuk mendapatkan suplemen dan vitamin spesial buat anda, unduh aplikasi Jovee. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store. Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee.