6 Cara Alami Redakan Batuk Pada Anak

Ditinjau oleh : dr. Irma Lidia
Ibu sering kali merasa panik si kecil sakit, meskipun hanya sakit ringan seperti batuk. Padahal batuk pada anak dapat diredakan dengan menggunakan bahan-bahan alami yang mudah ditemukan. Karena penggunaan obat batuk harus sesuai dengan resep dokter sehingga tidak dapat diberikan sembarangan kepada Anda. Ibu perlu mengetahui beragam obat batuk alami untuk anak.

Obat Batuk Alami Untuk Anak-Anak

Batuk dan pilek merupakan penyakit yang banyak dialami oleh semua orang akibat daya tahan tubuh menurun. Namun batuk dan pilek bukanlah penyakit serius, hanya saja dapat membuat anak-anak menjadi rewel. Ibu perlu tahu beberapa bahan alami untuk bantu meredakan batuk pada si kecil seperti berikut ini:

1. Madu

Madu memiliki beragam manfaat bagi kesehatan dan dipercaya mampu menyembuhkan berbagai penyakit salah satunya adalah batuk. Madu dapat membantu meredakan gangguan tenggorokan pada anak-anak. Selain itu, madu sangat aman dikonsumsi sebagai obat batuk untuk anak usia 3 tahun.

Madu memiliki efek yang setara dengan senyawa dextromethorphan yang bekerja mengurangi batuk. Madu juga memiliki rasa yang disukai oleh anak-anak sehingga sangat mudah untuk diberikan kepada Anda. Berikan madu sebanyak satu sendok teh hingga satu sendok makan kepada anak untuk meredakan batuk.

2. Lemon

Lemon kaya akan kandungan vitamin C yang dapat membantu melawan virus batuk di tenggorokan. Anda dapat memberikan air perasan lemon yang ditambahkan dengan madu kepada anak sebagai obat batuk. Sebaiknya gunakan air hangat agar rasa asam dari lemon tidak berbahaya bagi lambung si kecil.

3. Air Hangat

Saat si kecil mengalami batuk dapat membuat anak susah untuk makan atau minum, sehingga ibu perlu menjaga si kecil agar tidak dehidrasi dengan memberikan anak air minum yang cukup. Berikan anak air hangat yang dapat membantu melawan organisme pemicu batuk pada anak. Selain itu air hangat juga dapat membantu mengencerkan dahak yang dapat menyebabkan saluran pernapasan terganggu.

4. Sup Ayam

Sup ayam memiliki kandungan nutrisi yang baik dan dibutuhkan oleh anak ketika batuk. Sup ayam kaya akan kandungan antiradang yang dapat digunakan untuk melawan virus penyebab batuk, hidung tersumbat hingga sakit tenggorokan. Sehingga sup ayam dapat dijadikan sebagai obat batuk alami untuk anak.

5. Jahe

Selain digunakan sebagai bumbu dapur, jahe banyak digunakan sebagai ramuan herbal dalam pengobatan tradisional. Ibu dapat membuat minuman herbal dari jahe untuk mengatasi batuk pada si kecil. Cara membuatnya pun cukup mudah, ibu hanya perlu menumbuk jahe dan merebusnya dengan segelas air hingga mendidih. Diamkan hingga hangat kemudian tambahkan madu dan perasan air lemon.

Madu dan lemon dapat mengurangi rasa pedas dan pahit dari jahe sehingga dapat diminum oleh si kecil. Anda juga dapat memberikan potongan jahe untuk dikunyah oleh si kecil apabila anak menyukainya. Dan bila anak mengalami batuk kering, Anda dapat menambahkan sedikit garam pada potongan jahe tersebut.

6. Udara Segar

Udara yang sejuk dan segar dapat dijadikan sebagai obat batuk alami untuk anak, dan sejak zaman dahulu sudah dipercaya oleh masyarakat. Anda dapat membawa si kecil keluar rumah untuk menghirup udara segar di pagi hari. Apabila tidak memungkinkan untuk keluar rumah, ibu dapat membuat udara yang segar di rumah dengan menggunakan humidifier atau alat penyegar udara.

Tim Dokter Jovee, dr. Irma Lidia menambahkan, jika anak mengalami batuk, pastikan mereka mengonsumsi banyak cairan dan banyak istirahat. Bisa juga dengan memberikan larutan air hangat yang dicampur perasan lemon dan madu yang mungkin dapat membantu meredakan batuk. Namun jika batuk tidak kunjung membaik, segera konsultasikan dengan dokter. 

Ingin tahu tips seputar kesehatan lainnya? Unduh aplikasi Ngovee melalui Playstore maupun Appstore dan dapatkan informasi lengkap dan terbaru seputar kesehatan.