6 Cara Mencegah Dehidrasi Pada Kulit
Falla Adinda, dr

Dehidrasi merupakan kondisi tubuh mengalami kehilangan cairan dalam jumlah tertentu yang menyebabkannya mengalami kekeringan. Dehidrasi yang dialami oleh seseorang ternyata juga bisa berdampak pada lapisan kulit seseorang, yang akhirnya disebut dehidrasi pada kulit. Pada akhirnya, lapisan epidermis kulit pun kehilangan faktor pelembab alami yang membuat kulit menjadi lembab.

Penyebab Kulit Mengalami Dehidrasi

Bagian terluar dari kulit yang bisa mengalami dehidrasi disebut dengan epidermis. Pada lapisan epidermis terdapat bagian yang disebut dengan stratum korneum yang sangat berperan terhadap kondisi dehidrasi kulit. Pada lapisan stratum korneum terdapat membran lipid-protein yang apabila kekurangan cairan akan membuat kulit kering dan kehilangan elastisitas. 

Hal ini dikarenakan pada membrane lipid protein terdapat faktor pelembab alami kulit yang disebut dengan natural moisturizing factor (NMF). Kerja dari NMF ini adalah dengan mempertahankan cairan dan menariknya di lapisan kulit agar kulit tetap terhidrasi. NMF sendiri terdiri dari urea, laktat dan juga garam. Jumlah NMF dalam kulit dapat berkurang ketika tubuh kekurangan cairan hingga 10 persen. 

Gejala Kulit Mengalami Masalah Dehidrasi

Untuk dapat membedakan apakah masalah pada kulit yang Anda alami merupakan dehidrasi ataukah bukan, ada beberapa gejala utama yang terjadi di kulit. Berikut adalah gejala utama dari masalah kulit dehidrasi:

1. Kulit Mengelupas

Terjadinya pengelupasan pada bagian kulit tertentu menjadi salah satu tanda utama dari dehidrasi kulit. Selain itu, timbulnya garis halus pada kulit juga menjadi tanda dari dehidrasi yang bisa diamati.

2. Timbul Rasa Gatal pada Kulit

Munculnya rasa gatal pada kulit yang kencang terutama setelah Anda berenang, mandi ataupun melakukan aktivitas mencuci bisa menjadi salah satu gejala dari kulit dehidrasi. Rasa gatal ini kemudian akan berubah menjadi kemerahan seperti ruam.

3. Kulit yang Kasar dan juga Kusam

Kulit terasa kasar dan juga tampak kusam merupakan salah satu gejala dari dehidrasi kulit. Hal ini disebabkan stratum korneum pada epidermis kekurangan cairan yang menyebabkan produksi NMF terganggu.

– – – – – – Editorial Pick – – – – – –
Pentingnya Ergonomi Tubuh Saat Bekerja
Cara Membuat Hand Sanitizer Dari Lidah Buaya
7 Manfaat Ajaib Air Putih

Cara Mengatasi Dehidrasi pada Kulit

Ketika kulit kehilangan nutrisi dan juga asupan cairan akan menyebabkan kulit tidak terhidrasi dengan optimal. Tinggal di ruangan yang terpapar oleh AC selama seharian penuh akan menyebabkan kondisi dehidrasi kulit semakin parah. Untuk mengatasi masalah ini sebenarnya ada beberapa cara alami yang bisa dilakukan seperti berikut ini:

1. Meningkatkan Konsumsi Air Putih 

Salah satu masalah utama yang menyebabkan dehidrasi pada kulit adalah dikarenakan kurangnya cairan pada tubuh. Saat cairan pada tubuh berkurang 10%, maka stratum corneum di epidermis kulit akan kekurangan NMF atau faktor kelembaban kulit.

Minum air putih sebanyak 2,25 liter setiap harinya telah terbukti dapat meningkatkan kesehatan kulit. Hal ini telah dibuktikan lewat penelitian yang diterbitkan melalui International Journal of Cosmetic Science di tahun 2007. Oleh karenanya para pakar kesehatan menyarankan agar mengkonsumsi air minimal sebanyak 8 gelas per harinya agar tubuh sehat dan kulit terhidrasi. 

2. Konsumsi Minuman Kaya Elektrolit

Karena produksi NMF pada stratum corneum sangat bergantung kepada jumlah cairan pada tubuh, Anda sangat disarankan untuk banyak mengkonsumsi cairan dengan kandungan elektrolit tinggi. Komponen pada cairan elektrolit yang dibutuhkan seperti magnesium, kalium dan natrium.

3. Mandi dengan Air Dingin

Meski mandi dengan air hangat terasa sangat nyaman karena dapat merilekskan otot-otot tubuh yang kencang, nyatanya mandi menggunakan air yang dingin memiliki beragam manfaat untuk tubuh. Salah satu manfaat utama dari mandi menggunakan air dingin adalah merangsang pori-pori pada kulit tertutup sehingga kulit akan lembab dan tetap terhidrasi seharian. Oleh sebab itu hindari mandi menggunakan air hangat saat kulit kekeringan.

4. Konsumsi Sayur dan Buah-Buahan

Sayur serta buah-buahan mengandung vitamin dan juga mineral yang baik untuk kesehatan kulit tubuh. Hal ini dikarenakan setiap vitamin serta mineral yang masuk ke dalam tubuh akan dialirkan pula ke kulit agar kulit lebih sehat. Untuk meningkatkan kecantikan kulit, Anda disarankan agar mengkonsumsi sayur serta buah yang kaya vitamin E karena dapat menjaga kelenturan dan kekenyalan kulit. 

5. Menggunakan Pelembab

Untuk membantu mencegah kekeringan pada kulit, menggunakan pelembab setiap sehabis mandi dapat membantu menjaga kelembaban kulit secara alami. Anda juga sebaiknya mengenakan tabir surya untuk mencegah paparan UV dari sinar matahari. 

6. Mengkonsumsi Suplemen Kesehatan Kulit

Suplemen kesehatan kulit juga dapat membantu memperbaiki kondisi kulit yang sering mengalami dehidrasi. Untuk menemukan suplemen paling tepat untuk Anda, kini Anda bisa memanfaatkan aplikasi Jovee. Aplikasi Jovee akan berperan sebagai asisten kesehatan pribadi Anda dan memberikan berbagai macam saran kesehatan seperti suplemen.

Untuk mencegah kulit mengalami dehidrasi Anda bisa mengkonsumsi suplemen mengandung vitamin D, E, dan juga multivitamin yang lainnya. Jovee juga menyarankan untuk mengkonsumsi Evening Primrose.

Semua suplemen yang dibeli melalui aplikasi Jovee akan langsung dikirim ke rumah Anda. Unduh aplikasi Jovee melalui Google Play Store maupun App Store sekarang juga!

Tertarik mendapatkan info terbaru mengenai kesehatan? Simak selengkapnya hanya di Ngovee

Diedit oleh: Aileen Velishya