7 Cara Tetap Hidup Sehat Meski Di Rumah Aja

Adanya pandemi Covid-19 memaksa orang-orang untuk tetap di rumah dan mengurangi aktivitas di luar. Hal ini menyebabkan sebagian orang merasa jenuh hingga stres. Dan ini tidak hanya dirasakan oleh orang-orang yang terbiasa beraktivitas di luar saja. Tetapi juga menyerang orang-orang yang bahkan telah terbiasa berkegiatan di rumah. Bagaimana cara hidup sehat walaupun tetap di rumah?

Meskipun begitu, tetap ada cara-cara yang bisa dilakukan untuk tetap hidup sehat selama di rumah. Tidak perlu kegiatan berat, cukup manfaatkan hal-hal yang ada di sekitar. 

1. Rajin Mencuci Tangan dengan Sabun

Mencuci tangan dengan sabun adalah cara paling ampuh untuk menjaga tangan tetap bersih dan steril. Hal ini berlaku sepanjang masa dalam berbagai kegiatan. Dengan merebaknya kasus Covid19, kebiasaan mencuci tangan ini harus dilakukan lebih intens.

Cara mencuci tangan ini pun tidak sekadar membasahi tangan dengan air. Sebaiknya, gunakan air yang mengalir agar kotoran yang terangkat dari tangan tidak menempel kembali. Jangan lupa menggunakan sabun.

WHO memberikan saran tentang cara hidup sehat dengan mencuci tangan yang benar. Pertama, setelah membasahi tangan dan menuangkan sabun, gosokkan kedua telapak tangan. Kemudian, gosok satu punggung tangan dengan telapak tangan satunya. Lakukan di kedua belah tangan dan hingga ke sela-sela jari.

Gosok kembali sela-sela jari lewat telapak tangan. Selanjutnya, bersihkan ujung jari dengan posisi saling mengunci dan bersihkan juga kedua ibu jari. Terakhir, kembali bersihkan telapak tangan dengan gerakan jari memutar. Setelah selesai, matikan keran tanpa menyentuhnya.

2. Memasak Makanan Sehat

Berada di rumah adalah kesempatan untuk lebih memperhatikan asupan gizi keluarga. Beri jadwal dalam mengkonsumsi makanan instan seperti makanan kalengan. Lebih seringlah memasak sendiri dengan bahan-bahan organik. 

Masakan sehat seperti sayur-sayuran terkadang kurang disukai anak-anak. Maka dari itu, carilah resep-resep kreatif yang banyak bertebaran di internet.  Dengan menu yang variatif, masakan yang sehat akan jauh dari kesan membosankan. Jangan lupa juga untuk menyiapkan buah segar agar selalu tersedia.

3. Membatasi Bermain Gadget Untuk Hidup Sehat

Rasa bosan yang timbul seringkali ingin diatasi secara instan. Salah satu cara mudahnya adalah dengan bermain gadget. Membuka media sosial atau bermain game merupakan alternatif yang menyenangkan di waktu senggang. 

Namun, dengan banyaknya waktu di rumah, penggunaan gadget bisa jadi tidak terkendali. Tidak hanya menyita waktu, tetapi setidaknya ada 2 kerugian lain dari bermain gadget sampai lupa waktu. Yaitu membuat tubuh kurang bergerak dan memberi risiko pada kesehatan mata karena terlalu lama terpapar cahaya layar ponsel atau monitor.

Maka dari itu, perlu adanya pembatasan penggunaan gadget. Misalnya, hanya 3-4 jam sehari atau hanya digunakan di saat-saat tertentu. Kecuali jika ada pekerjaan yang harus berhubungan dengan gadget, maka gunakan seperlunya supaya hidup sehat.

4. Melakukan Pekerjaan Rumah Tangga

Nah, yang satu ini merupakan usaha yang bisa dilakukan untuk menjaga tubuh tetap bergerak. Pekerjaan seperti menyapu lantai, mencuci piring, serta mencuci dan menyetrika pakaian adalah kegiatan yang bisa dilakukan dengan santai. Meskipun begitu, pekerjaan rumah tangga secara tidak langsung dapat menghindarkan tubuh dari berdiam diri. 

Pekerjaan rumah tangga yang itu-itu saja mungkin bisa terasa membosankan. Maka tidak ada salahnya membuat suasana baru dengan mengatur ulang tata letak perabotan. Tidak perlu rombak total, cukup dengan menggeser beberapa lemari atau meja dan menukar tempatnya.

5. Tetap ke Halaman Rumah

Meskipun pemerintah menghimbau untuk tetap di rumah, bukan berarti tidak boleh keluar dari pintu. Usahakan tetap ke halaman rumah terutama pada pagi hari. Selain untuk mendapatkan udara segar, pancaran sinar matahari juga bagus untuk kekebalan tubuh.

Jika jarak dengan rumah tetangga cukup dekat, ada baiknya untuk saling menyapa. Ini akan menyegarkan pikiran dengan tetap berinteraksi secara langsung dengan manusia lain di luar. Dengan begitu, perasaan stres pun dapat dihindari.

6. Berkebun

Kegiatan berkebun juga bisa menjadi peluang menggerakkan badan dan mencari keringat. Tidak perlu lahan luas, berkebun bisa dilakukan di pekarangan. Bagi yang pekarangannya sempit pun masih bisa menanam di dalam pot.

Berkebun sayur merupakan pilihan yang bagus. Jika kegiatan ini dimaksudkan untuk mengisi waktu luang saja, maka pilih tanaman yang tidak perlu perlakuan khusus. Misalnya singkong, kangkung cabut, hingga rempah-rempah seperti jahe dan kunyit.

Jangan lupa untuk memanfaatkan sisa-sisa sayuran di dapur. Karena beberapa sayuran dapat ditanam kembali dari akarnya, seperti bawang dan serai. Ada juga yang bisa dimanfaatkan bijinya, yaitu cabai dan tomat. 

7. Memperbaiki Pola Tidur Untuk Hidup Sehat

Pola tidur juga merupakan hal penting yang mempengaruhi kesehatan. Usahakan tetap tidur malam sewajarnya, yaitu selama sekitar 8 jam meskipun tidak ada tuntutan untuk keluar rumah pada pagi harinya. Tidur yang berlebihan tidak baik karena dapat meningkatkan risiko obesitas.

Begitu juga sebaliknya, kurang tidur pun akan mengganggu kesehatan. Kelelahan dan menurunnya konsentrasi merupakan dampak yang biasanya paling mudah dirasakan. Selain itu, sering kurang tidur juga dapat menyebabkan mata panda yang mengganggu penampilan. Itulah cara hidup sehat.

– – – – – – Editorial Pick – – – – – –
Tips Agar Tangan Tidak Sering Menyentuh Wajah
Mau Menjaga Kesehatan Tubuh Setiap Hari? Lakukan 8 Tips Berikut Ini
Hal Penting Mengenai Golongan Darah dan Karakteristiknya
Coba Cara Menurunkan Kolesterol secara Alami Ini
Manfaat Tisu Magic untuk Keharmonisan Rumah Tangga
Mencegah Bau Mulut Saat Puasa Ramadhan

Kesehatan merupakan bagian penting dari kehidupan bagaimanapun situasi di dunia. Dengan adanya wabah Covid-19, hidup sehat justru harus dilakukan lebih ketat. Cara-cara di atas adalah langkah sederhana yang dapat dilakukan untuk hidup sehat dan dimulai dari diri sendiri dan dapat ditiru oleh orang lain.  Hentikan wabah, tularkan gaya hidup sehat.

Ingin mengetahui info kesehatan terpercaya? Daftarkan email anda di Ngovee. Untuk mendapatkan suplemen dan vitamin spesial buat anda, unduh aplikasi Jovee. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store.