7 Makanan yang Bagus untuk Jantung Lemah

Ditinjau oleh: Kelvin Halim, S. Gz.

Penyakit jantung lemah disebabkan oleh beberapa hal yaitu penyakit hipertensi, kolesterol, keturunan, dan sebagainya. Mengingat tugasnya yang hanya bisa dilakukan oleh jantung, organ ini sangat penting dan harus dijaga kesehatannya. Dengan kata lain, penyakit lemah jantung terbilang berbahaya sehingga harus diobati dengan benar. Disamping itu, penderita juga harus memperhatikan pola konsumsi makanan supaya membantu jantung lebih sehat dan kuat. Apa saja makanan yang bagus untuk jantung?

Apa itu Jantung Lemah

Jantung lemah atau lemah jantung merupakan suatu kondisi dimana organ jantung seseorang tidak mampu memompa darah ke seluruh tubuh seperti pada normalnya. Bisa dikatakan pula bahwa kemampuan daya kerja otot jantung melemah.

Makanan Yang Bagus Untuk Jantung, Apa Saja?

Nah, berikut ini adalah daftar menu makanan yang bagus untuk jantung lemah yang dianjurkan dikonsumsi yang sudah dirangkum oleh tim Ngovee, informasi kesehatan terpercaya.

Minyak Zaitun

Minyak zaitun termasuk lemak sehat yang terbuat dari buah zaitun yang dihancurkan. Dalam minyak ini mengandung antioksidan yang tinggi sehingga baik bagi jantung. Minyak zaitun juga mampu melindungi pembuluh darah. Ketika Anda menggunakan minyak zaitun sebagai pengganti lemak jenuh seperti mentega, maka ia juga berperan membantu menurunkan kadar kolesterol. Cobalah gunakan minyak ini untuk salad atau masak sayuran. Biar rasanya lebih nikmat, carilah minyak zaitun cold pressed dan gunakan dalam jangka waktu 6 bulan.

Ikan Salmon

Bagi penderita penyakit jantung, ikan salmon adalah  makanan super yang baik karena mengandung omega 3. Selain salmon, ada juga ikan sejenis dengan kandungan omega 3 yang tinggi seperti sarden dan mackerel. Perlu Anda tahu, omega 3 merupakan jenis lemak sehat yang mampu menurunkan risiko gangguan ritme jantung, aterosklerosis, dan menurunkan kadar trigliserida dalam darah. 

Setiap penderita jantung lemah disarankan untuk mengonsumsi salmon dua kali selama seminggu secara rutin untuk hasil yang maksimal. Namun, harus diperhatikan pula cara pengolahannya. Pastikan Anda tidak menggunakan minyak berlebih saat mengolah ikan. Metode penyajian dengan cara dipanggang adalah pilihan yang tepat. Selain ikan salmon segar, Anda juga bisa mengonsumsi omega 3 sebagai alternatif atas saran dari dokter ya.

Roti Gandum

Roti gandum merupakan salah satu makanan sehat yang memiliki rasa enak sehingga mulai banyak diminati. Tahukah Anda, gandum utuh sangat baik bagi kesehatan jantung. Oleh karena itu, para penderita jantung lemah sangat dianjurkan untuk mengonsumsi makanan satu ini. Anda bisa mengolah gandum ini menjadi sandwich yang lebih enak dan sehat, kemudian diisi dengan sayuran, telur, serta jagung. Bisa juga ditambahkan dengan tomat, bawang merah, dan mayones.

Oatmeal

Makanan lain yang baik bagi penderita jantung lemah adalah oatmeal. Oatmeal mengandung serat larut yang mampu menurunkan kolesterol. Dalam sistem pencernaan, oatmeal bertindak sebagai spons yang tugasnya menyerap kolesterol, sehingga dapat dikeluarkan dari tubuh tanpa diserap kedalam aliran darah. 

Sebab, jika kolesterol masuk kedalam aliran darah dan menumpuk, akan menjadi plak lalu memicu penyakit jantung. Oatmeal dapat menjadi opsi sarapan yang tepat bagi penderita jantung lemah. Namun, sebaiknya hindari oatmeal instan karena biasanya mengandung pemanis buatan yang tidak baik bagi kesehatan jantung.

Kentang

Pilihan makanan sehat untuk jantung lemah lainnya yaitu kentang. Sebab, kentang mengandung kalium yang berperang penting dalam menurunkan tekanan darah. Biasanya, seseorang yang memiliki tekanan darah tinggi (hipertensi) dapat dengan mudah terkena serangan jantung. Oleh karena itu, mengonsumsi kentang adalah tindakan preventif terhadap penyakit jantung. 

Tidak hanya kalium, kentang juga kaya akan serat yang baik bagi kesehatan jantung. Anda bisa mengganti makanan berkarbohidrat  yang biasa dikonsumsi dengan kentang. Namun, ingatlah jika proses pengolahan kentang juga harus diperhatikan. Jangan makan kentang yang digoreng karena minyak goreng adalah sumber kolesterol jahat yang tidak baik bagi jantung.

Kacang Hitam

Tidak hanya minyak zaitun, mengonsumsi kacang hitam yang lembut juga memberikan nutrisi penuh bagi jantung. Dalam kacang hitam mengandung folat, antioksidan, dan magnesium yang mampu menurunkan tekanan darah. Ada juga serat yang dapat membantu tubuh mengontrol kadar kolesterol dan gula darah. Anda bisa mengolah kacang hitam dengan menambahkannya pada sup dan salad. Biar lebih sehat, pastikan untuk bilas kacang kalengan terlebih dulu supaya kandungan garamnya hilang.

Biji-bijian Utuh

Rupanya, biji-bijian seperti lentil, kacang polong, dan gandum juga punya peran dalam mengatur kadar kolesterol dalam tubuh. Biji-bijian ini akan mengontrol kadar gula darah sehingga aman dikonsumsi bagi penderita diabetes. Tahukah Anda, gula darah yang rendah dapat membantu Anda terhindar dari komplikasi diabetes, dimana salah satunya adalah penyakit jantung. Selain itu, biji-bijian juga kaya protein dan tidak mengandung lemak jahat. Anda dapat memilih biji-bijian yang bebas dari gluten karena gluten dapat memicu penyakit jantung dan penyumbatan pembuluh darah.

– – – – – – Editorial Pick – – – – – –
7 Cara Tetap Hidup Sehat Meski Di Rumah Aja
Efek Bahaya Alkohol Pada Imunitas Tubuh Dan Cara Mengatasinya
Kandungan Minyak Kutus Kutus Bermanfaat untuk Kesehatan
Jenis Makanan Pemicu Alzheimer Yang Perlu Kamu Ketahui
Tips Agar Tangan Tidak Sering Menyentuh Wajah
Kacamata Anti Radiasi: Penggunaan, Keunggulan, dan Kelemahan

Tidak perlu dipaksa, Anda yang mendambakan jantung sehat, sebaiknya mulai atur menu makanan sehat yang baik bagi kesehatan jantung dari sekarang. 
Ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter mengenai kesehatan? Unduh aplikasi Lifepack. Tebus resep obat, bebas antri. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store