8 Tips Menjaga Daya Tahan Tubuh di Musim Hujan
Dr. Fala Adinda

Hidup sehat tanpa sakit tentu menjadi idaman banyak orang. Namun, untuk mencapainya tentu dibutuhkan usaha yang ekstra keras. Di musim hujan seperti sekarang ini daya tahan tubuh manusia diuji sedemikian rupa dengan banyaknya penyakit. Pasalnya di musim hujan berbagai bakteri dan virus bisa tumbuh berkali-kali lipat lebih cepat dibandingkan musim kemarau. Alhasil jika daya tahan tubuh lemah tentu penyakit akan mudah masuk. 

Daya tahan masing-masing orang berbeda-beda. Ada yang kuat dan ada pula yang mudah lemah. Meski begitu, semua orang wajib menjalani gaya hidup sehat agar daya tahan tubuh bisa tetap prima di musim apapun. Lantas apa tanda-tanda dari lemahnya daya tahan tubuh seseorang?

Tanda Daya Tahan Tubuh Melemah yang Perlu Diwaspadai

Seringkali tanda-tanda daya tahan tubuh seseorang melemah seringkali tidak disadari. Walhasil seseorang tersebut tidak memiliki waktu untuk melakukan pencegahan. Berikut ini tanda-tanda daya tahan tubuh melemah yang perlu diwaspadai. 

1. Tidak cukup minum air putih

Menjadi suatu anjuran umum manakala dokter selalu menganjurkan untuk minum air putih yang cukup. Bahkan hingga 8 gelas per harinya. Ini bukanlah anjuran tanpa sebab lantaran minum air putih yang cukup merupakan salah satu cara agar kebutuhan cairan dalam tubuh tercukupi. Kebutuhan air setiap manusia berbeda-beda. Cara mudah untuk mengetahui apakah kamu sudah cukup cairan adalah dengan melihat warna urine. Jika cukup cairan maka warna urine akan terlihat kuning mudah jernih begitu juga sebaliknya. 

2. Lebih sering merasa tidak enak badan

Salah satu indikator atau pertanda bahwa daya tahan tubuh kamu melemah yang umumnya terlihat adalah kamu lebih sering merasa tak enak badan. Walhasil di tengah padatnya pekerjaan, kamu cuti untuk beberapa dan jelas ini akan sangat mengganggu aktivitas. Jika di musim hujan seperti saat ini kamu lebih sering merasa tak enak badan maka bisa menjadi tanda bahwa sistem imun kamu perlahan mulai melemah. Sehingga harus segera ditangani dengan banyak makan sayur, istirahat cukup, dan masih banyak lainnya. 

8 Tips Menjaga Daya Tahan Tetap Prima di Musim Hujan

Setelah kamu mengetahui beberapa tanda ketika daya tahan tubuh melemah, maka sesegera mungkin harus mendapat penanganan. Ini bisa dimulai dengan menerapkan gaya hidup sehat. Berikut ini tips yang bisa kamu terapkan dengan mudah agar daya tahan tubuh tetap prima meski di musim hujan. 

1. Minum air putih yang banyak

Meski hujan namun konsumsi air putih harus tetap terpenuhi. Hal ini dikarenakan air putih mampu untuk menjaga metabolisme tubuh serta mengeluarkan racun-racun dalam tubuh. Jika bosan dengan air putih, sesekali kamu bisa mengonsumsi teh jasmine, green tea, dan minuman lain yang menyehatkan. 

2. Lakukan olahraga ringan

Olahraga selayaknya harus dilakukan secara rutin. Jika biasanya musim hujan akan malas melakukan aktivitas maka melakukan olahraga ringan bisa menjadi pilihan. Diantara olahraga ringan yang bisa dilakukan adalah sit up, yoga, dan lain sebagainya. 

3. Istirahat yang cukup

Pastikan kamu tetap beristirahat yang cukup yakni 6-8 jam per harinya. Hal ini dimaksudkan agar stamina kamu tetap terjaga dikala padatnya aktivitas harian. 

– – – – – – Editorial Pick – – – – – –
Cara Memiliki Berat Badan Ideal
Tren Diet Sehat Jaman Now. Seberapa Sehat & Aman Kah?
Makan Saat Stress? Kenali Bahaya Emotional Eating

4. Atur pola makan dengan benar

Tips selanjutnya adalah wajib untuk mengatur pola makan. Selain pola hidup yang sehat, pola makan yang teratur juga wajib dilakukan. Sebisa mungkin konsumsi makanan yang bergizi tinggi serta kaya akan vitamin. 

5. Gunakan pakaian yang kering

Meski hujan dan seringkali pakaian sulit kering, namun upayakan kamu untuk setiap harinya menggunakan pakaian yang kering, tidak lembab. Selain tidak nyaman, pakaian yang lembab juga rentan menjadi sarang dari bakteri dan virus. 

6. Pastikan rumah tetap bersih

Selain tubuh yang harus tetap sehat, kebersihan rumah dan sekitar kamu pun juga wajib untuk dijaga. Hal ini dikarenakan penyakit sangat suka berkembang di tempat yang kotor. Maka dari itu, pastikan rumah dan sekitar kamu tetap dalam kondisi bersih dari segala kotoran. 

7. Mandi setelah hujan-hujanan

Tak dapat dipungkiri jika kamu harus terpaksa hujan-hujanan lantaran tidak membawa payung. Tatkala kondisi tubuh kamu basah, maka segera untuk mandi bukan menunggu tubuh kering terlebih dahulu. 

8. Makan sayuran hijau

Sayuran hijau kaya akan berbagai vitamin yang bisa menjadi tameng untuk daya tahan tubuh kamu tetap sehat. Selain itu, sebelum dikonsumsi upayakan untuk mengolahnya dengan cara yang dibenarkan. 

Selain menerapkan hidup sehat, kamu juga perlu untuk mengonsumsi suplemen agar daya tahan tubuh semakin kuat. Bagi kamu yang sedang membutuhkan suplemen yang berkualitas dan terpercaya namun mudah didapat dengan harga terjangkau maka berbelanja di Jovee adalah solusi yang tepat. 

Jovee merupakan sebuah aplikasi apotek digital yang menyediakan beragam suplemen yang disesuaikan dengan kebutuhan personal orang yang membeli. Kamu pun sebelum direkomendasikan mengonsumsi suplemen tertentu, terlebih dahulu wajib menjawab beberapa pertanyaan melalui aplikasi. Jangan khawatir harga yang tertera di aplikasi merupakan harga tetap dan tidak akan berubah sampai kapanpun. Tertarik? Yuk download aplikasi Jovee.

Untuk informasi kesehatan lainnya, simak selengkapnya hanya di Ngovee

Diedit oleh: Aileen Velishya