8 Tips yang Tanpa Anda Sadari dapat Memperlambat Penuaan

Awet muda kini bukan satu hal yang mustahil. Sebab, Anda bisa menunda proses penuaan dengan melakukan gaya hidup ini. Usia bukan hanya soal angka. Anda mungkin tidak bisa memutar balikkan waktu ke masa muda lagi, namun Anda bisa mengubah efek waktu yang terjadi pada tubuh.  Bagaimana cara memperlambat penuaan?

Ya, sangat mungkin untuk memperlambat proses penuaan fisik maupun mental. Penelitian menunjukkan bahwa orang dengan usia kronologi sama, mungkin memiliki usia biologis yang berbeda. Artinya, ada faktor-faktor selain genetika yang dapat memengaruhi tingkat usia Anda. Berikut ini adalah cara memperlambat penuaan pada wajah.

Tips Memperlambat Penuaan

Semua Makanan 

Semua ahli sepakat bahwa diet terbaik untuk mencegah kerusakan terkait usia dan penyakit dimulai dengan mengonsumsi makanan yang alami. Menurut Benjamin Epstein, MD,  diet sehat mencakup lebih sedikit makanan olahan tanpa tambahan gula, lemak, dan garam. Sebab, menghindari gula dan lemak yang tidak sehat mencegah peradangan, diabetes, dan penyakit jantung. Epstein merekomendasikan biji-bijian utuh, seperti gandum dan beras merah, daging dan ikan tanpa lemak, kacang-kacangan, telur, serta buah dan sayur. Jyotir Jani, MD menambahkan bahwa apa yang kita makan memengaruhi pikiran.

Protein yang Cukup

Makanan sehat bukan berarti menghilangkan kandungan proteinnya. Sebab, studi menunjukkan bahwa protein sangat penting untuk menjaga massa otot seiring bertambahnya usia. Faktanya, banyak orang dewasa di Amerika yang tidak mendapatkan asupan protein yang direkomendasikan. Abby Sauer, MPH menganjurkan orang dewasa untuk mengonsumsi sumber protein yang bisa diperoleh dari kacang, yoghurt Yunani, atau keju. Bisa juga tambahkan protein toppers ke dalam makanan, seperti turkey sandwich, potongan ayam pada pasta, atau salad.

Aktivitas di Lapangan

Berada di luar ruangan, membantu tubuh mendapatkan asupan vitamin D dari sinar matahari supaya menjaga tulang tetap kuat. Selain itu, vitamin D melindungi tubuh dari kondisi yang berkaitan dengan usia, seperti penyakit jantung dan kanker. Penelitian membuktikan bahwa seseorang yang memiliki kadar vitamin D lebih tinggi, memiliki telomer lebih lama, ujung sel DNA yang menentukan umur sel. Sementara, penelitian lain menunjukkan orang dewasa dengan kadar vitamin D rendah mengalami kesulitan dalam beraktivitas sehari-hari, seperti berjalan, menaiki tangga, berpakain, hingga memotong jari mereka sendiri.

Selain berjemur, Anda bisa mendapatkan sumber vitamin D dari makanan, seperti ikan salmon, kuning telur, dan makanan yang diperkaya sereal.

Tetap Terhidrasi

Seiring bertambahnya usia, ginjal bekerja kurang efisien. Mungkin, Anda tidak sensitif terhadap sinyal haus dan mengonsumsi obat yang menurunkan cairan tubuh. Inilah alasan mengapa lansia sering mengalami dehidrasi. Dalam fungsi normal tubuh, dehidrasi menyebabkan kebingungan, seperti demensia. Maka, penting untuk memenuhi kebutuhan air, bahkan ketika tidak haus sekalipun. Peran air dalam tubuh diantaranya mengatur suhu tubuh, menjaga kesehatan kulit dan persendian, mencerna makanan, serta membuang limbah. Selain minum air, Anda juga bisa mengonsumsi makanan dengan kadar air tinggi, seperti buah-buahan, sayuran, dan sup.

Tips Memperlambat Penuaan

Menjaga Kesehatan Gigi

Kesehatan mulut dan gigi memiliki hubungan dengan penuaan yang sehat. Penelitian menunjukkan bahwa kesehatan gigi yang buruk berkaitan dengan masalah penuaan, seperti penyakit kardiovaskuler, stroke, dan diabetes. Hal ini bisa terjadi karena bakteri dari infeksi mulut masuk dalam darah dan meningkatkan peradangan di bagian tubuh lain. Selain itu, penyakit gusi dikaitkan dengan risiko demensia dan Alzheimer yang lebih tinggi. Meskipun keterkaitan ini masih dalam penelitian, penting untuk menjaga kesehatan mulut dan gigi Anda, sehingga mungkin mencegah penyakit yang berkaitan dengan usia.

Menjaga Kesehatan Usus

Sekitar 70 persen sistem kekebalan tubuh Anda terletak di bagian usus. Jadi, usus memberikan perlindungan dari infeksi, mengatur metabolisme, mendukung sistem kekebalan tubuh, serta meningkatkan fungsi pencernaan yang sehat. Oleh karena itu, penting untuk menjaga kesehatan flora usus yang sehat dengan mengonsumsi makanan prebiotik dan probiotik, seperti buah-buahan dan yoghurt, rutin olahraga, serta cairan yang cukup. Hal ini dapat dilakukan sebagai cara menghambat penuaan.

Pencernaan yang Sehat

Asam mungkin dianggap suatu zat yang berbahaya dalam sistem pencernaan manusia, terutama bagian lambung. Padahal, dalam jumlah yang tepat, asam lambung dapat menyerap vitamin B12 bagi tubuh. Artinya, jika  asam lambung dihilangkan, maka penyerapan B12 berkurang dan berdampak pada kognisi manusia. Oleh karena itu, bagi Anda yang sedang menggunakan obat pereduksi asam, maupun Metformin bagi penderita diabetes, penting untuk mendapatkan asupan B12 tambahan dari suplemen atau makanan tertentu.

Kurangi Stress

Stress menimbulkan banyak dampak kesehatan tubuh, seperti merusak waktu tidur dan meningkatkan risiko penyakit jantung. Stress juga memperpendek telomer, tutup pelindung DNA yang membantu sel-sel berkembang. Namun, Anda bisa memperpanjang telomer dengan latihan meditasi. Meditasi membantu memfokuskan pikiran dan mendukung fungsi kognitif lebih baik.

Selanjutnya, aktivitas lain yang mampu memperlambat penuaan yaitu memiliki tidur yang cukup, otak yang selalu aktif dengan kegiatan yang fokus pada pemikiran, serta memiliki perilaku yang positif.

Itulah beberapa cara menghambat penuaan.

Ingin mengetahui informasi kesehatan terpercaya? Daftarkan email anda di Ngovee. Untuk mendapatkan suplemen dan vitamin spesial buat anda, unduh aplikasi Jovee. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store. Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee