9 Makanan untuk Susah Tidur

Apakah Anda termasuk salah satu penderita insomnia atau susah tidur dimalam hari? Jika iya, sebaiknya mulailah untuk mengatasinya karena insomnia tidak baik bagi kesehatan tubuh. Insomnia bisa terjadi karena berbagai hal, salah satunya masih memiliki beban pikiran atau kebiasaan yang tidak sehat. Apa saja makanan untuk susah tidur teratasi?

Sulit tidur di malam hari dapat dialami siapa saja. Meski sudah diantisipasi dengan tidur lebih awal, tetap saja hasilnya nol. Namun, Anda tidak boleh putus asa. Sebab, selalu ada solusi disetiap masalah. Selain melakukan berbagai kegiatan produktif untuk membantu tidur lebih cepat, Anda juga bisa mengonsumsi makanan untuk susah tidur berikut ini. 

Kiwi

Terkadang, banyak orang takut saat ngemil dimalam hari lantaran khawatir akan sulit untuk tidur lelap. Namun, tidak dengan kiwi. Sebab, makanan ini bisa membantu Anda tidur nyenyak hanya dengan beberapa potong buah kiwi segar saja. Hal ini didukung oleh penelitian yang dilakukan oleh Taipei Medical University di Taiwan yang menyatakan bahwa makan dua buah kiwi satu jam sebelum tidur akan membantu orang-orang lebih cepat tidur dengan nyenyak. Selain itu, buah kiwi mengandung nutrisi lengkap, seperti vitamin C, vitamin E, serotonin, dan folat. Semua zat tersebut akan membantu Anda terbuai dalam mimpi lebih awal.

Makanan dari Kedelai

Apakah Anda hobi mengonsumsi makanan yang berbahan dasar kedelai, seperti tahu, miso, tempe, hingga edamame yang kaya isoflavin? Jika iya, cobalah untuk lebih rutin makan makanan tersebut. Sebab, senyawa dalam makanan ini membantu meningkatkan produksi serotonin di otak Anda. Zat serotonin berperan membuat Anda merasakan kantuk. Pernyataan ini didukung oleh hasil studi Nutritional Jurnal pada tahun 2015, dimana orang yang mengonsumsi dua porsi makanan berbahan dasar kedelai setiap hari akan membuat tidur malam mereka lebih pulas.

Makanan yang Kaya Serat

Makanan untuk susah tidur lainnya yaitu yang kaya akan serat. Jenis makanan ini dikaitkan dengan gelombang restoratif. Berdasarkan Journal of Clinical Sleep Medicine, semakin banyak seseorang makan makanan kaya serat, maka kualitas tidurnya semakin baik. Serat berperan menghambat lonjakan gula darah yang sekaligus menurunkan melatonin. Anda bisa mendapatkan makanan kaya serat ini dari gandum, quinoa, sereal, dan artichoke.

Pisang

Siapa sangka, buah pisang yang mudah diperoleh disekitar kita ini berperan dalam membantu seseorang lebih cepat tidur. Umumnya, pisang dikenal karena kandungan kaliumnya yang tinggi. Rupanya, tidak sebatas itu saja. Sebab, pisang merupakan sumber vitamin B6 yang baik dan berguna dalam pembentukan hormon melatonin dalam tubuh. 

Hormon inilah yang memicu rasa kantuk dalam kondisi apapun, baik saat lampu kamar menyala ataupun kondisi gelap. Selain itu, kandungan pisang lainnya berupa magnesium dan triptofan membantu otot-otot tubuh lebih rileks. Tahukah Anda, triptofan membantu memicu produksi serotonin di otak? Dengan demikian, suasana hati akan lebih baik dan lebih mudah tertidur.

Ikan Salmon

Tidak hanya baik dari segi nutrisi, rupanya ikan salmon juga membantu penderita insomnia lebih cepat tertidur. Hal ini didukung oleh asam lemak omega 3 yang dapat mengurangi hormon stress dan menenangkan pikiran seseorang. Bagi Anda yang hobi makan ikan salmon, dipastikan memiliki kualitas tidur yang baik dan nyenyak terus.

Susu

Apakah Anda rutin mengonsumsi susu dimalam hari sebelum tidur? Jika iya, kebiasaan tersebut baik dan patut dipertahankan. Pasalnya, susu dianggap sebagai obat penenang dan membuat tidur Anda lebih pulas. Susu mengandung kalsium yang tinggi dan berfungsi membantu merangsang otak memproduksi hormon melatonin. Hormin inilah yang pada akhirnya akan membantu tidur Anda lebih pulas.

Alpukat

Siapa yang mengaku hobi makan alpukat? Buah satu ini memang kerap sekali disajikan dalam bentuk jus dan aneka resep lainnya. Namun, jangan ngaku gemar makan alpukat jika tidak tahu manfaat buah ini untuk mengatasi insomnia. Ya, kandungan vitamin B dalam buah alpukat yang cukup tinggi ini membantu mengatur kualitas tidur Anda lebih baik. Konsumsilah buah ini secara rutin saat makan siang dan malam hari supaya tidur Anda lebih nyenyak.

Oatmeal

Makanan satu ini kaya akan berbagai nutrisi penting bagi tubuh, seperti magnesium, kalium, dan kalsium. Menurut beberapa ahli, kekurangan magnesium berpotensi menyebabkan seseorang mengalami kesulitan tidur atau insomnia. Nah, dengan mengonsumsi oatmeal sebagai camilan sebelum tidur, dijamin akan membantu Anda tertidur lebih cepat dan nyenyak.

Kacang Almond

Jika Anda sedang menjalankan program diet, pasti sudah menjadikan kacang almond sebagai salah satu daftar menunya. Kacang almond kaya akan serat, protein dan lemak tak jenuh. Tidak hanya bagus untuk diet, makanan satu ini juga baik untuk mengatasi insomnia. Kandungan magnesium dan triptofan didalamnya membantu otot-otot tubuh Anda lebih rileks. Jadi, jika ingin tidur lebih nyenyak, bisa coba makan kacang almond sebelum tidur.

Yuk, coba makan-makanan sehat diatas biar tidur Anda lebih berkualitas.

Ingin mengetahui informasi kesehatan terpercaya? Daftarkan email anda di Ngovee. Untuk mendapatkan suplemen dan vitamin spesial buat anda, unduh aplikasi Jovee. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store. Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee