9 Tips Gunakan Toilet Umum Selama Pandemi Covid-19

Selama pandemi, setiap orang dianjurkan untuk menaati protokol kesehatan saat pergi keluar rumah. Termasuk ketika Anda harus ke kamar kecil saat berada di tempat umum. Mulai dari mengenakan masker wajah hingga mengeringkan tangan, inilah tips yang harus Anda lakukan untuk meminimalkan risiko tertular virus novel corona di toilet umum.

Seiring meningkatkan pasien positif sekaligus sembuh dari virus corona, sudah banyak negara yang mulai memberlakukan new normal setelah sekian lama menerapkan karantina. Namun, negara juga harus menghadapi ancaman baru yaitu risiko penyebaran virus corona di area publik. Ya, Covid-19  bisa hidup dimana saja, seperti menempel di permukaan benda-benda bahkan di udara. Akan tetapi, yang lebih besar peluang tertular Covid-19 ketika Anda menggunakan toilet umum. Di lingkungan itulah, berbagai virus dan bakteri terperangkap.

Tidak mungkin menghindari kamar kecil umum jika Anda benar-benar harus menggunakannya. Lalu, apakah yang bisa Anda lakukan? Nah, berikut ini kami berikan 9 tips mengurangi risiko penyebaran virus Covid-19, terutama saat berada di toilet umum.

Ilustrasi: Toilet Umum

Pergilah ke Toilet Sebelum Anda Meninggalkan Rumah

Ingatlah untuk selalu pergi ke toilet, sekedar cuci tangan, kaki, atau buang air kecil sebelum meninggalkan rumah meskipun, merasa tidak perlu melakukannya. Tips ini penting untuk menghindari kamar kecil umum setelah keluar rumah. 

Biasanya, seseorang akan merasa ingin buang air kecil setelah beberapa saat meninggalkan rumah. Dengan buang air kecil terlebih dulu, dapat menghindari kandung kemih penuh di perjalanan maupun buang air kecil di toilet umum. Meski demikian, tetaplah menjaga tubuh Anda supaya terhidrasi dan kurangi morning coffee.

Gunakan Masker Wajah

Entah perjalanan jauh, liburan, atau ke kantor sekalipun, Anda memerlukan toilet umum. Nah, protokol kesehatan juga harus diterapkan di sini. Yang pertama dan utama adalah gunakan masker wajah Anda. Berdasarkan penelitian bulan Juni 2020 di Lancet menemukan bahwa masker wajah efektif dalam mencegah penyebaran Covid-19 melalui droplet. 

Droplet tersebut bisa terjadi ketika seseorang batuk, bersin, bahkan berbicara dengan Anda. Tidak hanya itu, penelitian serupa menemukan bahwa pelindung mata dan wajah membantu mencegah penyebaran virus Covid-19.

Menerapkan Social Distancing

Toilet umum seringkali berukuran kecil, namun sebisa mungkin Anda harus menjaga jarak dengan orang lain. Jika memang ruangan tersebut masih penuh sesak, tunggulah di luar sebelum menggunakannya.

Jangan Sentuh Permukaan Benda Apapun

Saat masuk ke toilet umum, perhatikan apa saja yang Anda sentuh dan hindari untuk memegang wajah. Sebab penyebaran virus Covid-19 secara sekunder terjadi ketika tangan Anda menyentuh permukaan benda yang terkontaminasi, kemudian menyentuh mulut, hidung, atau mata. Jika memang Anda harus menyentuh permukaan yang sering disentuh, seperti keran untuk cuci tangan atau menyiram toilet, gunakan selembar tisu bersih.

Tutup Pembuangan Feses di Toilet, Jika Ada

Setelah buang air besar di toilet umum, terutama WC duduk, tutuplah segera. Sebab, tetesan aerosol yang mengandung feses berisiko menyebarkan Covid-19 melalui udara disekitarnya. Jika memungkinkan, carilah toilet dengan dengan WC yang disertai penutup.

Cuci Tangan Anda dan Jangan Sentuh Apapun

Anda pasti kerap menemui siapa saja yang tidak mencuci tangan setelah menggunakan toilet umum. Namun, janganlah meniru hal tersebut jika tidak ingin tertular Covid-19. Mencuci tangan adalah  langkah penting dan utama supaya terhindar dari Covid-19, asalkan dilakukan dengan benar. Biasakan mencuci tangan dengan sabun dan air, lalu gunakan tisu untuk mengeringkannya. Tisu tersebut bisa dimanfaatkan untuk mematikan kran dan membuka pintu, baru dibuang ke tempat sampah.

Keringkan Tangan Hingga Benar-benar Kering

Gunakanlah tisu untuk mengeringkan tangan usai dicuci kemudian digosok. Penggosokan ini bertujuan untuk mengurangi jumlah kuman yang tersisa di tangan. Jika hanya tersedia pengering udara, gunakanlah, tetapi jaga supaya tangan tidak bergerak. Akan lebih baik jika Anda menyimpan tisu di saku untuk digunakan setelah mengeringkan tangan. Ingat, jangan keringkan tangan dengan pakaian yang mungkin menjadi sarang virus.

Lakukan Urusan Anda Segera, Lalu Pergi

Toilet merupakan tempat favorit berbagai bakteri dan virus, termasuk Covid-19 dengan ciri khas ruangan yang kecil dan ventilasi yang buruk. Oleh karena itu, dianjurkan bagi siapapun untuk tidak berlama-lama saat berada di toilet umum, seperti mengobrol urusan pribadi dengan rekan kerja. Hindari pula memilih tempat ini untuk menelpon seseorang. Semakin lama seseorang berada disekitar orang terinfeksi Covid-19, semakin besar pula peluang untuk terinfeksi.

Konsultasi dengan Manajemen Gedung 

Untuk membantu memutus mata rantai penyebaran Covid-19, Anda bisa konsultasi dengan manajemen gedung untuk memberikan panduan menggunakan toilet umum lebih baik agar menghasilkan toilet yang bersih. Misalnya, peraturan bagi pengunjung toilet untuk menggunakan masker sebelum masuk. Biar lebih tertata rapi, harus ada seseorang yang mengendalikan lalu lintas toilet umum, termasuk manajemen petugas kebersihan.

Jika Anda harus ke toilet, lebih baik mencari toilet bersih untuk meminimalisir risiko penularan. 

Ingin mengetahui informasi kesehatan terpercaya? Daftarkan email anda di Ngovee. Untuk mendapatkan suplemen dan vitamin spesial buat anda, unduh aplikasi Jovee. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store. Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee