Alat Untuk Melengkapi Kegiatan Olahraga Di Rumah

ditinjau oleh : dr. Amanda Ismoetia
Olahraga tidak harus ribet, karena Anda bisa berolahraga di dalam rumah saja. Agar bisa melakukan kegiatan olahraga secara simple di rumah, maka tak ada salahnya sedikit berinvestasi. Ada beragam macam alat alat olahraga di rumah yang bisa Anda manfaatkan. Sehingga alat-alat ini yang bisa membantu Anda untuk tetap bugar dan sehat setiap saat.

Beberapa Pilihan Jenis Alat Untuk Olahraga Di Dalam Rumah

Sebenarnya ada banyak alat yang bisa menjadi investasi untuk mulai berolahraga di rumah. Kegunaan dari tiap alat bisa sangat berbeda dan beberapa alat-alat tersebut juga bentuknya ringkas, sehingga mudah untuk disimpan. Bahkan bisa juga Anda bawa ke mana pun saja jika suatu saat ingin berolahraga.

  • Foam Roller

Salah satu alatnya yaitu adalah foam roller. Jadi, foam roller ini merupakan gulungan busa yang empuk dan bisa digunakan untuk keperluan melemaskan otot-otot. Jika otot Anda terasa kaku, maka bisa memakai foam roller ini sehingga otot bisa lebih rileks lagi. Otot kita akan cenderung kencang setelah melakukan olahraga yang berat.

Selain itu, foam roller bisa juga Anda gunakan sebelum berolahraga agar bisa mencegah cedera. Lalu foam roller tersebut bisa juga menjadi alat untuk membantu olahraga ketika sedang yoga untuk bisa melatih keseimbangan tubuh. Ada manfaat lain penggunaan foam roller yaitu untuk menghilangkan masalah selulit dan beberapa manfaat foam roller lain untuk tubuh.

  • Dumbell

Alat olahraga lain yang tidak kalah populer dan wajib ada di dalam rumah yaitu dumbell. Jadi, dumbell ini merupakan versi bentuk kecil dari alat untuk angkat beban yang biasa di gym. Sementara bobot dumbell sendiri bisa sangat bervariasi. Ada dumbell yang ringan yaitu 0,5 kg sampai dumbell yang berat hingga 10 kg.

Dengan alat alat olahraga di rumah ini, maka bisa membantu membentuk otot pada lengan dan juga otot bahu. Dumbell bisa diikutsertakan juga pada saat Anda sedang melakukan gerakan olahraga seperti sit up, squat atau bench press. Sehingga bisa memaksimalkan hasil sesi olahraga di rumah.

  • Matras Yoga

Yoga tentu menjadi olahraga indoor yang sangat populer. Agar bisa melakukan yoga, maka matras yoga menjadi salah satu perlengkapan olahraga yang penting. Sehingga akan bermanfaat bagi yang rutin melakukan meditasi dan melakukan berbagai gerakan yoga.

Matras yoga ini berfungsi menjaga pijakan tetap stabil selama melakukan berbagai macam gerakan yoga. Kegunaan matras yoga juga sekaligus bisa melindungi tubuh dari benturan pada saat jatuh tergelincir. Di samping itu, akan lebih nyaman juga berlama-lama melakukan yoga ketika menggunakan matras khusus yoga.

  • Resistance Band

Alat satu ini merupakan seutas tali berbahan karet yang elastis dan biasa digunakan agar bisa melatih ketahanan dan kekuatan otot. Sementara tingkat elastisitas pada resistance band ini bisa bermacam-macam. Semakin tinggi tingkat elastisitasnya resistance band, maka semakin sulit tali dibentangkan.

Hal ini membuat otot harus bekerja lebih ekstra untuk dapat melawannya. Bentuk resistance band pun macam-macam. Terdapat resistance band dengan bentuk yang benar-benar layaknya seperti tali karet. Ada juga alat alat olahraga di rumah bernama resistance band ini yang mempunyai pegangan pada kedua ujungnya.

Tim dokter Jovee, dr. Amanda Ismoetia menambahkan,pastikan olahraga yang dilakukan sudah tepat sesuai dengan yang tubuh butuhkan. Perhatikan kondisi tubuh jika ada riwayat penyakit jantung, diabetes dan penyakit kronis lain. Sebelum melakukan olahraga, lebih baik konsultasikan dulu ke dokter atau ahli untuk menyesuaikan aktivitas olahraga sesuai dengan kondisi kesehatan tubuh. Karena setiap orang memiliki kondisi kesehatan yang berbeda.

Ingin tahu lebih banyak mengenai beragam manfaat lainnya? Simak informasi selengkapnya hanya di Ngovee. Untuk mendapatkan vitamin dan suplemen, download aplikasi Ngovee lewat Google Play Store atau App Store. Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Ngovee.