Apa Saja Kandungan Serta Khasiat Buah Naga?
Ditinjau oleh: Kelvin Halim, S. Gz.

Buah naga merupakan salah satu tanaman budidaya di Indonesia. Berasal dari negara Amerika Tengah dan Amerika Selatan, buah naga memiliki rasa yang lezat dan kaya akan manfaat. Tentu saja, hal tersebut karena nutrisi yang terkandung di dalamnya. Secara fenotip, buah naga memiliki kulit yang nampak bersisik dengan warna keunguan atau merah muda. Dilihat dari warna dagingnya, ada dua jenis buah naga yaitu buah naga putih dan buah naga merah. Sementara, kandungan nutrisi dan khasiat buah naga ini tidak terlalu berbeda. Ingin tahu apa saja zat gizi yang terdapat dalam buah naga? Yuk, cari tahu selengkapnya pada ulasan berikut!

Kandungan dan Khasiat Buah Naga

Apa Saja Kandungan Serta Khasiat Buah Naga?

Sebenarnya, buah naga termasuk buah yang rendah kalori, jadi sangat cocok dikonsumsi bagi Anda yang ingin menjaga bobot tubuh. Setiap satu porsi buah naga atau sekitar 100 gram, hanya terdapat kurang lebih 60 kalori. Buah ini juga tidak mengandung lemak. Meski demikian, buah naga tetap mengandung nutrisi penting lain yang dibutuhkan oleh tubuh seperti berikut.

Vitamin C

Buah naga mengandung berbagai vitamin yang diperlukan tubuh, salah satunya vitamin C. Peran vitamin C sebagai antioksidan yang berfungsi untuk melindungi tubuh dari radikal bebas. Selain itu, nutrisi ini juga baik untuk merangsang pembentukan kolagen, menjaga sistem imun tubuh, serta membantu penyerapan zat besi supaya terhindar dari kekurangan darah. 

Vitamin B2 dan Vitamin B3

Tidak hanya vitamin C, buah naga juga mengandung vitamin B2 dan B3 yang penting untuk menjaga kelancaran metabolisme tubuh, kesehatan saraf, dan kesehatan jaringan tubuh. Apabila asupan vitamin terpenuhi, akan menurunkan risiko beberapa penyakit, seperti katarak, migrain, preeklampsia, dan jantung (Baca juga: Ketahui Sumber Terbaik dan Manfaat Vitamin B2)

Magnesium

Khasiat buah naga lainnya adalah dapat menurunkan risiko depresi, diabetes tipe 2, hipertensi, serta meringankan gejala migrain maupun sindrom pramenstruasi. Hal ini dikarenakan buah naga juga kaya akan mineral, salah satunya magnesium. Zat ini berperan dalam mencegah dan meringankan kram otot, meningkatkan stamina dan performa saat olahraga, memelihara kesehatan jantung, dan menurunkan tekanan darah.

Zat besi

Zat besi termasuk salah satu mineral yang terkandung dalam buah naga. Peran zat besi bagi tubuh sebagai bahan baku pembuatan sel darah merah. Apabila tubuh mengalami kekurangan zat besi, maka produksi sel darah merah pun juga akan berkurang. Akibatnya, tubuh berisiko terkena anemia atau kekurangan darah. 

Buah naga mengandung zat besi yang cukup tinggi. Artinya, mengonsumsi buah naga akan memenuhi kebutuhan zat besi dan mencegah tubuh dari berbagai masalah kesehatan akibat kekurangan zat besi (Baca juga: Konsumsi Makanan Mengandung Zat Besi Untuk Tubuh Lebih Sehat)

Kalsium

Mineral satu ini juga penting untuk memelihara kekuatan tulang. Beberapa organ vital yang memerlukan asupan kalsium yaitu jantung, otot, dan saraf. Kekurangan nutrisi ini akan meningkatkan risiko terkena osteoporosis. Akan tetapi, dengan mengonsumsi buah naga, akan menjaga tubuh dari risiko penyakit tersebut. 

Fosfor

Masih ada lagi fosfor dalam buah naga yang berfungsi untuk meningkatkan kinerja organ dalam proses pencernaan, mengatur proses pembuangan sisa metabolisme, serta membantu pembentukan tulang dan gigi yang sehat.

Antioksidan

Selain mengandung vitamin C yang berperan sebagai antioksidan, rupanya buah naga juga kaya akan antioksidan dan zat pewarna alami yang disebut antosianin. Zat antosianin tersebut bertujuan untuk memberikan warna merah pada buah naga. Sementara, antioksidan berfungsi untuk melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas serta menurunkan risiko kanker.

Setelah mengonsumsi buah ini, warna urin dan feses akan berubah jadi kemerahan. Akan tetapi, Anda tidak perlu cemas karena kondisi tersebut wajar terjadi dan tidak berbahaya akibat zat antosianin didalamnya. Satu lagi, buah naga juga akan akan serat, sehingga melancarkan sistem pencernaan dan mencegah sembelit.

Cara Menyimpan Buah Naga yang Benar

Apa Saja Kandungan Serta Khasiat Buah Naga?

Buah naga dapat langsung dikonsumsi setelah dicuci hingga bersih. Akan tetapi, Anda harus memotong dan memisahkan antara daging dan kulitnya terlebih dulu. Apabila persediaan buah naga Anda cukup banyak untuk jangka panjang, sebaiknya perhatikan tips penyimpanan yang benar berikut ini.

  • Bungkuslah buah naga menggunakan kantong plastik sebelum disimpan dalam kulkas. Pastikan untuk mencuci buah naga terlebih dulu biar tidak mencemari makanan lainnya meski telah dibungkus.
  • Hindari memotong buah buah apabila tidak dihabiskan. 
  • Apabila sudah terlanjur dipotong dan tidak habis, sebaiknya simpan sisa buah naga dalam wadah kedap udara biar tetap segar atau letakkan dalam freezer.
  • Jangan sekali-kali mengonsumsi buah naga yang telah berubah warna kecoklatan dan teksturnya lembek.

Meski jarang terjadi, ada beberapa orang yang mengalami alergi terhadap buah naga dan wajib menghindari konsumsi buah ini. Beberapa gejala yang ditunjukkan seperti, pembengkakan di lidah, muntah, dan bentol-bentol. Yuk, konsumsi buah naga lebih rutin untuk mendapatkan asupan nutrisi dan manfaatnya bagi tubuh!

Ingin mengetahui informasi kesehatan terpercaya? Daftarkan email anda di Ngovee. Untuk mendapatkan suplemen dan vitamin spesial buat anda, unduh aplikasi Jovee. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store. Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee