Apakah Vegetarian Makan Telur? Simak Selengkapnya Disini

Ditinjau oleh: Kelvin Halim, S. Gz.

Saat ini sudah banyak sekali pola diet yang menerapkan berbagai macam jenis dan tentunya bisa Anda jalani dengan mudah. Bahkan salah satunya yaitu diet yang hanya dilakukan dengan vegetarian. Vegetarian adalah gaya hidup dimana seseorang tidak mengonsumsi daging. Yang terkadang menjadi pertanyaan adalah apakah vegetarian makan telur?

Vegetarian adalah seseorang yang tidak mengkonsumsi makanan hewani tertentu. Diet vegetarian sering didefinisikan sebagai menghindari daging hewan, termasuk konsumsi daging hewani. Diet vegetarian sendiri memiliki berbagai jenisnya. Beberapa pengguna diet vegetarian mengkonsumsi telur dan mengecualikan daging sapi, unggas, dan ikan dalam menu sajian makanan, atau beberapa yang lain mengonsumsi ikan saja atau susu saja. Namun apakah telur dapat dikonsumsi oleh vegetarian?

Apakah Telur Dikonsumsi Oleh Vegetarian? 

Sebagian orang tidak menganggap telur sebagai makanan yang ramah di dalam vegetarian. Jika telur dibuahi sebagai hasil perkawinan ayam dan ayam, sehingga memberi kesempatan untuk menjadi ayam, vegetarian yang menentang makan daging hewani maka mereka dapat menghindari konsumsi telur.

Sebaliknya, ketika telur tidak dibuahi dan tidak akan pernah menjadi hewan, hal itu akan dianggap sebagai vegetarian dan dianggap sebagai produk sampingan hewan bersama dengan susu dan mentega. Sebagian besar telur yang diproduksi secara komersial di toko kelontong tidak dibuahi dan tidak akan menjadi hewan. 

Telur dihindari oleh vegetarian karena eksploitasi ayam petelur dalam memproduksi telur dan bagaimana peternak ayam biasanya menaruh ayam dalam kandang yang kurang layak sehingga vegetarian kerap menghindari telur agar menghindari eksploitasi dan mengurangi demand telur di pasaran.Tidak hanya itu saja, ada beberapa pertimbangan yang berkaitan dengan nutrisi. Tentunya, hal ini akan memandu orang yang melakukan diet vegan dan akan memutuskan untuk mengkonsumsi telur. 

Telur adalah makanan yang sangat bergizi, dengan lebih dari 6 gram protein berkualitas tinggi ada di dalamnya. Tidak hanya itu saja, beberapa vitamin dan mineral terdapat dalam satu butir telur besar. Fakta yang harus Anda ketahui adalah kuning telur tetap menjadi salah satu sumber kolin terbaik, nutrisi penting yang dibutuhkan untuk fungsi dan kesehatan tubuh yang normal.

Ada sebagian besar vegetarian yang mungkin memilih untuk memasukkan telur dalam makanan  sebagai salah satu sumber nutrisi penting atau hanya menambahkan lebih banyak variasi pada pilihan makanan kaya protein, terutama jika mereka menghindari daging maupun ikan.

Tetapi, ada hal yang wajib Anda dengar bahwa terkadang telur ini tidak dianggap menyehatkan tubuh karena kandungan kolesterol di dalamnya sangatlah tinggi. 

Dalam beragam penelitian dan beberapa diantaranya jika mengaitkan dengan asupan kolesterol telur akan meningkatan kadar kolesterol di dalam darah. Namun, beberapa penelitian juga telah melaporkan bahwa kolesterol makanan secara statistik tidak ada kaitan signifikan dengan risiko penyakit jantung. 

Salah satu studi sudah menunjukkan bahwa dengan makan telur tidak akan meningkatkan kolesterol sebanyak 70% pada individu, tetapi bisa menyebabkan peningkatan secara ringan dan kolesterol LDL yang buruk pada individu akan merespon kuat terhadap kolesterol makanan. 

Mungkin penelitian ini saling bertentangan satu sama lain dan inilah yang menyebabkan beberapa vegetarian lebih baik menghindari telur. Sementara sebagian besar orang akan memilih telur sebagai salah satu variasi diet vegan.

Termasuk Jenis Apa Vegetarian yang Mengkonsumsi Telur? 

Vegetarian yang makan telur masih dianggap vegetarian tetapi memiliki nama yang berbeda dan vegetarian ini sangatlah fleksibel untuk dilakukan. 

Diet vegetarian sendiri memiliki berbagai jenis berdasarkan makanan yang dihindari dan tidak dihindari, akni sebagai berikut:

  1. Lacto-vegetarian: Menghindari telur, daging, dan ikan, tetapi masih menggunakan produk susu. 
  2. Ovo-vegetarian: Menghindari daging, ikan, dan susu, tetapi masih bisa mengkonsumsi telur. 
  3. Lacto-ovo vegetarian: Menghindari ikan dan daging, tetapi masih bisa mengkonsumsi telur dan susu. 
  4. Vegan: Menghindari semua golongan jenis produk hewani, termasuk daging, ikan, susu, madu, dan telur. 

Ketika Anda melihat beberapa jenis vegetarian di atas, maka vegetarian yang masih bisa mengkonsumsi telur dalam dietnya maka bisa dianggap sebagai ovo-vegetarian ataupun lacto-ovo vegetarian. Tergantung kondisi juga, apakah vegetarian tersebut mengkonsumsi susu? 

Tenang saja, Anda masih menjadi vegetarian yang tidak terlalu ketat. Anda bisa menjadi vegetarian yang fleksibel, bisa memasukkan telur ke dalam menu sajian makanan. 

– – – – – – Editorial Pick – – – – – –
Bagaimana Cara Memasak Telur yang Sehat?
Inilah Daftar Makanan Penyebab Darah Tinggi yang Patut Dihindari
Catat, Inilah Buah untuk Mencegah Penyakit Jantung yang Baik Dikonsumsi
Daftar Makanan Sehat untuk Jantung dan Lambung Anda
Daftar Makanan Sehat untuk Menguatkan Jantung
Ini Daftar Makanan Rendah Gula Bagi Penderita Diabetes
Buah Apa yang Sebaiknya Dihindari Pasien Diabetes?
Yuk Mengenal Sayur Pengendali Gula Darah Paling Ampuh

Anda harus tahu bahwa diet vegetarian akan terasa sangat ketat dan dilakukan dalam jangka waktu yang panjang. Jadi, dengan memasukkan telur ke dalam makanan vegetarian Anda akan menambah beberapa variasi sendiri. Mungkin saja Anda bosan dengan makanan yang itu-itu saja. Bahkan, dengan menambahkan telur dalam makan vegetarian, Anda bisa membuat rasa nyaman sendiri di dalam lidah. 

Intinya, ketika Anda menjadi vegetarian pastikan tubuh Anda terpenuhi dengan nutrisi dan gizi. Jangan terlalu berlebihan karena tidak akan baik untuk kesehatan tubuh. Anda bisa menyusun strategi yang tepat ketika menjalankan diet, dengan konsep ini. Jadi, Anda sekarang sudah tahu bahwa telur yang dikonsumsi masih masuk ke dalam vegetarian. Ingin mulai gaya hidup sehat? Unduh aplikasi Jovee melalui Google Play Store maupun App Store sekarang! Dengan Jovee anda dapat melihat rekomendasi suplemen sesuai dengan kebutuhan personalmu.