Bagaimana Cara Meningkatkan Kesehatan Otak Manusia?

Secara harfiah, peneliti telah menemukan bahwa diri manusia memiliki kemampuan untuk menciptakan pemikiran sendiri. Bisa didapatkan dengan contoh, bahwa pengemudi bus mampu menghafal jalanan-jalanan yang dilalui agar sampai di terminal dalam waktu tahunan. Menghafal jalanan sendiri bagi para pengemudi bus, mampu memperluas kemampuan otak. Apa saja cara meningkatkan kesehatan otak?

Perubahan kemampuan otak akan terjadi pada manusia. Lantas, bagaimanakah cara untuk meningkatkan kesehatan otak seseorang? Pastinya Anda penasaran bukan? Maka dari itu, selalu dapatkan informasi lengkapnya di sini.

Cara Meningkatkan Kesehatan Otak Manusia

Anda harus tahu bahwa sudah banyak sekali, penelitian yang menunjukkan bahwa hal sederhana mampu meningkatkan kesehatan otak manusia. Apakah Anda sudah mengetahui hal sederhana yang mampu meningkatkan kesehatan dari otak manusia? Inilah cara meningkatkan kesehatan otak, diantaranya sebagai berikut:

Meditasi

Cara awal yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kesehatan dari otak manusia adalah melakukan meditasi. Anda bisa melakukan meditasi dalam jangka waktu 45 menit, cukup mudah sekali bukan untuk melakukannya? Anda bisa melakukan meditasi setiap hari dan lakukan dalam jangka waktu 2 bulan. 

Anda akan merasakan perubahan yang terjadi. Tidak hanya itu, para peneliti telah memberikan bocoran mengenai meditasi yang dilakukan dalam 2 bulan, akan memiliki dampak perubahan pada otak di bagian amygdala. Dampak positifnya adalah penurunan pada tingkatan kecemasan dan stres.

Mengonsumsi makanan yang bisa diterima otak

Anda harus tahu bahwa tidak ada suplemen yang begitu ajaib, mampu membuat Anda memiliki kepintaran instan. Ada makanan meningkatkan kesehatan otak.

Dalam hal ini juga berlaku pada peningkatan kesehatan otak. Anda bisa mulai mengkonsumsi sayuran hijau, layaknya bayam atau kangkung yang kaya akan asam folat, antioksidan, dan vitamin K. 

Tidak hanya itu saja, Anda bisa mengkonsumsi minyak ikan yang terdapat pada sarden atau tuna. Kandungan omega-3, membantu menjaga kesehatan otak.

Mengonsumsi vitamin dan suplemen

Jika Anda tidak memiliki waktu untuk mengonsumsi makanan meningkatkan kesehatan otak, maka Anda bisa mencoba vitamin dan suplemen. Beberapa vitamin dan suplemen yang baik untuk kesehatan otak:

  • Minyak ikan
  • Omega 3
  • Vitamin B Kompleks

Latihan olahraga

Anda harus tahu ini, bahwa di dalam otak manusia terdapat 100 miliar neuron yang mampu untuk mentransmisikan berbagai macam informasi ke seluruh tubuh. 

Sebuah studi di tahun 2012, University of British Columbia, telah memberikan pernyataan mengenai manfaat signifikan olahraga ringan dengan otak. Apa saja itu? Dengan melakukan olahraga ringan, akan mempengaruhi keluasan pemikiran otak. Bahkan, hal ini memiliki keterkaitan dengan memori serta pembelajaran. 

Pada saat berolahraga, Anda bisa mendapatkan manfaat yang lain salah satunya yaitu menurunkan risiko dari demensia. Hal yang harus Anda ketahui, bahwa demensia adalah kondisi medis yang mana cara berpikir dan daya ingat seseorang menurun.

Relaksasi sejenak

Anda ingin meningkatkan kesehatan otak. Pada saat tubuh Anda merasa dalam tingkatan yang membahayakan, membuat ketakutan berlebih, hal ini disebabkan oleh amygdala.  Ketika Anda cemas dengan melakukan relaksasi sejenak, maka akan membuat energi positif keluar. Anda akan mampu mengingat hal apapun dan amygdala akan berkurang kepadatannya.

Mengoptimalkan waktu tidur dan beristirahat

Anda harus tahu bahwa istirahat yang tidak benar, maka akan mempengaruhi otak manusia. Hal yang perlu untuk Anda ketahui adalah bahwa dengan tidur yang maksimal, akan membersihkan otak dan membuat otak Anda kuat untuk menyimpan memori jangka panjang. 

Dalam sebuah penelitian dari University of California San Diego, peneliti sudah memberikan petunjuk bahwa peserta yang beristirahat dengan baik dalam penelitian akan mudah untuk mengingat kosakata baru 2x lebih banyak dibandingkan dengan mereka yang tidak beristirahat dengan cukup. 

Bahkan, peserta yang banyak beristirahat maka akan berkaitan dengan keterampilan motorik seseorang. Ketika Anda kurang tidur, maka kecepatan motorik akan turun sebanyak 20%.

Merenung dalam waktu 2 menit sehari

Ketika Anda melakukan meditasi awal kali, mungkin terasa begitu menakutkan. Tetapi, mulai saat ini bisa melakukan latihan mindfulness. Cukup mudah sekali untuk melakukannya loh. Anda tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk melakukan mindfulness

Anda penasaran bukan? Inilah cara untuk melakukan latihan mindfulness, di antaranya sebagai berikut:

  1. Menutup mata dan melakukan tarik nafas, rasakan sensasi udara masuk dan keluar.
  2. Ketika Anda memikirkan sesuatu hal, maka lebih baik untuk tidak mengabaikannya. Sebaiknya, Anda lebih memilih untuk melihat pemikiran itu. Jadi, dari sini Anda harus tahu bahwa itu bukanlah pemikiran Anda, melainkan itu pikiran Anda sendiri.
  3. Menciptakan pikiran yang positif, layaknya tegar dalam konteks keluarga atau pekerjaan.
  4. Mengembalikan tarikan nafas yang sebelumnya, lakukan secara berulang. Pastikan bahwa Anda bisa kembali ke kondisi semula.

Semua ini dilakukan dalam jangka waktu 2 menit sehari. Anda bisa melakukan ini dimanapun dan kapanpun. Cukup mudah untuk dilakukan, apalagi ini cuman untuk merenungkan pikiran Anda saat ini.

Hal ini menjadi salah satu alternatif Anda yang tidak ingin melakukan meditasi yang cukup lama dan terasa menakutkan. Anda bisa merenung setiap harinya dengan mudah tanpa ada gangguan. 

Itulah cara menjaga kesehatan otak. Ingin tahu tips dan trik seputar kesehatan lainnya? Simak selengkapnya hanya di Ngovee. Unduh aplikasi Jovee melalui Google Play Store maupun App Store untuk mendapatkan rekomendasi suplemen. Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee