Batasi Konsumsi Makanan Penyebab Jerawat Wajah

Ditinjau oleh: Kelvin Halim, S. Gz.
Umumnya banyak orang yang menyangka bahwa jerawat disebabkan dari kulit  wajah yang kotor karena malas membersihkan secara teratur. Padahal munculnya jerawat  juga bisa dari makanan yang dikonsumsi. Maka dari itu jika ingin kulit wajah bebas dari jerawat maka sebaiknya perhatikan jenis makanan penyebab jerawat yang dikonsumsi sehari-hari.

Jerawat umumnya terjadi ketika pori kulit wajah tersumbat minyak, kotoran, kulit mati, minyak atau sebum. Kondisi itu akan membuat kulit mengalami peradangan yang akhirnya menjadi sebuah jerawat.

Beberapa Jenis Makanan Penyebab Jerawat yang Harus Anda Hindari untuk Mengkonsumsinya

Salah satu faktor penyebab munculnya jerawat adalah karena makanan yang dikonsumsi. Pada beberapa orang, jerawat bisa muncul dengan mudah meski tanpa faktor penyebab sekalipun. Berikut jenis makanan yang menjadi penyebab dari munculnya jerawat di kulit wajah kita.

· Makanan manis

Makanan manis seperti cake dan roti pastry bisa memberikan resiko untuk terkena jerawat lebih besar 20 persen. Begitu juga dengan makanan manis yang mendapatkan gula tambahan. Maka jika Anda ingin terbebas dari jerawat sebaiknya hindari sebisa mungkin konsumsi makanan manis.

· Makanan siap saji

Big sandwich – hamburger with juicy beef burger, cheese, tomato, and red onion on wooden background

Ada banyak sekali jenis makanan siap saji seperti misalnya burger, pizza, sosis, dan lain sebagainya. Jenis makanan siap saji menjadi makanan penyebab jerawat karena mengandung karbohidrat olahan, lemak dan kalori yang buruk untuk kesehatan jika berlebihan. Selain itu juga tak sehat untuk tubuh Anda.

· Produk olahan susu

Makanan yang terbuat dari olahan susu seperti keju, yoghurt hingga es krim bisa membuat seseorang beresiko 4 kali lebih besar ketimbang mereka yang tak rutin mengkonsumsinya. Sebaiknya ganti konsumsi makanan olahan susu dengan jenis makanan lainnya.

· Nasi putih dan mie instan

Bahwa nasi putih panas atau mie instan bisa  mengandung kalori tinggi yang bisa memicu untuk peningkatan minyak di kulit wajah.

· Telur

Kandungan protein dalam telur diketahui bisa menyebabkan peradangan di kulit wajah yang kemudian berakibat pada munculnya jerawat. Apalagi untuk jenis telur bukan organik yang umumnya mengandung antibiotik, pestisida dan hormon tinggi penyebab jerawat paling tinggi.

Sebaiknya Konsumsi Makanan yang Bisa Membuat Kulit Bebas Jerawat

Jika sudah mengetahui apa saja jenis makanan yang menjadi penyebab dari munculnya jerawat, maka sebaiknya Anda perbanyak konsumsi makanan yang baik untuk kesehatan kulit wajah sehingga bebas dari jerawat. Seperti misalnya konsumsi wortel yang mengandung vitamin A yang selain berguna untuk kesehatan mata juga untuk kesehatan kulit wajah.

Selain wortel, Anda juga bisa konsumsi buah alpukat yang lezat serta lembut. Buah alpukat mengandung vitamin E dan C yang secara alami akan bekerja untuk melembabkan kulit wajah dan mengurangi terjadinya peradangan pada kulit wajah.

Konsumsi buah alpukat ketika sedang muncul jerawat akan sangat membantu untuk mengurangi peradangan yang terjadi sehingga jerawat lebih cepat hilang. Dan konsumsi mentimun yang mengandung vitamin C cukup tinggi serta memiliki serat yang berfungsi untuk mengatasi peradangan pada kulit yang berjerawat.

Selain dikonsumsi, mentimun juga bisa dijadikan masker untuk mendinginkan kulit wajah. Sayuran yang mengandung serat tinggi juga sangat membantu untuk membuat kulit wajah Anda lebih sehat dan bebas dari jerawat. Sekian ulasan singkat tentang beberapa jenis makanan penyebab jerawat.

Ingin tahu tips dan trik seputar kesehatan kulit wajah lainnya? Simak selengkapnya hanya di Ngovee. Download  aplikasi Ngovee melalui Google Play Store maupun App Store untuk mendapatkan referensi obat dan suplemen yang terbaik. Dapatkan vitamin berkualitas hanya dari Ngovee.