Berapa Banyak Seharusnya Minum Air Putih dalam Sehari?

Kita ketahui bersama kalau tubuh manusia ini 60% merupakan air. Anda akan kekurangan air terutama melalui urin dan keringat. Sehingga agar anda tidak dehidrasi maka anda perlu memenuhi asupan air yang cukup. Ada banyak pendapat yang berbeda mengenai berapa banyak air putih yang harus diminum. Kalau otoritas kesehatan pastinya merekomendasikan untuk minum 8 gelas air putih perhari atau 2 liter. 

Ada juga guru kesehatan yang menyarankan untuk mengkonsumsi air sepanjang hari, bahkan ketika anda tidak haus. Namun semua itu memang bergantung dari setiap individu masing-masing. Tentunya ada banyak faktor baik internal dan eksternal yang mempengaruhi kebutuhan air anda. 

Apakah Asupan Air Mempengaruhi Energi dan Fungsi Otak? 

Banyak orang yang mengklaim kalau anda kekurangan air maka tingkat energi dan fungsi otak akan mulai menurun. Terdapat sebuah penelitian yang menyebutkan kalau wanita menghasilkan cairan 1,36% setelah melakukan olahraga. 

Kemudian dehidrasi ringan yang disebabkan oleh olahraga ini bisa merusak aspek lain dan fungsi otak. Ketika anda mengalami dehidrasi ringan bisa mempengaruhi kinerja fisik yang negatif dan bisa menyebabkan daya tahan tubuh akan menurun. 

Apakah Minum Banyak Air Bisa Membantu Menurunkan Berat Badan? 

Terdapat banyak orang yang klaim kalau peningkatan asupan air pada tubuh bisa membantu menurunkan berat badan. Hal ini terjadi karena adanya peningkatan metabolisme dan mengurangi nafsu makan. Apabila anda minum air putih 500 ml maka bisa meningkatkan metabolisme sampai 24-30%. 

Para penelitian menyebutkan kalau mengkonsumsi air 2 liter per hari bisa meningkatkan pengeluaran energi sekitar 96 kalori per hari. Selain itu dengan minum air putih dingin bisa bermanfaat untuk tubuh dalam mengeluarkan banyak kalori untuk memanaskan udara ke suhu tubuh. Kemudian minum air putih setengah jam sebelum makan bisa mengurangi jumlah kalori yang anda konsumsi. 

Ketika anda minum 500 ml setengah jam sebelum makan ini bisa membantu menurunkan berat badan selama 12 minggu dibandingkan mereka yang tidak melakukannya. Sehingga dapat dikatakan kalau mengkonsumsi minum sebelum makan ini bisa membantu anda untuk menurunkan berat badan yang signifikan. Tentunya ini bisa anda kombinasikan dengan diet sehat. Selain itu mencukupi asupan air ini juga sangat baik untuk menjaga kesehatan. 

Apakah Minum Air Lebih Banyak Bisa Mencegah Terjadinya Masalah Kesehatan? 

Ada beberapa masalah yang bisa ditangani dengan meningkatkan mengkonsumsi air putih. Selengkapnya berikut ini penjelasannya : 

  1. Sembelit : dengan mengkonsumsi banyak air maka bisa membantu anda untuk mengatasi masalah sembelit. 
  2. Kanker : ada beberapa penelitian yang menyebutkan kalau minum air banyak bisa mengurangi kandung kemih, dan kanker kolorektal. 
  3. Batu ginjal : ketika minum air yang cukup bisa mengurangi terkena batu ginjal. 
  4. Jerawat dan hidrasi kulit : ketika anda rajin untuk mengkonsumsi air maka bisa mengurangi dan bisa melembabkan kulit sehingga bisa untuk mengurangi jerawat. 

Jadi dapat dikatakan kalau banyak mengkonsumsi air minum bisa membantu mengatasi berbagai masalah kesehatan seperti batu ginjal, sembelit dan masalah kesehatan lainnya. 

Apakah Cairan Lainnya yang Bisa Memenuhi Total Kebutuhan Anda? 

Ternyata air bukanlah satu-satunya yang berkontribusi dalam menjaga keseimbangan cairan tubuh. Tentunya makanan dan minuman lainnya juga memiliki efek yang sangat signifikan. Salah satu mitos menyebutkan kalau minum minuman yang berkafein seperti kopi dan teh ini tidak bisa membantu anda terhidrasi karena memiliki sifat yang diuretik. 

Sebagian besar makanan yang berserat seperti ikan, daging, dan telur serta buah-buahan ini semuanya mengandung porsi yang besar. Sehingga kopi atau teh sebenarnya juga bisa membantu keseimbangan cairan tubuh.

Mempercayai kalau haus itu ada untuk suatu alasan

Menjaga keseimbangan itu sangat penting untuk menjaga kelangsungan hidup anda. Dalam hal ini tubuh harus memiliki sistem yang canggih dalam mengatur dan kapan anda akan minum. Ketika kadar total air anda ada di bawah level tertentu maka ini bisa menyebabkan anda harus. Hal ini dikendalikan oleh mekanisme yang mirip dengan pernapasan sehingga anda tidak perlu sadar untuk memikirkannya. 

Sehingga bagi sebagian orang ada yang tidak khawatir akan asupan air, karena insting haus bisa dikendalikan. Ada yang mengatakan kalau dalam keadaan tertentu anda memerlukan asupan air yang cukup. 

Salah satu yang paling penting ketika anda berkeringat saat berolahraga dan cuaca panas. Maka dari itu pastikan anda segera memenuhi asupan air yang hilang. Selain itu ketika ibu menyusui juga memerlukan asupan air yang cukup. Selain itu ketika anda sedang sakit seperti muntah dan diare maka dianjurkan untuk memenuhi kebutuhan air yang cukup. 

– – – – – – Editorial Pick – – – – – –
7 Manfaat Ajaib Air Putih
Bolehkah Minum Kopi Saat Sakit?
Wah, Banyak Manfaat Minum Susu Sebelum Tidur
Kapan Waktu Terbaik Minum Kopi?
Yuk Coba Minuman Penurun Darah Tinggi Ini Biar Lebih Sehat!
Intip 6 Daftar Minuman Pengontrol Diabetes

Berapa Banyak Air yang Terbaik Untuk Tubuh? 

Pada akhirnya tidak ada yang bisa memberitahu berapa banyak air yang dibutuhkan oleh tubuh. Semua itu kembali pada individu masing-masing. Sehingga anda pun bisa bereksperimen melihat mana yang cocok untuk anda sendiri. Ada orang yang bisa menggunakan banyak air, tetapi juga ada yang harus pergi ke kamar mandi. 

Apabila anda ingin segala sesuatunya menjadi lebih sederhana maka anda bisa berpedoman yang bisa digunakan untuk banyak orang. Minum ketika haus, dan berhenti ketika sudah tidak haus. Kemudian ketika olahraga maka anda perlu mengganti cairan yang hilang.

Tetap update seputar informasi kesehatan dengan mendaftarkan email Anda ke Ngovee. Penuhi kebutuhan vitamin harianmu dengan mengunduh aplikasi Lifepack yang tersedia di Google Play Store dan App Store.