Berbagai Jenis Olahraga Kardio

Ditinjau oleh : dr. Amanda Ismoetia
Olahraga kardio adalah olahraga dengan gerakan-gerakan yang mampu membuat jantung manusia menjadi lebih sehat. Olahraga kardio akan membuat otot kita lebih banyak bergerak secara berkelanjutan dalam durasi yang sudah ditentukan.

Menurut ilmu kesehatan, olahraga kardio mampu membuat detak jantung manusia berada di tingkat 50% dari detak jantung maksimal. Ada beberapa jenis olahraga kardio yang umumnya dilakukan oleh orang-orang. Setiap jenis dari olahraga kardio tentunya memberikan manfaat yang berbeda-beda bagi tubuh manusia.

Manfaat Olahraga Kardio

Manfaat utama olahraga kardio adalah menjaga kesehatan jantung. Tak hanya itu, olahraga kardio juga memiliki manfaat lain seperti meningkatkan kemampuan dari paru-paru, membuat tulang dan persendian menjadi lebih kuat, menghilangkan stres, dan membuat tidur menjadi lebih berkualitas.

Jenis-Jenis Olahraga Kardio

Ada berbagai macam olahraga kardio yang umumnya dilakukan oleh orang-orang :

1. Cross Jack

Jenis yang pertama adalah Cross Jack. Cross Jack adalah melompat dengan menyilangkan kaki dan tangan secara bergantian. Gerakan ini sangatlah simpel dan kamu tidak memerlukan tempat yang luas untuk melakukannya.

2. Jumping Lunges

Jenis yang kedua adalah Jumping Lunges. Jumping Lunges adalah melompat dari posisi setengah jongkok atau kuda-kuda. Dengan melakukan gerakan ini nantinya tidak hanya jantung yang sehat, namun kaki kamu juga akan menjadi lebih kuat.

3. Plank To Knee Tap

Jenis yang ketiga adalah Plank To Knee Tap. Gerakan ini dimulai dari posisi plank dan menahan nafas di perut. Selanjutnya lakukan gerakan dimana tangan kanan menyentuh kaki tepatnya pada bagian tulang kering.

4. Truck Jump

Jenis olahraga kardio yang keempat adalah Truck Jump. Gerakan ini cukup simpel, kamu cukup merentangkan tangan ke depan dada dan lompat dengan posisi kaki sedikit ditekuk. Lakukan terus dengan durasi kurang lebih 1 menit.

5. Fast Feet Shuffle

Jenis yang kelima adalah Fast Feet Shuffle. Jauhkan kaki kanan 3-4 langkah dan gerakkan kaki kanan ke arah sebaliknya. Untuk hasil yang maksimal kamu harus mempertahankan posisi tubuh dan mengencangkan perut ketika melakukan gerakan.

6. Step Up

Jenis yang keenam adalah Step Up. Step Up adalah melompat ke atas kursi dengan salah satu kaki secara bergantian. Di sini kamu membutuhkan kursi yang kuat dan tentunya dengan permukaan yang tidak terlalu licin.

7. Inchworm

Jenis yang ketujuh adalah Inchworm. Inchworm dimulai dengan posisi push up. Selanjutnya kamu menggerakkan kedua tanganmu mendekati lutut dan kembali ke posisi awal. Ulangi gerakan ini selama kurang lebih 1 menit.

8. Circle Hop Squat

Jenis yang kedelapan adalah Circle Hop Squat. Circle Hop Squat dimulai dengan posisi setengah jongkok dan kedua tangan lurus ke depan. Setelah itu lakukan lompatan dan ketika mendarat harus kembali ke posisi awal.

9. Latihan Renang

Jenis yang kesembilan adalah Latihan renang. Di tengah pandemi Covid-19, disarankan untuk kamu yang ingin latihan renang supaya melakukannya di rumah masing-masing. Apabila kamu tidak punya kolam renang, maka disarankan untuk melakukan olahraga lain.

10.  Naik Turun Tangga

Jenis olahraga kardio yang kesepuluh adalah naik turun tangga. Gerakan ini sangatlah simpel, kamu hanya perlu melompat pada 3 anak tangga dan kembali lagi ke lantai awal. Lakukan gerakan ini secara berulang selama kurang lebih 1 menit.

Tim dokter jovee, dr.Amanda Ismoetia menambahkan, Pastikan olahraga yang dilakukan sudah tepat sesuai dengan yang tubuh butuhkan. Perhatikan kondisi tubuh jika ada riwayat penyakit jantung, diabetes dan penyakit kronis lain. Sebelum melakukan olahraga, jangan sembarangan melakukan aktivitas fisik/olahraga yang berat. Jika memiliki riwayat kesehatan yang terganggu, lebih baik konsultasikan dulu ke dokter/ahli untuk menyesuaikan aktivitas olahraga yang sesuai dengan kondisi kesehatan tubuh karena setiap orang memiliki kondisi kesehatan yang berbeda.

Kamu ingin tips menarik lain untuk menjaga kesehatan kamu? Dapatkan selengkapnya di Ngovee. Unduh aplikasi Ngovee di Google Play Store maupun App Store agar kamu mendapatkan rekomendasi suplemen terbaik.