Bisul Disebabkan Oleh Makanan? Simak Informasinya Di Sini

Ditinjau oleh: Kelvin Halim, S. Gz.
Salah satu penyakit yang sangat lumrah dialami oleh sebagian besar masyarakat ialah penyakit bisul. Hal ini dapat terjadi karena kesehatan kulit yang buruk, ditambah dengan konsumsi makanan penyebab bisul dan juga bakteri yang menyerang struktur jaringan kulit dalam. Kulit yang terinfeksi biasanya akan memerah dan muncul benjolan ukuran sedang.

Area kulit yang sering menjadi tempat kemunculan bisul ini dapat ditandai di daerah punggung, pantat, selangkangan, leher, hingga area wajah. Bakteri penyebab bisul ini dinamakan staphylococcus aureus yang hidup di area yang lembab. Selain bakteri, terdapat juga makanan yang dapat menyebabkan bisul ini muncul di area wajah.

Makanan Penyebab Timbulnya Bisul

Bisul yang disebabkan oleh makanan umumnya dipicu oleh konsumsi makanan tertentu secara berlebihan, sehingga hasilnya memicu timbulnya bisul di area kulit. Nah, berikut ini dipaparkan beberapa makanan penyebab bisul yang dapat dihindari, diantaranya:

· Makanan cepat saji dan juga memiliki kandungan lemak tinggi

Penyebab timbulnya bisul dapat diketahui dari konsumsi makanan cepat saji atau junk food. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan lemak jenuh serta minyak nabati olahan yang mana dapat meningkatkan produksi hormon sejenis insulin dalam kategori banyak. Hal tersebut tentunya membuat folikel pada kulit menjadi mudah terinfeksi bakteri.

Minyak digunakan dalam menggoreng makanan cepat saji juga merupakan salah satu pemicu timbulnya bisul atau jerawat pada area muka. Tak heran, konsumsi makanan cepat saji akan memberikan efek pada wajah yang cenderung berjerawat serta menimbulkan bisul pada bagian tubuh tertentu.

·         Makanan Manis

Makanan yang juga dapat memicu timbulnya bisul yakni makanan manis. Hal ini karena dalam makanan manis terkandung gula yang punya indeks glikemik yang tinggi, dimana hal tersebut membuat kerja insulin tambah berat dan memacu kelenjar minyak memproduksi lebih banyak minyak dalam tubuh. Sehingga tidak dipungkiri dapat menyebabkan timbulnya bisul/jerawat.

· Susu

Penyebab bisul lainnya yakni dari konsumsi makanan yang berasal dari susu. Susu diyakini dapat menimbulkan terjadinya bisul dalam tubuh karena kandungan protein yang tinggi dalam susu. Kandungan protein yang tinggi tersebut membuat potensi timbulnya bisul atau jerawat menjadi lebih mudah.

Kiat Mencegah Bisul

Guna mencegah timbulnya bisul di area kulit, berikut beberapa tips mudah yang dapat dilakukan secara sederhana dan juga rutin setiap harinya. Apa saja tips dalam mencegah timbulnya bisul atau jerawat pada area kulit? Berikut informasinya tentang upaya mencegah bisul secara mudah dan efektif.:

·         Menutup luka pada kulit dengan perban steril yang kering

Ketika kulit mengalami luka ataupun lecet, usahakan untuk menutupnya hingga kering dan sembuh. Karena hal tersebut menjaga kulit dari infeksi bakteri maupun kuman

·         Menghindari makanan pemicu jerawat

Bisul merupakan masalah yang kerap kali terjadi karena konsumsi makanan tertentu. Maka, usahakan untuk menghindari konsumsi makanan dengan kandungan gula yang tinggi atau lemak yang tinggi. Pilihlah makanan yang memiliki kandungan gula dan lemak secara rendah.

·         Tidak berbagi perlengkapan pribadi

Usahakan untuk tidak menggunakan perlengkapan pribadi secara bersama-sama, seperti halnya handuk, sisir, pisau cukur dan lain sebagainya. Hal ini karena bakteri staphylococcus dapat menyebar dari satu individu ke individu yang lainnya.

Demikian tadi informasi mengenai makanan penyebab bisul dan juga kiat mencegah bisul secara sederhana. Semoga dapat bermanfaat.

Ketahui info kesehatan lebih lanjut hanya dari Ngovee. Pastikan juga untuk mengunduh aplikasi ini pada Google Play Store maupun App Store guna mengetahui informasi kesehatan terbaik dari Ngovee.