Manfaat Buah Kersen : Buah Kecil Bagi Kesehatan Tubuh

Ditinjau oleh: Kelvin Halim, S. Gz.

Kecil-kecil cabai rawit, bisa jadi ungkapan yang pas diberikan kepada buah yang satu ini. Buah yang bentuknya sangat mirip dengan buah ceri ini namanya adalah buah kersen. Walaupun ukurannya yang kecil, namun memiliki beragam manfaat bagi kesehatan tubuh. Rasanya yang manis juga membuat buah ini disenangi oleh anak-anak. 

Buah kersen dengan nama latinnya Muntingia calabura, bermanfaat dalam pencegahan dan penyembuhan penyakit pada tubuh manusia. Buah kersen banyak dijumpai dan dapat tumbuh dengan baik di daerah tropis seperti Indonesia, Malaysia, Filipina, Meksiko, India, dan Amerika Selatan. Di Indonesia sendiri pohon buah kersen dapat ditemui di halaman depan rumah atau di sekolah. Namun sepertinya belum banyak juga orang yang mengetahui manfaat buah kersen bagi kesehatan.

Buah kersen dapat dinikmati dengan cara dimakan langsung atau diekstrak agar dapat diseduh menjadi teh. Tidak hanya buahnya yang bermanfaat, daun kersen pun juga memiliki berbagai manfaat dan dapat dikonsumsi dengan dijadikan teh terlebih dahulu.  Cara mengonsumsi buah kersen sendiri juga beragam. Mulai dari memakannya langsung dalam kondisi mentah, diolah menjadi selai dan jeli atau dipanggang. 

Manfaat buah kersen bagi kesehatan

manfaat buah kersen

1. Memiliki kandungan antibakteri yang baik bagi kesehatan

Perhatian dunia medis saat ini salah satunya tertuju pada kondisi beberapa bakteri yang sudah resisten terhadap antibiotik yang diproduksi oleh perusahaan farmasi berdasarkan ilmu kedokteran. Penggunaan antibiotik yang berlebihan membuat bakteri bermutasi sehingga menghasilkan strain yang lebih kuat dan kebal terhadap antibiotik. Buah kersen diyakini mampu melawan bakteri usus dan difteri. 

2. Kandungan vitamin C yang tinggi

Pada sebuah studi, buah kersen yang kaya akan vitamin C dapat membantu merangsang sistem kekebalan tubuh. Buah kersen dapat memberikan pertahanan alami terhadap flu dan gejalanya, seperti hidung tersumbat dan bersin-bersin. Vitamin C dapat mempersingkat durasi penyakit. Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2013 menyatakan bahwa vitamin mengurangi periode pilek dengan margin yang baik untuk orang dewasa dan anak-anak. 

Kandungan vitamin c yang tinggi pada buah kersen ini juga menjadikan buah kersen sebagai buah yang direkomendasikan untuk dikonsumsi untuk menjaga kesehatan tubuh. Vitamin C dinilai lebih baik dan efektif untuk menjaga kesehatan tubuh dibandingkan vitamin lainnya seperti vitamin A. 

3. Mencegah tukak lambung

Buah kersen dapat menangkal asam lambung dan memberikan perisai pada selaput lendir lambung sekaligus mengurangi keasaman kandungan lambung. Manfaat ini berdasarkan sifat buah kersen sebagai anti inflamasi. Terdapat studi yang menyatakan bahwa efek buah kersen terhadap aktivitas lambung dapat dibandingkan dengan obat yang disebut Omeprazole, atau yang lebih populer dijual dengan nama Prilosec atau Losec. yaitu obat pengobatan untuk mulas, penyakit gastroesophageal reflux, penyakit maag, dan penyakit terkait lainnya.

4. Pereda nyeri dan anti inflamasi

Buah kersen dapat berperan sebagai pereda nyeri dan teh kersen memblokir reseptor nyeri. Sel-sel saraf dalam tubuh menerima rangsangan nyeri dan mereka mengirim pesan ke otak dan sumsum tulang belakang dan tubuh tidak lagi mengalami rasa sakit. Teh kersen memblokir pesan agar tidak terkirim dan tidak menimbulkan efek samping. Selain itu, masalah yang paling umum dengan peradangan datang dalam bentuk pembengkakan sendi dan jaringan serta demam. Buah kersen dengan kandungan anti inflamasinya dapat mengatasi keluhan tersebut.

5. Buah Kecil yang Kaya serat

Tekstur buah kersen yang berair menjadi indikasi kuat bahwa buah ini kaya akan serat. Agar kebutuhan serat alami tubuh terpenuhi, disarankan untuk mengonsumsi buah kersen lebih dari segenggam tangan.

6. Solusi asam urat

Buah kersen telah dipercaya selama beberapa abad dapat mengobati asam urat secara tradisional. Buah kersen merupakan penghilang rasa sakit alami yang dapat mengatasi asam urat dengan cara yang lebih mudah. Sifat anti peradangan yang terdapat pada buah kersen juga mendukung fungsinya untuk mengobati asam urat.

Mengonsumsi buah Kersen setidaknya 9-12 buah beri setiap hari, dapat membantu mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh asam urat, yang menimbulkan artritis. Nyeri sendi atau artritis  ini biasanya berkembang dengan mengonsumsi terlalu banyak jenis makanan namun minum terlalu sedikit air. Peradangan dapat dipicu dengan adanya penambahan kandungan asam urat yang semakin tinggi dibandingkan dengan deposit asam urat di persendian. Namun hal ini dapat diatasi dengan mengonsumsi buah kersen yang memiliki sifat anti inflamasi.

7. Memiliki kandungan antioksidan yang tinggi

Oksidasi adalah proses kimiawi yang terjadi dalam tubuh dan melepaskan radikal bebas. Radikal bebas yang merusak ini membentuk rantai dan dianggap sebagai penyebab kanker dan penyakit lainnya. Antioksidan membunuh radikal bebas, dan buah kersen mengandung senyawa flavonoid dan fenolik yang berbeda yang dapat melawan radikal bebas pemicu kanker. 

8. Mengandung banyak nutrisi penting yang baik untuk tubuh

Buah kersen mengandung serat, karbohidrat, protein, kalsium, fosfor, zat besi, dan vitamin B yang dapat membuat suasana hati menjadi baik dan tetap bagus. Dengan bebrbagai macam kandungan baik pada buah kersen ini, tidak heran jika buah kersen menjadi makanan pokok di beberapa negara di dunia.

9. Menurunkan tekanan darah tinggi

Tidak hanya dapat dimakan secara langsung, buah kersen juga dapat diolah menjadi teh dengan merebus buah atau daunnya. Teh kersen memiliki oksida nitrat, yang melemaskan pembuluh darah dan memungkinkan darah mengalir dengan bebas dan mengurangi tekanan. Kondisi tekanan darah tinggi terjadi ketika pembuluh darah menyempit dan sulit bergerak di seluruh tubuh serta memberi tekanan pada pembuluh yang menyebabkan serangan jantung dan stroke.

10. Dapat membantu meredakan sakit kepala

Buah kersen baik dikonsumsi bagi mereka yang sering merasakan sakit kepala. Hal ini sejalan juga dengan manfaat buah kersen yang dapat melemaskan pembuluh darah dan membuat darah mengalir dengan lancar dan bebas.

11. Baik untuk kesehatan jantung

Sebuah jurnal yang diterbitkan di Singapore Medical Journal pada tahun 2009, menemukan ekstrak daun buah kersen memiliki efek perlindungan dalam serum dan jaringan jantung. Ekstrak yang dihasilkan dapat menurunkan aktivitas enzim penanda yang berdampak negatif pada kesehatan jantung dan kadar asam urat sebagai unsur limbah yang terbentuk secara alami dalam tubuh. Kondisi kadar asam urat yang tinggi dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, penyakit jantung, dan penyakit ginjal

Manfaat Buah Kersen Bagi Penderita Diabetes

Penderita diabetes disarankan untuk selalu berhati-hati dalam mengonsumsi makanan, termasuk buah sekalipun. Mereka harus terus memantau kadar gula darah dan minum obat atau suntikan untuk menjaga kestabilan gula darahnya. Sebuah penelitian dilakukan oleh Asian Pacific Journal of Tropical Biomedicine tahun 2011, para peneliti menyelidiki efek 500 miligram ekstrak buah Kersen pada tes toleransi glukosa oral atau oral glucose tolerance test (OGTT) – sebuah metode yang membantu mendiagnosis diabetes – pada tikus diabetes. Para peneliti menemukan pra-pengobatan dengan ekstrak 500mg ini menyebabkan penurunan yang signifikan dalam peningkatan kadar gula darah dalam waktu satu jam, yang berarti dapat membantu mengendalikan diabetes. 

Berdasarkan hasil studi, buah kersen dapat membantu menurunkan gula darah, dan dengan mengonsumsi buah kersen secara teratur, perlahan dapat mengurangi dosis penggunaan obat atau menurunkan dosis injeksi. Kandungan saponin dan flavonoid pada buah kersen adalah kandungan yang bertindak sebagai antioksidan sehingga dapat menghasilkan hormon insulin alami yang dibutuhkan tubuh untuk menormalkan gula darah. 

Saat ini, manfaat buah kersen bagi tubuh juga masih terus diteliti dan dikembangkan.  Penelitian awal menyebutkan bahwa buah kersen memiliki sifat anti kanker. Hal ini dapat dikaitkan dengan keberadaan flavonoid pada daun pohon, yang dapat mencegah perkembangan tumor kanker.

Dari sejumlah manfaat buah kersen dan keuntungan mengonsumsi buah kersen bagi kesehatan, perlu diperhatikan pula jika tubuh memberikan respon alergi terhadap buah kersen, khususnya bagi mereka yang memiliki alergi terhadap beberapa jenis buah beri. Kamu juga tidak disarankan untuk hanya mengonsumsi buah kersen saja jika ada gejala-gejala penyakit tertentu yang bisa dibantu dengan mengonsumsi buah kersen. Pastikan kamu berkonsultasi dengan dokter dan mendapatkan penanganan yang tepat serta obat yang sesuai dengan keluhan yang kamu rasakan. 

Itulah 11 manfaat dari buah kersen yang tim Ngovee kumpulkan. Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, tetap berhati-hati dan konsultasikan ke dokter jika ada reaksi yang timbul setelah mengonsumsi buah kersen. 

Penasaran dengan manfaat buah yang lain? Simak artikel seputar tips dan trik kesehatan lainnya di Ngovee. Unduh juga aplikasi Jovee melalui Play Store dan App Store serta dapatkan suplemen personalmu

Penulis : Filza Intan M

Baca Juga : 

10 Manfaat Apel, Buah Paling Populer Seantero Dunia!
Inilah Manfaat Buah Belimbing yang Perlu Anda Ketahui
10 Manfaat Anggur, Buah Tertua yang Dikonsumsi Manusia

Referensi : 

Health Benefits Of Kerson Fruit. Pulseplus

11 Health Benefits of Kerson Fruits Many People Don’t Know. Consumer Health Digest

13 Wonderful Health Benefits Of Kerson Fruits You May Not Know. Lifehack

8 HEALTH BENEFITS OF KERSON FRUIT / ARATILES. Practical Health and Wellness Solution

The Miracle Fruit 6 health Conditions Kerson Fruit Good. Medical Daily

Health Benefits Kerson Fruit. Dr Health Benefits