Cara Memanjangkan Rambut dengan Cepat Menurut Sains

Ditinjau oleh: Kelvin Halim, S. Gz.

Rambut merupakan bagian tubuh yang sangat penting sebagai pelengkap penampilan. Baik pria maupun wanita selalu berusaha tampil menarik dengan mengatur rambutnya sedemikian rupa. Banyak yang bertanya-tanya bagaimana cara memanjangkan rambut dengan cepat. Pertanyaan ini makin relevan untuk Anda yang menyesal setelah memotong rambut dan tidak sesuai ekspektasi Anda.

Secara alami, rambut Anda tumbuh sekitar 1,25 – 2 cm per bulan. Namun, pertumbuhan rambut itu tergantung dari kondisi personal Anda, baik itu usia, kesehatan, genetik dan pola makan. Ada pula perawatan kesehatan yang berpengaruh terhadap pertumbuhan rambut, seperti kemoterapi yang akan membuat rambut Anda rontok.

Tetapi, jangan khawatir kalau rambut Anda rontok. Menurut American Academy of Dermatology (AAD) adalah normal kehilangan 50 sampai 100 rambut per hari. Jumlah itu tidak berarti banyak jika dibandingkan dengan jumlah folikel rambut di dalam kepala Anda, yaitu sekitar 100.000.

Namun, kerontokan masih tetap dapat terjadi karena beberapa hal seperti usia, genetik, kesehatan dan pola makan. Nah, faktor usia dan genetik tentunya tidak bisa Anda kendalikan.

Bisakah Memanjangkan Rambut dengan Cepat?

Genetika memang memainkan peran yang sangat penting pada pertumbuhan rambut, tetapi itu bukan satu-satunya faktor. Ada beberapa faktor lain yang turut serta bertanggung jawab terhadap pertumbuhan rambut.

Meskipun tidak ada ramuan ajaib atau cara yang memberikan hasil instan terhadap pertumbuhan rambut, ada beberapa cara yang mungkin dapat Anda praktekkan untuk memanjangkan rambut dengan cepat.

Berikut 10 cara memanjangkan rambut dengan cepat:

1.   Hindari Diet Ekstrim

Diet ekstrim dapat berpengaruh terhadap pertumbuhan rambut
Diet ekstrim dapat berpengaruh terhadap pertumbuhan rambut

Anda tidak dapat mengontrol semua yang memengaruhi pertumbuhan rambut kita. Tetapi ada hal-hal yang dapat kita hindari yang dapat menyebabkan gangguan pertumbuhan dan peningkatan kerontokan. Melakukan diet secara ekstrim adalah salah satu di antaranya. Diet ekstrim dapat menurunkan sumber daya dan nutrisi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan rambut.

Pertumbuhan rambut merupakan prioritas yang relatif rendah dibandingkan dengan fungsi tubuh lainnya. Oleh karena itu, pertumbuhan rambut akan terhenti dengan cepat ketika tubuh Anda sedang stres akibat menjalani diet ekstrim.

Karena pertumbuhan rambut merupakan prioritas yang rendah, asupan nutrisi yang kurang baik karena diet ekstrim akan disalurkan pada fungsi tubuh lainnya yang lebih penting. Akibatnya, pertumbuhan rambut akan berjalan lambat bahkan bisa mengakibatkan kerontokan.

Cara memanjangkan rambut dengan cepat ini dapat digunakan dengan menghindari diet yang dilakukan secara ekstrim.

2.   Tingkatkan Konsumsi Nutrisi Lengkap

Selain baik untuk kesehatan secara keseluruhan, melengkapi asupan nutrisi adalah salah satu cara memanjangkan rambut
Selain baik untuk kesehatan secara keseluruhan, melengkapi asupan nutrisi adalah salah satu cara memanjangkan rambut

Vitamin, mineral, dan asam lemak tertentu sangat penting untuk kesehatan Anda secara keseluruhan dan juga memainkan peran kunci dalam menyediakan energi yang dibutuhkan tubuh untuk memanjangkan rambut dengan cepat. Nutrisi lengkap termasuk:

  • Biotin
  • Vitamin C
  • Vitamin D
  • Vitamin E.
  • Zinc
  • Zat besi
  • Omega-3 dan Omega-6

Sebuah penelitian yang dipublikasikan di National Center for Biotechnology Information (NCBI) menemukan bahwa mengkonsumsi suplemen omega-3 dan omega-6 selama 6 bulan dapat membantu melindungi Anda dari kerontokan rambut.

Data dari penelitian lain menunjukkan bahwa kadar zinc yang lebih rendah berpotensi lebih tinggi dalam kerontokan rambut. Beberapa studi literatur menemukan ada sekitar 18 kasus yang dilaporkan menunjukkan perbaikan klinis pada kesehatan rambut dan kuku setelah mengkonsumsi suplemen yang mengandung biotin.

3.   Konsumsi Lebih Banyak Telur

Telur adalah salah satu asupan yang baik untuk kesehatan rambut
Telur adalah salah satu asupan yang baik untuk kesehatan rambut

Telur merupakan sumber protein dan biotin yang baik, dua nutrisi penting dalam pertumbuhan rambut yang dapat memanjangkan rambut dengan cepat.

Mengkonsumsi protein yang cukup penting untuk pertumbuhan rambut karena folikel rambut sebagian besar terbuat dari protein. Kekurangan protein dalam makanan terbukti meningkatkan kerontokan rambut.

Biotin sangat penting untuk produksi protein rambut yang disebut keratin, itulah sebabnya suplemen biotin sering dipasarkan untuk pertumbuhan rambut. Penelitian juga menunjukkan bahwa mengonsumsi lebih banyak biotin dapat membantu meningkatkan pertumbuhan rambut pada orang yang kekurangan biotin.

Namun, kekurangan biotin jarang terjadi jika Anda mengonsumsi makanan seimbang. Ada sedikit bukti yang menunjukkan orang sehat mendapat manfaat dari mengonsumsi lebih banyak biotin.

Telur juga merupakan sumber zinc, selenium, dan nutrisi sehat rambut lainnya. Ini menjadikannya salah satu makanan terbaik untuk dikonsumsi untuk memanjangkan rambut dengan cepat secara alami.

4.   Pijat Lembut Kulit Kepala Anda

Cara memanjangkan rambut yang mudah adalah dengan memijat lembut kepala
Cara memanjangkan rambut yang mudah adalah dengan memijat lembut kepala

Memijat lembut kulit kepala dapat membantu meningkatkan relaksasi dan menghilangkan stres. Menurut sebuah studi kecil tahun 2016, memijat kulit kepala juga dapat membantu meningkatkan kesehatan rambut Anda dan merupakan cara memanjangkan rambut dengan cepat.

Studi tersebut meneliti efektivitas pijat kulit kepala setiap hari selama 4 menit. Setelah 24 minggu, para peneliti menemukan bahwa sembilan pria yang terlibat dalam penelitian ini memiliki rambut yang lebih tebal dan panjang daripada mereka yang tidak melakukan pijatan.

Meskipun penelitian tersebut mengabaikan beberapa faktor yang dapat berpengaruh terhadap pertumbuhan rambut, memijat lembut kulit kepala diperkirakan dapat membantu melebarkan pembuluh darah di bawah kulit. Hal ini, pada gilirannya, dapat menyebabkan rambut lebih tebal dan lebih kuat yang cenderung tidak mudah patah atau rusak.

5.   Jangan Terlalu Sering Mewarnai Rambut Anda

Terlalu sering mewarnai rambut dapat merusak rambut dan berpengaruh terhadap pertumbuhan rambut
Terlalu sering mewarnai rambut dapat merusak rambut dan berpengaruh terhadap pertumbuhan rambut

Pewarna rambut mengandung beberapa zat kimia yang dapat berpengaruh terhadap pertumbuhan rambut. Ketika Anda mewarnai rambut, zat kimia tersebut akan bereaksi terhadap kulit kepala sehingga dapat menghambat pertumbuhan rambut.

Semakin sering Anda mewarnai rambut, efektivitas tubuh dalam menumbuhkan kulit kepala bisa berkurang. Oleh karena itu, jika Anda ingin memanjangkan rambut Anda dengan cepat, hindari terlalu sering mewarnai rambut.

6.   Jangan Terlalu Sering Memanaskan Rambut

Cara memanjangkan rambut yang mudah adalah dengan menghindari terlalu sering memanaskan rambut
Cara memanjangkan rambut yang mudah adalah dengan menghindari terlalu sering memanaskan rambut

Hair dryer dan catokan rambut merupakan alat yang sering digunakan oleh para wanita. Namun, memanaskan rambut terlalu sering juga dapat berpengaruh terhadap pertumbuhan rambut dan mempengaruhi kemampuan alami tubuh dalam memanjangkan rambut dengan cepat.

Kalau memang harus menggunakan hair dryer atau catokan, usahakan gunakan suhu yang lebih rendah atau tidak terlalu panas. Hal ini terbukti dapat mengurangi potensi kerusakan dan kerontokan rambut yang dihasilkan oleh pemanasan rambut.

Penelitian yang dilakukan tahun 2011 menemukan bahwa menggunakan suplemen rambut yang melindungi dari panas dapat membantu mengurangi risiko kerusakan dan kerontokan rambut akibat pemanasan rambut dari hair dryer dan catokan rambut.

7.   Gunakan Produk yang Mengandung Kafein

Kafein punya pengaruh buruk jika Anda ingin memanjangkan rambut dengan cepat
Kafein punya pengaruh buruk jika Anda ingin memanjangkan rambut dengan cepat

Kita semua tahu bahwa kafein dapat memberikan energi tambahan. Nah, ada sebuah penelitian pada tahun 2014 yang dipublikasikan di Wiley Online Library menemukan manfaat lain dari kafein, yaitu dapat membantu memanjangkan rambut dengan cepat.

Memang belum banyak penelitian yang mendukung hasil penelitian tersebut, tetapi cara ini bisa Anda coba. Lagi pula, siapa yang tidak suka kafein? Selain memberikan energi tambahan untuk beraktivitas, mungkin bisa juga untuk membantu Anda mendapatkan cara memanjangkan rambut dengan cepat.

8.   Coba dengan Minyak Esensial

Selain wangi, minyak esensial juga bisa dijadikan salah satu alternatif cara memanjangkan rambut dengan cepat
Selain wangi, minyak esensial juga bisa dijadikan salah satu alternatif cara memanjangkan rambut dengan cepat

Minyak esensial tidak hanya wangi dan sedap dihirup, tetapi juga dapat membantu meningkatkan pertumbuhan rambut.

Sebuah penelitian menemukan bahwa dosis harian 400 miligram minyak biji labu dalam bentuk kapsul dapat meningkatkan pertumbuhan rambut pada pria. Setelah 24 minggu, pria yang mengkonsumsi minyak biji labu mengalami peningkatan jumlah rambut sebesar 40 persen.

Studi lain mengamati empat kelompok tikus, yang masing-masing diberi perawatan rambut berbeda. Perawatannya terdiri dari campuran air dengan garam (saline), minyak jojoba, minoxidil 3 persen, atau minyak peppermint 3 persen.

Studi tersebut menemukan bahwa kelompok yang diberi minyak peppermint menunjukkan pertumbuhan rambut paling banyak. Ini termasuk peningkatan yang signifikan dalam ketebalan kulit, jumlah folikel rambut dan kedalamannya.

Sebuah penelitian  lain juga menunjukkan bahwa minyak rosemary sama efektifnya dengan minoksidil, bahan aktif dalam Rogaine. Menkonsumsi dua zat itu adalah cara memanjangkan rambut dengan cepat.

9.   Konsumsi Minoxidil

Formula minoxidil
Formula minoxidil

Minoxidil merupakan formula yang sudah terbukti secara klinis sebagai cara memanjangkan rambut dengan cepat. Minoxidil adalah kandungan aktif di dalam rogaine. Meskipun beberapa obat yang mengandung minoxidil dijual bebas di apotik. Namun, untuk mendapatkan dosis tepat minoxidil diperlukan resep dokter.

Rogaine juga tidak bekerja secara optimal pada setiap orang. Membutuhkan waktu sampai 4 bulan untuk melihat hasilnya. Oleh karena itu, konsumsi rogaine yang mengandung minoxidil diperlukan pengawasan dari dokter agar mendapat hasil yang memuaskan.

10.   Memotong Rambut Secara Rutin

Memotong rambut secara berkala dapat membantu mempercepat pertumbuhan rambut
Memotong rambut secara berkala dapat membantu mempercepat pertumbuhan rambut

Memotong rambut secara rutin ternyata bisajuga dijadikan cara memanjangkan rambut dengan cepat. Namun yang perlu diperhatikan, kamu cukup memotong rambut dengan merapikan ujung-ujung rambutnya saja. Hal ini bertujuan untuk mencegah kerusakan rambut dan menghindari rambut bercabang.

Rambut yang bercabang tentu berpengaruh terhadap kecepatan pertumbuhan rambut. Cabang rambut membuat tubuh harus memberikan nutrisi pada lebih dari satu cabang sehingga memperlambat pertumbuhan rambut secara keseluruhan.

Itulah 10 cara mudah yang bisa tim Ngovee kumpulkan untuk Anda yang ingin memanjangkan rambut dengan cepat. Jika Anda mengalami kerontokan rambut yang melebihi rata-rata tanpa ada perawatan kesehatan seperti kemoterapi, segera hubungi dokter untuk dianalisa lebih jauh.

Namun, Anda tidak bisa berbuat banyak jika kerontokan atau bahkan kebotakan Anda terjadi karena faktor genetika. Memang ada perawatan-perawatan khusus seperti menanam rambut, tetapi harganya cukup mahal dan hanya bisa dilakukan oleh dokter-dokter tertentu.

Ingin tahu lebih banyak mengenai manfaat lainnya? Simak selengkapnya hanya di Ngovee. Untuk mendapatkan vitamin dan suplemen, download aplikasi Jovee lewat Google Play Store maupun App Store. Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee

Penulis: Fadhel Yafie

Referensi:

American Academy of Dermatology Association, What Kids Should Know About How Hair Grows

Healthline, 10 Best Way to Boost Hair Growth

Healthline, The 14 Best Foods for Hair Growth

National Institutes of Health | Effect of Nutritional Supplement on Hair Loss in Women

National institutes of Health | Effect of Pumpkin Seed Oil on Hair Growth in Men with Androgenetic Alopecia: A Randomized, Double-Blind, Placebo-Controlled Trial

Wiley Online Library | Differential effects of caffeine on hair shaft elongation, matrix and outer root sheath keratinocyte proliferation, and transforming growth factor‐β2/insulin‐like growth factor‐1‐mediated regulation of the hair cycle in male and female human hair follicles in vitro