Cara Memiliki Berat Badan Ideal
Dr. Fala Adinda

Siapa yang tidak ingin memiliki berat badan ideal? Semua orang tentunya ingin memiliki berat badan ideal. Memiliki berat badan ideal tidak hanya memberikan penampilan yang optimal bagi seseorang, tapi juga mempengaruhi kesehatannya. Banyak orang mencari cara memiliki berat badan ideal.

Namun pada kenyataannya masih banyak orang yang tidak memiliki berat badan ideal. Berdasarkan kata dari katadata, di Indonesia sendiri lebih dari ¼ penduduk dewasanya mengalami obesitas pada tahun 2017. Dan 37,1% berasal dari Jakarta. Data tersebut dirangkum dari Kementerian Kesehatan Indonesia.

Nyatanya, kelebihan ataupun kekurangan berat badan memiliki dampak yang buruk terhadap kesehatan. Yuk simak beberapa tips dari tim Ngovee tentang bagaimana cara memiliki berat badan ideal dan dampaknya jika memiliki berat badan yang tidak ideal.

Berat Badan Ideal

Memiliki berat badan ideal merupakan impian setiap orang. Terdapat banyak alasan untuk memiliki berat badan yang ideal, salah satunya adalah dapat memakai pakaian dengan nyaman, meningkatkan penampilan, membuat menjalani aktivitas jadi lebih mudah dan menjaga kesehatan.

Saat bertambah umur, jika kamu terus makan dengan jumlah yang sama namun tidak aktif, kemungkinan kamu akan bertambah berat badan. Karena metabolisme tubuh menurun seiring kamu bertambah umur. 

Tubuh mendapat energi dari nutrisi yang didapat dari makanan yang kamu konsumsi, dan dihitung dalam kalori. Semakin banyak kalori yang kamu konsumsi, seharusnya semakin aktif pula kamu untuk menjaga berat badan kamu. Sebaliknya semakin aktif kamu, semakin banyak kalori yang kamu butuhkan juga.

Cara Menghitung Berat Badan Ideal

Salah satu cara untuk mengukur berat badan yang ideal yaitu dengan menggunakan kalkulator BMI. BMI itu artinya Body Mass Index yaitu sebuah perhitungan dengan kalkulasi dengan dasar pada berat badan dan tinggi badan. 

Cara Menghitung BMI

BMI = Berat Badan

(Tinggi Badan)²

Kategori BMI

<18.5 Berat badan kurang

18.5-24.9 Berat badan normal

25-29.9 Berat badan berlebih

>30 Obesitas

Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan kalau BMI atau IMT ini menunjukkan angka kurang dari 18.5 maka orang tersebut memiliki risiko kekurangan berat badan. Sementara jika BMI lebih dari 25 maka orang tersebut memiliki resiko kelebihan berat badan. Yang paling bahaya adalah jika BMI kamu mencapai angka 30 yang artinya kamu sudah menderita obesitas.

Bahaya Berat Badan Tidak Ideal

Sesuatu yang berlebihan pada dasarnya tidak baik. Kurus yang berlebihan ataupun gemuk yang berlebihan memiliki dampak buruk masing-masing pada kesehatan. 

Berikut adalah beberapa dampak buruk dari berat badan tidak ideal:

Kelebihan Berat Badan

Memiliki berat badan diatas normal atau disebut juga dengan obesitas akan memicu munculnya berbagai penyakit pada tubuh seperti tekanan darah tinggi, kanker, radang pada sendi, stroke, kolesterol, dan juga gangguan pada pernafasan. 

Selain itu, kelebihan berat badan atau obesitas memiliki dampak yang buruk bagi kesehatan:

  • Gangguan memori dan fungsi kognitif
  • Diabetes
  • Tekanan darah tinggi
  • Kanker 
  • Depresi dan kualitas hidup
  • Gangguan reproduksi
  • Gangguan metabolisme
  • Gangguan pernapasan

Kekurangan Berat Badan

Memiliki berat badan dibawah normal, dapat menyebabkan berbagai jenis penyakit yang dapat menyerang antara lain kurang gizi, tekanan darah rendah (anemia), menurunnya sistem kekebalan pada tubuh serta dapat mempengaruhi kesuburan reproduksi bagi pria maupun wanita.

– – – – – – Editorial Pick – – – – – –
Cara Mengobati Penyakit Diabetes Melitus
Mengenal Diabetes, Gejala, Pengobatan dan Pencegahannya
Diabetes Melitus, Kenali Gejalanya

Cara Memiliki Berat Badan Ideal

Menurunkan berat badan membutuhkan usaha dan determinasi yang tinggi, tapi menjaga berat badan ideal berarti kamu ikut berperan aktif dalam menjaga kesehatan. Hal ini harus didukung dari pola makan yang sehat dan gaya hidup yang sehat pula.

Banyak hal dapat mempengaruhi berat badan kamu, mulai dari secara genetika, pengaruh umur, jenis kelamin, gaya hidup, kebiasaan keluarga, kebiasaan tidur bahkan dimana kamu tinggal dan apa pekerjaanmu. Beberapa faktor ini dapat membuatmu sulit menurunkan berat badan.

Tapi menjadi orang yang aktif dan memilih makanan sehat dapat menjadi solusi utama untuk kamu. Pilih makanan yang bernutrisi dan berolahraga paling tidak 150 menit per minggu. Atau sekitar 30 menit per hari. Beberapa tips:

  • Untuk memiliki berat badan yang sama, kamu harus membakar kalori sebanyak jumlah makanan dan minuman yang kamu konsumsi
  • Untuk menurunkan berat badan, kamu harus membakar kalori lebih banyak dari jumlah makanan dan minuman yang kamu konsumsi
  • Untuk menaikkan berat badan, kamu harus membakar kalori lebih sedikit dari jumlah makanan dan minuman yang kamu konsumsi

Tips Untuk Memiliki Berat Badan Ideal

Pada dasarnya memiliki berat badan ideal tidaklah sulit jika kamu memiliki dedikasi dan konsistensi yang tinggi dalam menjalankannya. Berikut adalah beberapa tips untuk memiliki berat badan yang ideal:

Membatasi jumlah porsi makanan yang dikonsumsi untuk mengontrol jumlah kalori

Menambahkan kudapan sehat saat siang hari jika kamu mau menaikkan berat badan

Aktif secara fisik

Seperti yang direkomendasikan Centers for Disease Control (CDC) kamu harus berolahraga setidaknya 150 menit setiap minggu. Kamu bisa membaginya menjadi 20-30 menit olahraga setiap harinya.

Aktivitas olahraga bisa kamu lakukan sendiri maupun pergi ke tempat fitness. Untuk aktivitas yang bisa kamu lakukan sendiri seperti jalan kaki, jogging, sepeda, berkebun, berenang dan berdansa.

Orangtua yang tidak biasa melakukan aktivitas olahraga secara aktif sebaiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum memutuskan untuk memulai berolahraga. Kamu juga harus berkonsultasi dengan dokter jika kamu mengalami beberapa hal sebagai berikut:

  • Pusing
  • Sesak nafas
  • Sakit dada
  • Detak jantung tidak beraturan
  • Penggumpalan darah
  • Keseleo
  • Hernia
  • Atau baru sembuh dari operasi

Sehingga dokter dapat menganjurkan metode olahraga yang tepat sesuai kondisimu. 

Konsultasikan ke dokter jika kamu merasa berat badan belum ideal. 

Demikianlah beberapa fakta tentang berat badan ideal. Memiliki berat badan yang ideal sangat penting. Kamu juga harus melakukan program ini dengan cara yang sehat agar kondisi tubuh tetap terjaga. 

Penasaran dengan tips dan trik kesehatan lainnya? Daftarkan emailmu ke newsletter Ngovee.

Untuk mendapatkan rekomendasi vitamin dan suplemen sesuai gaya hidupmu. Unduh aplikasi Jovee melalui Google Play Store maupun App Store 

Ditulis oleh: Aileen Velishya