Cara Mengatasi Alergi Dengan Cepat Namun Tetap Efektif

Ditinjau oleh: dr. Denny Archiando

Berbicara mengenai tata cara dalam mengatasi alergi dalam waktu yang lebih cepat, tentunya hal ini tergantung pada jenis alergen yang dialami oleh diri seseorang. Cara yang paling efektif untuk bisa  mencegah terjadinya alergi yaitu dengan menghindari segala hal yang dapat memicu alergi. Namun sayangnya tidak semua sumber alergi bisa dihindari dengan mudah.

 Terlebih lagi apabila Anda mengalami alergi terhadap hewan peliharaan, tungau debu, alergi cuaca dingin, ataupun makanan. Setiap orang akan mengalami jenis alergi yang tidak sama, yang mana untuk masing-masing penyebabnya pun juga berbeda. Pada biasanya seseorang yang mengalami alergi akan diberikan perawatan khusus berupa obat yang dapat meredakan alergi.

Cara Mengatasi Alergi dengan Aman Melalui Obat

Cara yang paling efektif untuk bisa meredakan alergi pada diri seseorang yaitu dengan mengkonsumsi obat-obatan tertentu. Akan tetapi tidak semua orang akan cocok dengan obat yang dikonsumsi tersebut. Sebab itulah Anda selalu disarankan untuk mengkonsultasikannya kepada dokter terlebih dahulu. Hal ini mempunyai tujuan agar jenis obat yang Anda konsumsi terjamin keamanannya.

Ada beberapa orang yang langsung meredakan alerginya setelah mengkonsumsi obat. Namun ada juga orang yang tidak cocok dengan obat yang dikonsumsinya. Apabila diri seseorang harus mengkonsumsi obat-obatan alergi secara terus-menerus, tentunya hal ini tidak baik bagi kesehatan ginjal. Mengatasi alergi menggunakan obat, silahkan lihat daftar obat paling aman yang bisa Anda konsumsi ketika sedang mengalami alergi, di antaranya:

  1. Antihistamin

Obat antihistamin menjadi jenis obat alergi yang paling aman dan efektif dalam mengatasi alergi. Hal ini dikarenakan obat ini bekerja dengan cara menghambat efek dari senyawa yang terdapat di dalam tubuh atau histamin yang seringkali menimbulkan reaksi alergi.

Di apotek Anda bisa menemukan jenis antihistamin ini dalam bentuk krim, tablet, tetes mata, cair maupun semprot hidung. Hal ini bisa digunakan sebagai cara mengatasi alergi dingin. Untuk pemilihan jenis obatnya bisa Anda sesuaikan pada area mana yang mengalami alergi. Sementara masing-masing orang akan mempunyai letak alergi yang tidak sehingga hal ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

  1. Kortikosteroid

Kondisi alergi yang dialami seseorang sampai mengalami peradangan, maka obat kortikosteroid menjadi obat pilihan yang paling efektif dalam menangani kasus peradangan akibat alergi. Anda bisa menemukan obat alergi ini dengan mudah di apotek. Ada yang berbentuk semprot hidung, tablet tetes mata, inhaler bahkan sampai dengan krim. Ini merupakan salah satu cara mengatasi alergi dingin.

  1. Dekongestan

Sebagian penderita yang mengalami alergi akan merasakan gejala hidung tersumbat. Jika Anda merasakan gejala tersebut maka bisa mengkonsumsi obat dekongestan yang mana untuk jenis obat ini hanya dianjurkan pada penderita yang mengalami alergi. Namun untuk penggunaannya hanya pada jangka pendek saja, yaitu kurang dari 1 minggu. Anda bisa menemukannya dalam bentuk semprot hidung, obat tetes, kapsul, bahkan sampai dengan tablet.

  1. Leukotriene

Leukotriene menjadi obat yang dapat menghambat efek dari leukotrien itu sendiri. Anda bisa melakukan pembeliannya di apotek dan dalam bentuk tablet. Penderita yang mengalami alergi kebanyakan terjadi pembengkakan di bagian saluran pernafasan. Sehingga saat Anda merasakan reaksi alergi tersebut muncul, maka jenis obat ini menjadi obat paling efektif yang paling direkomendasikan.

  1. Cetirizine

Jenis obat Cetirizine ini sangat tepat digunakan bagi diri seseorang yang mengalami alergi misalnya seperti alergi gatal. Tidak ada efek samping berupa kantuk yang ditimbulkan setelah Anda mengkonsumsi obat ini. Dalam mengkonsumsi jenis obat Cetirizine ini disarankan hanya dikonsumsi sehari 1 kali dan harus disesuaikan pada dosis. Sebab itu Anda harus mendapatkan resep dokter sebelum mengkonsumsi obat anti alergi ini. Ini bisa digunakan sebagai cara mengatasi alergi kulit bintik merah.

  1. Loratadine

Diri seseorang yang mengalami alergi dan menimbulkan gejala gatal maka obat yang disarankan untuk dikonsumsi yaitu loratadine. Saat mengkonsumsi obat anti alergi ini tidak akan menimbulkan efek kantuk, sehingga sangat aman dikonsumsi meskipun Anda sedang berkendara. Sebaiknya konsumsi sehari satu kali saja karena efek yang ditimbulkan dari obat ini akan lebih cepat. Ini bisa digunakan sebagai cara mengatasi alergi kulit bintik merah.

  1. Fexofenadine

Setiap obat tentunya akan memberikan efek samping, termasuk dari obat fexofenadine ini memberikan efek samping berupa rasa kantuk setelah diri Anda mengkonsumsinya. Meskipun menimbulkan rasa kantuk, namun untuk dampak yang ditimbulkan setelah mengkonsumsi obat ini bisa langsung dirasakan oleh penderitanya, yaitu alergi yang dialaminya dapat segera hilang.

  1. Diphenhydramine

Jenis obat alergi gatal selanjutnya yang dapat dikonsumsi yaitu seperti difenhidramin yang menjadi obat paling ampuh dalam mengatasi alergi. Namun sayangnya obat ini menimbulkan rasa lemas dan rasa kantuk. Sehingga setelah Anda mengkonsumsi jenis obat ini sangat disarankan untuk beristirahat dan dilarang mengoperasikan mesin atau berkemudi.

Ilustrasi: Mengatasi Alergi

Beberapa daftar obat alergi yang ada di atas bisa dijadikan sebagai rekomendasi sebelum Anda mengkonsumsi obat-obatan tertentu. Untuk masing-masing obat tentunya memberikan reaksi yang tidak sama, sehingga Anda harus menemukan jenis obat yang tepat dan sesuai kebutuhan supaya reaksi alergi yang muncul bisa segera teratasi dengan sebaik mungkin.

Itulah daftar obat yang dapat mengatasi alergi. Meski begitu, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter untuk penggunaannya. Menurut dr. Denny Archiando, tim dokter Jovee dan Lifepack, “Cara yang paling efektif untuk mengatasi alergi adalah menghindari hal apa saja yang dapat menyebabkan alergi. Lebih baik mencegah sebelum terjadinya reaksi alergi dibandingkan mengobatinya”

Ingin berkonsultasi lebih lanjut mengenai kesehatan Anda? Dengan mengunduh aplikasi Lifepack yang tersedia di Google Play Store dan App Store, kini Anda bisa konsultasi dokter online dengan mudah. Unduh aplikasinya sekarang dan nikmati kemudahannya!