10 Cara Sederhana Mengatasi Hidung Tersumbat Ini Bisa Dipraktekkan di Rumah!

Ditinjau oleh: dr. Denny Archiando

Memasuki musim pancaroba seperti saat ini biasanya banyak sekali orang yang terjangkit penyakit flu dan pilek. Di tengah kondisi pandemi Covid-19 yang memiliki gejala seperti flu dan pilek tentu akan makin banyak orang yang menunjukkan gejala.

Salah satu gejala yang paling menyebalkan adalah hidung tersumbat. Kondisi ini membuat penderitanya kesulitan bernapas dengan normal melalui hidung. Belum lagi ditambah dengan keberadaan ingus yang terus menerus keluar dari lubang hidung.

Penyebab utama hidung tersumbat memang biasanya adalah penyakit flu dan pilek yang diakibatkan oleh virus influenza. Selain itu, hidung tersumbat juga mungkin dialami oleh mereka yang mengalami alergi atau infeksi sinus. Hidung tersumbat dapat terjadi karena ada pembengkakan pada pembuluh darah di bagian sinus (di dalam hidung).

Terlepas dari beragam penyebab hidung tersumbat, ada cara mudah untuk mengatasinya. Berikut 10 cara mengatasi hidung tersumbat yang dapat Anda lakukan:

1.   Banyak Minum Air

Perbanyak minum air putih dapat membantu untuk mengatasi hidung tersumbat
Perbanyak minum air putih dapat membantu untuk mengatasi hidung tersumbat

Salah satu cara mengatasi hidung tersumbat yang mudah adalah dengan menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan baik. Caranya adalah dengan banyak minum air. Hampir semua cairan dapat membantu Anda tetap terhidrasi saat Anda sakit, termasuk air putih, minuman hangat dan bahkan jus.

Cairan dapat membantu mengencerkan lendir di saluran hidung Anda, mendorong cairan keluar dari hidung Anda dan mengurangi tekanan di sinus Anda sehingga membantu mengatasi hidung tersumbat. Lebih sedikit tekanan berarti lebih sedikit peradangan dan iritasi.

Jika hidung tersumbat Anda disertai dengan sakit tenggorokan, teh dan sup hangat juga akan membantu meredakan rasa nyeri di tenggorokan Anda saat menelan makanan.

2.   Menghirup Uap Hangat

Menghirup uap air panas dapat membantu mengatasi hidung tersumbat dengan cepat
Menghirup uap air panas dapat membantu mengatasi hidung tersumbat dengan cepat

Cara mengatasi hidung tersumbat yang mudah berikutnya adalah dengan menghirup uap hangat yang bisa Anda ambil dari air panci yang sudah dipanaskan sampai mendidih. Uap airnya bisa Anda hirup secara perlahan-lahan. Namun perlu diingat dengan baik saat proses ini dilakukan Anda harus menjaga antara panci dan wajah supaya bagian wajah tidak mengalami luka bakar atau melepuh.

Uap hangat dapat membantu mengencerkan cairan ingus di dalam hidung Anda sehingga bisa keluar dengan mudah dan mengurangi tekanan di dalam saluran sinus. Berkurangnya tekanan dapat membantu Anda mengatasi hidung tersumbat.

3.   Mandi Air Hangat

Mandi air hangat adalah salah satu cara untuk meredakan hidung yang tersumbat
Mandi air hangat adalah salah satu cara untuk meredakan hidung yang tersumbat

Jika mengalami hidung tersumbat, Anda bisa bernapas jauh lebih baik setelah mandi air panas. Ada alasan mengapa mandi air panas dapat mengatasi hidung tersumbat. Uap dari pancuran membantu mengencerkan lendir di hidung dan mengurangi peradangan. Mandi air hangat dapat membantu pernapasan Anda kembali normal, setidaknya untuk sementara.

4.   Cuci Hidung dengan Air Garam

Melarutkan garam dalam air sebelum mencuci hidung
Melarutkan garam dalam air sebelum mencuci hidung

Mencuci hidung menggunakan air garam ternyata juga metode alami yang sangat ampuh untuk mengatasi hidung tersumbat. Air garam dapat mengatasi hidung karena bekerja dengan menghilangkan bakteri maupun virus yang ada di dalam hidung.

Anda hanya perlu mencampurkan garam dengan air panas lalu aduk hingga garamnya larut. Setelah itu didiamkan beberapa saat hingga suhunya dianggap tidak terlalu panas sehingga tidak menyakiti hidung. Lalu masukkan air garam ke dalam hidung.

Proses ini memang sangatlah sederhana namun setidaknya sangat ampuh membuat hidung yang tersumbat dapat teratasi dengan baik.

5.   Meninggikan Posisi Kepala

Salah satu cara paling mudah untuk mengatasi hidung tersumbat adalah meninggikan posisi kepala
Salah satu cara paling mudah untuk mengatasi hidung tersumbat adalah meninggikan posisi kepala

Ketika Anda ingin tidur, tambahkan beberapa ekstra bantal agar membuat posisi kepala Anda lebih tinggi dari posisi badan. Hal ini dapat membantu mengurangi tekanan pada hidung sehingga bisa mengatasi hidung tersumbat.

6.   Menggunakan Kompres Hangat

Kompres hangat dapat meredakan gejala hidung tersumbat
Kompres hangat dapat meredakan gejala hidung tersumbat

Kompres hangat dapat meredakan gejala hidung tersumbat. Sama seperti menghirup uap air panas atau mandi air hangat. Mengompres kepala dengan kain hangat dapat mengencerkan cairan pada hidung untuk mengurangi tekanan.

Cara ini sangat sederhana, cukup celupkan kain ke air panas dan diamkan hingga kira-kira suhunya pas dan tidak menyakiti kulit. Tempelkan beberapa saat, setelah kain menjadi dingin kembali, ulangi dengan mencelupkan kain tersebut ke air panas.

7.   Menghirup Aromaterapi

Aromaterapi dijual bebas dengan beberapa varian
Aromaterapi dijual bebas dengan beberapa varian

Beberapa aroma dari tanaman tertentu seperti mint dan minyak kayu putih terbukti dapat melegakan pernapasan sementara. Saat ini, minyak aroma terapi juga banyak dijual bebas dan dapat digunakan untuk mengatasi hidung tersumbat.

8.   Menggunakan Humidifier

Melembabkan udara di dalam kamar dengan humidifier dapat membantu mengatasi hidung tersumbat
Melembabkan udara di dalam kamar dengan humidifier dapat membantu mengatasi hidung tersumbat

Menggunakan pelembab udara atau humidifier dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif yang dapat mengatasi hidung tersumbat. Jenis mesin ini memang paling umum digunakan untuk mengubah air supaya menjadi uap dan hal ini dapat melembabkan ruangan.

Bagi diri Anda yang menghirup udara lembab ini maka dapat menenangkan iritasi yang terjadi pada pembuluh darah atau jaringan yang mengalami pembengkakan. Sehingga untuk jumlah lendir yang terdapat di dalam hidung dapat dikurangi tentunya pernafasan Anda kembali normal dan lebih lega.

9.   Meminum Obat Antihistamin

Cara yang paling umum digunakan orang adalah meminum obat
Cara yang paling umum digunakan orang adalah meminum obat

Cara paling mudah dan paling banyak digunakan oleh orang adalah dengan meminum obat. Penyebab hidung tersumbat yang paling umum adalah flu dan pilek. Obat untuk meredakan gejala flu dan pilek juga bisa diperoleh dengan mudah dan diperjual belikan secara bebas di apotek.

Jenis obat dengan kandungan antihistamin dapat mengurangi pembengkakan di saluran hidung dan membantu mengatasi hidung tersumbat. Obat antihistamin yang dikombinasikan dengan dekongestan dapat meredakan tekanan sinus dan pembengkakan akibat reaksi alergi secara efektif.

Ikuti instruksi untuk obat ini dengan hati-hati. Jika tidak, Anda dapat memperburuk kondisi Anda. Perlu juga diperhatikan bahwa antihistamin dapat membuat Anda mengantuk. Jika Anda sedang ingin mengendarai kendaraan sebaiknya hindari mengkonsumsi obat dengan kandungan antihistamin untuk mengatasi hidung tersumbat.

10.   Minum Obat Dekongestan

Obat-obat pilek yang dijual secara bebas biasanya mengandung dekongestan
Obat-obat pilek yang dijual secara bebas biasanya mengandung dekongestan

Obat dengan kandungan dekongestan dapat membantu mengurangi pembengkakan dan meredakan nyeri yang berhubungan dengan iritasi saluran hidung. Seperti obat antihistamin, obat yang mengandung dekongestan untuk mengatasi hidung tersumbat juga banyak tersedia tanpa resep dokter.

Obat dekongestan memiliki dua bentuk: semprotan hidung dan pil. Semprotan hidung dekongestan yang umum termasuk oxymetazoline (Afrin) dan phenylephrine (Sinex). Pil dekongestan yang umum termasuk pseudoefedrin (Sudafed, Sudogest).

Gunakan semprotan hidung dekongestan dengan benar dan aman. Anda tidak boleh menggunakan dekongestan selama lebih dari tiga hari tanpa pengawasan dokter. Setelah tiga hari, dekongestan hidung bisa memperparah kondisi hidung tersumbat.

Baca lebih banyak tips dan trik seputar kesehatan di sini. Lihat juga aplikasi Jovee untuk memulai gaya hidup sehatmu. Unduh melalui Google Play Store maupun App Store sekarang. Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee.

Penulis: Fadhel Yafie

Referensi:

Healthline, How to Clear a Stuffy Nose

Healthline, What Causes a Stuffy Nose

Mayo Clinic, Nasal Congestion