Cara Mengetahui Kondisi Selaput Dara

Ditinjau oleh: dr. Irma Lidia 

Selaput dara adalah selaput tipis yang terdapat pada alat kelamin wanita. Selaput dara dikenal juga dengan istilah selaput keperawanan. Bentuk dari selaput dara adalah seperti cincin. Sampai saat ini masyarakat masih percaya bahwa selaput dara merupakan tanda keperawanan. Perlu kamu ketahui bahwa sebenarnya hal tersebut tidak benar.

Cara Untuk Mengetahui Selaput Dara

Ada sebuah cara mengetahui selaput dara sudah robek atau belum. Berikut adalah langkah-langkah yang harus kamu lakukan untuk mengetahui keberadaan selaput dara:

  1. Membersihkan Tangan

Langkah yang pertama adalah membersihkan tangan. Bersihkan tangan kamu menggunakan sabun cuci tangan sampai benar-benar bersih. Setelah selesai mencuci tangan, keringkan tangan kamu. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan senyawa dan juga bakteri yang menempel pada tangan kamu, sehingga nantinya tidak membahayakan vagina.

  1. Tempatkan Cermin Kecil Dekat Dengan Vagina

Langkah yang kedua adalah letakkan cermin kecil di dekat vagina. Kamu bisa meletakkan cermin tepat di depan vagina. Pastikan jarak antara cermin dan juga vagina tidak terlalu jauh sehingga nantinya kamu bisa melihat dengan jelas. Cermin yang kamu gunakan harus sudah dibersihkan terlebih dahulu agar kamu bisa melihat dengan jelas.

  1. Masukkan Jari Menuju Vagina

Langkah yang ketiga adalah memasukkan jari ke dalam vagina. Bukalah kedua kaki kamu dan posisikan diri kamu serileks mungkin. Apabila kamu sudah berada posisi yang nyaman, beri pelumas alami pada jari kamu. Pelumas alami akan membuat vagina lebih nyaman ketika dimasuki jari. Masukkan jari kamu secara perlahan ke dalam vagina kamu.

  1. Membuka Bibir Vagina

Langkah yang keempat adalah membuka bibir vagina. Setelah berhasil memasukkan jari secara perlahan, maka kamu harus membuka bibir vagina. Bukalah bibir vagina secara perlahan menggunakan jari tengah dan juga jari telunjuk. Apabila kamu melihat selaput yang berbentuk seperti setengah cincin, maka bisa dipastikan bahwa selaput dara masih ada di vagina.

Dokter Jovee, dr. Irma Lidia menambahkan bahwa ukuran dan bentuk selaput dara dapat bervariasi. Beberapa wanita mungkin tidak memilikinya sejak lahir dan beberapa mungkin selaput daranya tidak sengaja robek sebelum berhubungan seks pertama kali.

Itulah cara mengetahui selaput dara sudah robek atau belum. Cara ini bisa dikatakan adalah cara yang paling simpel untuk mengetahui keberadaan selaput dara. Selanjutnya mari kita pahami fakta-fakta dari selaput dara.

Fakta Mengenai Selaput Dara

Ada beberapa fakta dari selaput dara:

  • Bisa Robek Ketika Berhubungan Badan

Yang pertama adalah selaput dara bisa robek ketika seorang wanita melakukan hubungan seksual untuk pertama kalinya. Hal ini dikarenakan ketika berhubungan badan vagina akan dimasuki oleh penis dari pria sehingga membuat selaput dara robek. Perlu kamu ketahui bahwa ketika selaput dara robek, maka wanita akan merasakan nyeri dalam beberapa saat.

  • Bisa Robek Ketika Wanita Sudah Dewasa

Yang kedua adalah selaput dara bisa robek ketika wanita memasuki usia dewasa. Dalam perjalanan menuju usia dewasa, seorang wanita pastinya melakukan banyak hal dalam kehidupannya. Perlu kamu ketahui bahwa ada kegiatan tertentu yang mampu membuat selaput dara semakin menipis seperti olahraga, lari, dan membersihkan vagina.

  • Selaput Dara Tidak Menutup Vagina Secara Penuh

Yang ketiga adalah selaput dara tidak menutup vagina secara penuh. Selaput dara pada vagina memiliki sedikit celah sehingga haid bisa berjalan lancar. Dengan menerapkan cara mengetahui selaput dara sudah robek atau belum, maka nantinya kamu bisa melihat bentuk dari selaput dara.

Penuhi kebutuhan suplemen kamu melalui Ngovee. Unduh aplikasi dari Ngovee di Google Play Store atau App Store. Dapatkan vitamin terbaik hanya di Ngovee. Tidak perlu ragu! Kamu akan mendapatkan pelayanan terbaik di Ngovee.

Ingin mengetahui informasi kesehatan terpercaya? Daftarkan email Anda di Ngovee. Untuk mendapatkan suplemen dan vitamin spesial buat Anda, unduh juga aplikasi Jovee. Tersedia di Google Play Store dan App Store. Dapatkan vitamin personal, dari A ke Z(inc), hanya di Jovee.