Cara Merawat Pasien Penyakit Alzheimer Agar Tetap Terkontrol
Dr. Fala Adinda

Penyakit Alzheimer adalah penyakit pada otak yang menyebabkan turunnya daya ingat, kemampuan untuk berpikir dan bicara, serta perubahan perilaku secara bertahap. Dibutuhkan kesabaran lebih dalam cara merawat pasien penderita Alzheimer. Tapi tidak perlu khawatir karena penderita Alzheimer bisa membaik jika mendapat perawatan yang benar.

Tips Perawatan Pasien Penyakit Alzheimer

Merawat pasien Alzheimer tidaklah mudah. Banyak tantangan yang harus dihadapi, misalnya dalam menyikapi perubahan perilaku si pasien. Dibutuhkan kesabaran dan ketekunan dalam merawat pasien Alzheimer. Membuat rutinitas bagi penderita alzheimer untuk menemukan barang-barang dan membuat lingkungan yang aman adalah salah satu kunci merawat mereka. Untuk itu inilah tips-tips cara merawat pasien penderita Alzheimer yang baik dan benar.

1. Meningkatkan Kesabaran

Pasien Alzheimer sering menunjukkan perubahan-perubahan perilakunya secara drastis. Untuk itu alangkah baiknya untuk perawat pasien Alzheimer melatih kesabarannya. Jika sudah biasa dengan perubahan-perubahan perilaku tersebut maka perawat pasien pun akan semakin santai dalam menghadapi pasien Alzheimer.

Dan pasien Alzheimer pun tidak akan merasa terintimidasi saat melihat kesabaran yang telah dilakukan sang perawat. Dengan begini pasien akan merasa sangat nyaman saat menjalani perawatan yang sedang dijalankan.

2. Menjalin Keakraban

Perawat harus bisa menjalin keakraban dengan pasien penderita Alzheimer. Agar sang pasien merasa lebih tenang dan nyaman saat berada di dekat sang perawat. Saat sudah terjalin keakraban diantara keduanya hal ini akan berdampak baik terhadap kondisi sang pasien Alzheimer.

Memang dibutuhkan waktu yang sedikit lama untuk menjalin keakraban ini. Karena pasien Alzheimer harus beradaptasi dan terus mengingat sang perawat. Dengan melakukan metode ini pasien Alzheimer akan merasa selalu ditemani dan dapat membuat kondisinya membaik dengan cepat.

3. Berkegiatan Menyenangkan Bersama

Setelah berhasil menjalin keakraban dengan pasien Alzheimer, perawat bisa memulai untuk melakukan kegiatan-kegiatan yang menyenangkan bersama sang pasien. Seperti kegiatan bernyanyi, berdansa, atau bermain monopoli dan ular tangga.

Dengan melakukan kegiatan-kegiatan yang menyenangkan seperti diatas, proses untuk pemulihan pasien Alzheimer akan semakin cepat. Karena otak pasien Alzheimer itu terus dilatih dan diisi dengan hal-hal yang positif dan menyenangkan.

4. Membacakan Sebuah Buku

Hal ini memanglah agak sulit untuk dimengerti para pasien Alzheimer. Tetapi seiring berjalannya waktu jika terus menerus membacakan buku tersebut sang pasien akan mulai memahami apa isi dari buku tersebut. Sehingga hal ini sangat menguntungkan untuk para pasien Alzheimer.

Otak mereka akan semakin berkembang saat mencoba untuk memahami apa isi dari buku tersebut. Sehingga kemungkinan untuk pulih pun semakin besar.

5. Perlakukan Secara Normal

Jangan pernah sekali-sekali untuk memperlakukan pasien Alzheimer seperti orang tidak waras. Yang mereka butuhkan hanyalah arahan dan perawatan yang benar. Jadi perlakukanlah mereka selayaknya orang normal lainnya. Dengan tetap mengajaknya berbincang mengenai hal-hal yang terjadi diluar sana.

Atau bisa juga dengan mengajaknya melakukan beberapa aktivitas fisik ringan. Seperti senam dan olahraga ringan lainnya. Dengan melakukan hal ini pasien Alzheimer tidak akan merasa terasingkan dan dapat membantu mempercepat proses pemulihannya.

6. Jangan Terlalu Memaksa

Saat sedang mengajaknya berbincang, ada baiknya perawat tidak memaksa pasien Alzheimer untuk mengingat apa yang sang pasien lupa. Jika terus memaksa pasien tidak hanya bingung tetapi dapat menimbulkan sakit kepala yang luar biasa. Dan hal ini akan berdampak sangat buruk terhadap kesehatan sang pasien Alzheimer.

Jika ingin mengingatkannya akan sesuatu hal lebih baik dilakukan secara perlahan-lahan. Jika diingatkan terus menerus secara perlahan, pasien Alzheimer bisa saja mengingatnya. Dan jika dilakukannya secara perlahan-lahan tidak akan membuat sang pasien kebingungan ataupun menjadi lebih sakit lagi.

7. Selalu Awasi Dalam Jangkauan

Sangat berbahaya jika pasien Alzheimer berada di luar pengawasan. Karena dikhawatirkan jika sang pasien tersesat di suatu tempat dan tidak dapat mengingat darimana ia berasal. Tentunya hal ini sangat membahayakan bahkan bisa mengancam nyawa sang pasien Alzheimer.

Agar hal tersebut tidak terjadi, maka pasien Alzheimer harus terus dalam pengawasan yang aman. Sehingga pasien Alzheimer senantiasa aman di dalam jangkauan. 

Pengobatan Medis Penyakit Alzheimer

Seperti yang telah disinggung di atas, bahwa merawat pasien Alzheimer dibutuhkan kesabaran lebih. Pasien Alzheimer dapat diberikan obat-obatan sesuai dengan yang diresepkan dokter untuk meredakan gejala-gejalanya. Cara lain untuk menangani pasien Alzheimer ialah dengan menjalani psikoterapi. Untuk mendapatkan obat-obatan dan terapi yang tepat sebaiknya pasien Alzheimer dibawa ke dokter spesialis penyakit tersebut.

Pengobatan pada pasien Alzheimer harus dikontrol oleh dokter spesialis. Karena pada dasarnya setiap obat-obatan memiliki efek samping. Konsultasikan dengan dokter spesialis jika penderita alzheimer memiliki alergi ataupun penyakit kronis lainnya.

Dalam merawat pasien Alzheimer memang dibutuhkan kesabaran dan ketekunan yang tinggi karena tingkat kesulitannya yang juga tinggi. Akan tetapi jika melakukan cara merawat pasien penderita Alzheimer dengan benar dan tepat maka bisa jadi jika kondisi pasien tersebut dapat membaik. Dengan menerapkan cara-cara diatas secara perlahan dapat dipastikan jika kondisi pasien Alzheimer akan terus membaik.

– – – – – – Editorial Pick – – – – – –
Pengobatan Penyakit Alzheimer pada Lansia Dengan Penuh Kasih Sayang
Daftar Makanan Sehat bagi Penderita Stroke, Kacang Hijau Salah Satunya
Manfaat dan Sumber Vitamin C untuk Tangkal Virus
Manfaat Vitamin B12, 5 Alasan Mengapa Harus Konsumsi
7 Makanan yang Bagus untuk Jantung Lemah
7 Cara Tetap Hidup Sehat Meski Di Rumah Aja
Efek Bahaya Alkohol Pada Imunitas Tubuh Dan Cara Mengatasinya


Ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter mengenai kesehatan? Unduh aplikasi Lifepack. Tebus resep obat, bebas antri. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store.

Anda juga bisa mengetahui info kesehatan terpercaya dengan mendaftarkan email anda di Ngovee.