Coba Cara Menurunkan Kolesterol secara Alami Ini
Dr. Fala Adinda

Ditinjau oleh: dr. Fala Adinda

Setiap orang tentu memiliki kolesterol yang ada dalam tubuh. Kolesterol yang ada dalam tubuh memiliki dua jenis yaitu kolesterol LDL dan kolesterol HDL. Untuk jenis kolesterol LDL merupakan jenis kolesterol yang membahayakan tubuh. Sedangkan kolesterol HDL adalah kolesterol yang bisa melarutkan kolesterol jahat pada tubuh.

Untuk batas normal kolesterol pada tubuh yaitu 160 hingga 200 mg. Hal yang membahayakan dari kolesterol yaitu apabila kolesterol dalam darah lebih tinggi karena dapat menimbulkan penyakit dan menyumbat aliran pada darah. Oleh sebab itu Anda harus melakukan cara supaya kolesterol dalam darah tidak tinggi.

Tips Menurunkan Kolesterol

Cara berikut ini bisa Anda lakukan untuk menurunkan kolesterol yang tinggi yaitu:

Konsumsi Jeruk Nipis

Mengkonsumsi jeruk nipis pada pagi dan malam hari dapat membantu Anda untuk menurunkan kolesterol. Hal ini dikarenakan jeruk nipis memiliki kandungan flavonoid yang berperan sebagai antioksidan dan membantu untuk melindungi tubuh dari adanya radikal bebas yang bisa membahayakan tubuh terutama pada molekul yang tidak stabil karena bisa merusak sel-sel dalam tubuh.

Anda bisa mengkonsumsi air perasan jeruk nipis yang telah dicampur segelas air hangat pada pagi hari setelah bangun tidur dan sebelum tidur. Jika hal ini dilakukan secara teratur maka bisa menurunkan kadar kolesterol tubuh yang tinggi.

Konsumsi Jus Anggur

Anggur memiliki kandungan antioksidan seperti resveratrol dan piceatannol. Kandungan jus anggur memiliki zat antimikroba dan flavonoid yang dapat menurunkan kolesterol jahat jika jus anggur dikonsumsi secara rutin sehari sekali. Cara yang bisa Anda lakukan yaitu dengan membuat jus anggur segar atau bisa juga mengkonsumsi buah anggur secara langsung.

Jambu Merah

Jambu merah sudah terkenal sebagai buah yang kaya akan vitamin A, C, B3, B6 dan kalium. Melalui kandungan buah jambu merah yang tinggi, Anda bisa mengkonsumsi buah ini secara rutin. Jambu merah untuk pengobatan kolesterol bisa dikonsumsi dengan membuat jus atau bisa juga langsung dimakan. Jika Anda mengkonsumsinya setiap hari yaitu sehari sekali maka manfaat kolesterol yang menurun bisa Anda rasakan.

Konsumsi Kulit Manggis

Ternyata buah manggis tidak hanya memiliki rasa yang enak dan manis saja namun ternyata kulit manggis juga memiliki khasiat yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat pada tubuh. Kulit manggis memiliki kandungan xanthone yang memiliki peran sebagai antioksidan dan antikanker yang jauh lebih kuat jika dibandingkan dengan vitamin C maupun E. Selain Anda bisa memblender kulit manggis sendiri atau bisa membeli ekstrak kulit manggis yang sudah banyak dijual di pasaran.

Mengonsumsi Biji-bijian Utuh

Biji-bijian memiliki nutrisi yang utuh sebagai peningkat kemampuan sel yang ada dalam tubuh supaya bisa berkembang lebih baik dan melakukan pencegahan terhadap efek radikal bebas baik di dalam maupun di luar tubuh. Biji-bijian menyediakan nutrisi seperti zat besi, protein, magnesium, fiber, seng, fosfor, mangan, tembaga, s vitamin B dan selenium. Melalui kandungan nutrisi tersebut menjadikan biji-bijian paling efektif sebagai cara dalam menurunkan kolesterol tanpa obat-obatan.

– – – – – – Editorial Pick – – – – – –
Manfaat Tisu Magic untuk Keharmonisan Rumah Tangga
Mencegah Bau Mulut Saat Puasa Ramadhan
Cara Membuat Masker Kain, Pelajari Disini!
10 Cara Mudah Menurunkan Berat Badan
Penyakit Masuk Angin, Beneran Ada?
Cara Mudah Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut Ala Dokter Gigi
7 Manfaat Cokelat Bagi Kesehatan

Mengingat gaya hidup di zaman modern ini, maka hal ini menjadikan penyakit kolesterol tidak hanya menyerang pada orang tua saja. Akan tetapi untuk anak-anak, remaja maupun dewasa juga memiliki peluang terhadap penyakit kolesterol yang tinggi. Terlebih lagi bagi masyarakat yang tidak menjaga pola makannya dengan baik. Semakin mengkonsumsi banyak makanan berlemak maka akan memperbesar kadar pada kolesterol tubuh.Ingin mengetahui info lebih lanjut mengenai kesehatan? Daftarkan email anda di Ngovee. Untuk mendapatkan suplemen dan vitamin spesial buat anda, unduh aplikasi Jovee. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store.