Dampak Kecanduan Gadget Pada Perkembangan Anak
Dr. Fala Adinda

Di era modern seperti sekarang, teknologi digital seperti gadget sangat penting dan dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Gadget merupakan teknologi canggih abad ini yang dapat membantu manusia untuk melakukan berbagai aktivitas lebih cepat dan juga efisien.

Gadget yang telah terhubung dengan internet telah mengubah kehidupan sehari-hari hingga menyebabkan ketergantungan. Ketergantungan ini tidak hanya dialami oleh orang dewasa, namun juga anak-anak.

Berdasarkan data laporan yang diperoleh dari Kaiser Family Foundation, diketahui bahwa rata-rata anak menghabiskan waktunya bermain gadget selama kurang lebih 7 jam. Anak-anak pada saat ini lebih banyak menggunakan gadget dibandingkan dengan belajar hal-hal lain seperti bermain di luar ruangan dan melakukan aktivitas menyenangkan lainnya seperti menari, menggambar atau belajar.

Apa Saja Dampak Kecanduan Gadget Bagi Anak?

Kebanyakan orang tua menyerah untuk melarang anaknya dalam bermain gadget. Hal ini tentu berbahaya jika dibiarkan, karena penggunaan gadget yang berlebih dapat menimbulkan berbagai dampak merugikan. Lalu apa saja dampak dari penggunaan gadget bagi perkembangan anak? Ini dia ulasannya:

1. Perlambatan Perkembangan Kognitif Otak

Beberapa artikel kesehatan juga menyebutkan bahwa perkembangan dan pemikiran anak selama lima tahun utama sangatlah penting. Jika orang tua balita mengizinkan anaknya untuk bermain gadget secara terus menerus, maka hal ini akan berdampak pada kerusakan permanen pada otak anak. 

Salah satu bahayanya yaitu adanya perlambatan pengembangan kognitif. Untuk mencegah bahaya ini, maka sangat disarankan bagi para orangtua untuk mengajak bicara anak-anak mereka dibandingkan dengan membiarkannya bermain bersama dengan gadget.

2. Munculnya Penyakit Obesitas

Obesitas atau kelebihan berat badan dapat menimbulkan berbagai penyakit berbahaya. Berdasarkan penelitian yang dilakukan di AS, diketahui bahwa 1 dari 3 anak yang kecanduan gadget mengalami obesitas. Obesitas pada anak sendiri dapat menimbulkan berbagai komplikasi penyakit yang berbahaya antara lain stroke, serangan jantung, dan juga diabetes.

3. Ancaman Paparan Radiasi

Berdasarkan data laporan World Health Organization (WHO) diketahui bahwa perangkat nirkabel seperti ponsel atau smartphone digolongkan sebagai risiko kategori 2B karena emisi radiasi yang dipancarkan. Selain itu Dr. Anthony Miller dari Universitas Toronto juga menyatakan bahwa paparan frekuensi radio dari gadget juga sangat berbahaya bagi anak-anak.

4. Anak Menjadi Lebih Agresif

Anak yang bermain game selama berjam-jam melalui gadget juga memiliki risiko tinggi untuk berubah menjadi agresif. Selain itu ketika tumbuh dewasa, anak-anak juga mengalami perubahan perilaku dan cenderung tidak patuh terhadap orang tua mereka.

5. Asing dengan Dunia Alam

Penggunaan gadget yang berlebih juga akan membunuh perkembangan anak. Hal ini dikarenakan anak yang gemar bermain gadget akan lebih suka tinggal di rumah dan merasa asing dengan dunia di sekitarnya.

Balita yang sedang memasuki masa pertumbuhan harus belajar dari alam sekitarnya untuk berinteraksi, bersosialisasi, dan belajar banyak hal. Oleh karena itu para orang tua harus lebih menyadari pentingnya pembelajaran alam pada anak sehingga penggunaan gadget secara berlebihan bisa dikurangi.

– – – – – – Editorial Pick – – – – – –
7 Manfaat Buah Plum untuk Kesehatan
Seberapa Bahaya Obat Kuat untuk Kesehatan Pria?
8 Olahraga Untuk Meningkatkan Kualitas Hubungan Seksual

Bagaimana Cara Mencegah Dampak Kecanduan Gadget Pada Anak?

Untuk mencegah kecanduan gadget pada anak, maka kamu harus bertindak secara cepat dan tepat. Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah kecanduan gadget pada anak antara lain:

1. Dorong Anak untuk Mengikuti Kegiatan yang Menyenangkan

Anak-anak di masa pertumbuhan cenderung tertarik dengan aktivitas yang menarik dan menyenangkan. Untuk mengurangi penggunaan gadget, maka kamu bisa mendorong anak untuk melakukan berbagai kegiatan menyenangkan seperti menggambar, memasak, olahraga bersama, atau mengajaknya bermain dengan teman sebaya.

2. Buat Zona Bebas Gadget di Rumah

Agar kebiasaan bermain gadget berlebih bisa benar-benar dikurangi, maka kamu harus menetapkan batasan waktu yang tegas. Salah satunya yaitu dengan menetapkan zona bebas teknologi di rumah. Sebagai gantinya, kamu bisa meminta anak melakukan berbagai tugas menarik yang akan mengalihkan perhatiannya.

3. Bermain dan Berkomunikasi Langsung dengan Anak

Anak-anak yang mengalami kecanduan gadget umumnya adalah mereka yang mengalami kesepian sehingga mencari pelampiasan melalui gadget. Oleh karena itu untuk mencegahnya, kamu sebagai orangtua harus turut andil bermain dan berkomunikasi bersama anak.

Selain dapat mengurangi dampak kecanduan gadget, bermain langsung bersama anak juga dapat mempererat ikatan cinta dan kasih sayang antara orangtua dan anak.

Penggunaan gadget berlebih ternyata dapat menimbulkan berbagai dampak yang berbahaya tidak hanya secara fisik namun juga psikologis. Oleh karena itu peran kamu sebagai orangtua sangatlah penting dalam menangani kasus kecanduan gadget pada anak. Pemantauan kesehatan anak pasca penggunaan gadget juga harus dilakukan untuk mengetahui apakah ada efek berbahaya yang ditimbulkan.

Ingin tahu tips dan trik seputar kesehatan lainnya? Cek selengkapnya hanya di Ngovee.

Unduh aplikasi Jovee melalui Google Play Store maupun App Store.

Diedit oleh: Aileen Velishya