Efek Bahaya Alkohol Pada Tubuh Dan Cara Mengatasinya
Dr. Fala Adinda

Di masa pandemi Covid-19 ini sangat penting bagi semua orang untuk menjaga tubuhnya dengan cara meningkatkan imunitas. Jika seseorang memiliki kebiasaan meminum alkohol, hal tersebut justru akan mengganggu imunitas tubuh. Karena alkohol yang berlebihan akan mempengaruhi sistem dalam tubuh dan akan melemahkan imun tubuh.

Jika hal tersebut di tetap dilakukan maka akan mengakibatkan kerusakan pada organ tubuh. Ada beberapa bagian tubuh terutama organ dalam yang rentan terhadap alkohol. Apalagi jika mengkonsumsi dalam jumlah yang besar dan sering akan semakin membahayakan tubuh. Seperti hati, ginjal, jantung, kandung kemih, pencernaan dan sebagainya.

Bahaya Alkohol: Merusak Tubuh dan Menurunkan Imunitas

Selian terjadi gangguan pada tubuh, tentu alkohol juga memberikan efek yang sangat tidak baik bagi tubuh terutama imunitas. Inilah beberapa efek bahaya yang dihasilkan jika alkohol dikonsumsi terus menerus terhadap sistem dalam tubuh dan imunitas:

1. Gangguan Pencernaan

Jika mengkonsumsi alkohol maka akan mengganggu saluran pencernaan, saat melalui saluran cerna akan merusak sel pada sistem pencernaan, sehingga terganggunya penyerapan dan penghancuran nutrisi di usus. Selain itu saat sel lapisan mukosa saluran pencernaan rusak maka akan menyebabkan gangguan imunitas, hal ini karena sel mukosa merupakan pertahanan pertama imunitas tubuh. Ketika sel mukosa rusak maka kuman dan virus penyebab penyakit akan mudah masuk ke dalam tubuh.

2. Kanker

Seringnya mengkonsumsi alkohol akan meningkatkan resiko kanker pada beberapa bagian tubuh dan merusak sedikit demi sedikit sistem mekanisme tubuh. Salah satu hal yang dirusak alkohol adalah mampu mengaktifkan enzim tertentu dan memproduksi senyawa yang menyebabkan kanker. Selian bisa merusak pencernaan, kanker pun bisa merusak hati, paru hingga tenggorokan. Pada keadaan kanker sudah bisa dipastikan imunitas tubuh akan menurun, hal ini karena sel sehat di dalam tubuh telah dikuasai sel kanker. 

3. Gangguan Reproduksi

Selian pencernaan dan penyebab kanker, maka alkohol mampu mengganggu keseimbangan hormon. Yaitu jika menyerang wanita, maka siklus menstruasi terganggu dan juga bisa mengganggu kesuburan.

Apalagi jika sedang hamil, sangat berbahaya untuk mengkonsumsi alkohol karena bisa menjadi sindrom alkohol pada bayi yang akhirnya menyebabkan keguguran. Jikalau pun bayi lahir akan terjadi pertumbuhan yang lambat, catat hingga gangguan organ pada bayi.

4. Merusak Sel Dan Kematian

Dalam keadaan pandemi seperti WHO melansir bahwa akan lebih baik jika menurunkan tingkat konsumsi alkohol. Hal ini karena konsumsi alkohol yang berlebihan akan merusak bahkan mematikan sel termasuk sel imun di dalam tubuh. Oleh sebab itu tidak dianjurkan meminum alkohol karena bisa merusak sel bahkan kematian.

Dengan melihat efek buruk yang disebabkan konsumsi alkohol di atas maka akan lebih baik jika menghentikan konsumsi alkohol. Namun sayang banyak orang yang bingung bagaimana melakukannya, simak cara menghentikan kecanduan di bawah ini.

Cara Menghentikan Kecanduan dari Bahaya Alkohol

Agar tidak kecanduan maka ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghentikan konsumsi alkohol. Dengan mengikuti cara tersebut diharapkan peminum alkohol bisa memperbaiki diri dan mengembalikan imunitas tubuhnya.

1. Pola Hidup Sehat

Untuk memulai stop dengan alkohol adalah dengan cara pola hidup sehat. Dimulai dari konsumsi makanan yang bergizi dan mengganti dengan minuman yang bergizi pula seperti jus atau susu. Selain itu lakukan olahraga dan tidur dengan teratur agar imunitas terjaga. Dengan menjaga kebiasaan yang baik akan sangat membantu mengurangi kecanduan alkohol.

2. Lingkungan Yang Positif

Berada pada lingkungan yang positif membuat orang menjadi lebih semangat dan mendapatkan aura positif dalam menciptakan imunitas tubuh. Lingkungan positif ini bisa didukung dengan adanya berbagai hal yang baik seperti mencoba berkebun bersama, menata ruangan, membuat karya dan sebagainya. Dengan memberikan rasa nyaman maka akan lupa dengan alkohol dan mengganti dengan kegiatan yang lebih baik.

3. Berkegiatan Positif

Cobalah untuk selalu melakukan berbagai macam kegiatan agar tubuh tetap terjaga dan pikiran tidak teralihkan ke hal negatif yaitu alkohol. Kegiatan bisa melibatkan keluarga, teman atau kerabat agar lebih menyenangkan. Dengan begitu, akan sangat membantu pikiran dan hati untuk menjauhi alkohol. Dan menyadarkan diri bahwa banyak hal yang bermanfaat yang bisa dilakukan.

4. Dukungan Keluarga

Keluarga memiliki peran yang sangat besar jika ada anggota keluarganya yang Kecanduan pada alkohol. Dukungan keluarga sangat penting dalam kesembuhan seseorang pecandu. Oleh karena itu, keluarga akan selalu menjadi tempat yang paling nyaman guna memberikan dukungan terbaik. Sehingga tidak lagi mengkonsumsi alkohol dan keluarga yang akan mengingatkan akan bahaya alkohol itu sendiri.

5. Dengan Bantuan Medis

Jika sudah melakukan berbagai macam hal positif namun masih tetap mengkonsumsi alkohol. Maka orang tersebut harus segera melakukan bantuan medis. Pelayanan medis akan lebih bisa menangani masalah yang terjadi pada pecandu alkohol. Ada beberapa terapi dan prosedur yang harus dilalui oleh pasien sehingga akhirnya pasien dinyatakan sembuh terhadap alkohol.

– – – – – – Editorial Pick – – – – – –
Kandungan Minyak Kutus Kutus Bermanfaat untuk Kesehatan
Jenis Makanan Pemicu Alzheimer Yang Perlu Kamu Ketahui
Tips Agar Tangan Tidak Sering Menyentuh Wajah
Kacamata Anti Radiasi: Penggunaan, Keunggulan, dan Kelemahan
Mau Menjaga Kesehatan Tubuh Setiap Hari? Lakukan 8 Tips Berikut Ini
Hal Penting Mengenai Golongan Darah dan Karakteristiknya

Dengan adanya bahaya yang ditimbulkan alkohol yang berpengaruh pada imunitas tubuh tentu harus melakukan berbagai macam hal baik agar tetap menjaga imunitas serta keluar dari kecanduan alkohol. Salah satunya dengan menjaga diri sendiri dan selalu berpikir positif sehingga meningkatkan imunitas. Ingat juga tentang bahayanya alkohol jika dikonsumsi secara berlebih mulai dari merusak organ tubuh, menurunkan imunitas hingga kematian.

Itulah bahaya alkohol bagi tubuh. Ingin tahu tips dan trik seputar kesehatan lainnya? Simak selengkapnya hanya di Ngovee. Unduh aplikasi Jovee melalui Google Play Store maupun App Store untuk mendapatkan rekomendasi suplemen.