Hal Penting Mengenai Golongan Darah dan Karakteristiknya
Dr. Fala Adinda

Golongan darah pada manusia terbagi menjadi empat golongan yaitu A, B, AB dan O. Mengenal golongan pada diri sendiri sangat penting karena berkaitan dengan aktivitas medis. Aktivitas seperti donor darah, transfusi darah hingga ketika memiliki anak sangat memerlukan pengetahuan seseorang akan golongannya. Apakah ada kaitan golongan darah dan karakteristiknya? Berikut adalah hal-hal yang perlu Anda ketahui.

Cara Memprediksi Golongan Darah Seseorang

Hal Penting Mengenai Golongan Darah dan Karakteristiknya

Selain golongan darah berupa A, B, AB dan O, sebenarnya seseorang juga sebaiknya mengecek rhesus pada darahnya. Rhesus (Rh) merupakan protein yang ada di permukaan sel darah merah. Rhesus yang paling umum adalah rhesus positif (Rh+) dan rhesus yang sedikit langka adalah rhesus negative (Rh-). 

Sementara untuk mengetahui golongan pada darah adalah dengan melihat keberadaan antigen pada plasma darah dan sel darah merah. Antigen sendiri bertugas untuk mengidentifikasi sel pada tubuh terutama ketika ada sel asing yang masuk. Ketika ada se lasing masuk, maka antigen berfungsi untuk mengidentifikasi dan memproduksi zat antibodi.

Jika Anda ingin memperkirakan golongan pada darah tentu saja bisa dan hal ini dilakukan tanpa tes. Meski begitu, hasilnya tentu harus divalidasi lagi melalui pemeriksaan darah. Berikut caranya:

1. Golongan darah orang tua

  • Orang tua memiliki golongan pada darah A kedua-duanya, maka sangat mungkin anaknya bergolongan A atau O. 
  • Apabila orang tua memiliki golongan pada darah B kedua-duanya, maka sangat mungkin anaknya bergolongan B atau O. 
  • Jika orang tua memiliki golongan pada darah AB kedua-duanya, maka sangat mungkin anaknya bergolongan A, B atau AB. 
  • Apabila orang tua memiliki golongan pada darah O kedua-duanya, maka anaknya tentu bergolongan O. 

Kombinasi golongan darah kedua orang tua dapat menghasilkan beberapa kemungkinan pada keturunannya. Cara memperkirakannya adalah dengan memahami prinsip perkalian genetik. 

2. Melihat ciri-ciri fisik seseorang

Ciri-ciri fisik yang khas pada seseorang ternyata bisa digunakan untuk memperkirakan golongan pada darah mereka. Beberapa bagian tubuh yang bisa dilihat adalah kulit dan daya tahan tubuh. Sementara ciri-ciri fisik ini pun menjadi karakteristik dari orang dengan golongan pada darah tertentu. 

Namun ada beberapa ciri-ciri golongan darah yang berbeda pada tiap golongannya. Bagi mereka yang memiliki golongan darah A, akan cenderung lebih jarang digigit nyamuk. Hal ini karena nyamuk lebih tertarik pada mereka yang golongan darahnya selain A. Pemilik golongan darah B jika dibandingkan dengan pemilik golongan darah A dan O, memiliki 50.000 kali lebih banyak jumlah rantai bakteri baik. Kabar baik baik pemilik golongan darah AB dengan rhesus positif, mereka adalah tipe golongan darah yang bisa menerima donor darah dari tipe golongan darah manapun. Sebaliknya, golongan darah O bisa mendonorkan sel darah merahnya kepada siapapun dengan tipe golongan darah apapun.

Karakteristik Fisik Seseorang dengan Golongan Tertentu

A) Kulit

Kulit untuk mereka yang memiliki golongan pada darah A cenderung berpori-pori kecil serta kulit wajah yang bertekstur halus. Karena pori-pori kecil, otomatis orang dengan golongan pada darah A tidak akan mudah berkeringat serta berisiko rendah iritasi kulit

Sementara untuk orang bergolongan B umumnya memiliki lapisan kulit tipis dan mudah iritasi. Pori-pori kulit juga besar sehingga mudah berkeringat. Sementara orang dengan golongan AB memiliki tekstur kulit yang kuat dan bagus yang merupakan perpaduan dari golongan dari B dan A. 

Golongan pada darah O umumnya akan memiliki kondisi kulit dengan pori-pori besar. Kulitnya juga lebih mudah berkeringat terutama di tempat panas. Kulit mereka juga rentan terhadap alergi. 

B) Daya Tahan Tubuh

Daya tahan tubuh terbaik umumnya dimiliki oleh orang dengan golongan pada darah B serta O. Mereka adalah golongan yang tidak mudah terserang penyakit. Sementara golongan darah A lebih cenderung mudah terserang penyakit ringan dan penyakit yang disebarkan melalui udara seperti flu. Golongan pada darah AB cenderung rentan terhadap penyakit yang timbul akibat lingkungan tidak higienis.

– – – – – – Editorial Pick – – – – – –
Coba Cara Menurunkan Kolesterol secara Alami Ini
Manfaat Tisu Magic untuk Keharmonisan Rumah Tangga
Mencegah Bau Mulut Saat Puasa Ramadhan
Cara Membuat Masker Kain, Pelajari Disini!
10 Cara Mudah Menurunkan Berat Badan
Penyakit Masuk Angin, Beneran Ada?

Cara Mengetahui dengan Pasti

Untuk mengetahui dengan pasti golongan darah, tentunya harus melalui tes medis seperti tes ABO dan identifikasi Rhesus. Anda bisa memeriksakan hal tersebut ke dokter maupun saat donor darah.

Itulah beberapa informasi mengenai golongan darah dan karakteristiknya. Semoga bermanfaat. Ingin mengetahui info lebih lanjut mengenai kesehatan? Daftarkan email anda di Ngovee. Untuk mendapatkan suplemen dan vitamin spesial buat anda, unduh aplikasi Jovee. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store.