Hati-hati! Penyebab Pengapuran Tulang Bisa Dari Makanan

Ditinjau oleh: Kelvin Halim, S. Gz.
Pada umumnya, penyebab terjadi pengapuran tulang paling utama karena segi faktor usia. Kita perlu tahu pengapuran dan pengeroposan merupakan kondisi pada tulang yang weh cukup berbeda. Agar lebih aman, maka kita lebih baik tahu apa saja makanan penyebab pengapuran tulang. Penyebab dari pengapuran tulang bisa dari peradangan sendi karena bantalannya menipis seiring umur bertambah.

Sedangkan pengeroposan bisa terjadi karena kepadatan tulang yang berkurang. Jika pengapuran menyerang bagian sendi, maka pengeroposan lebih menyerang tulang. Keduanya berakibat kepada kondisi tulang lebih mudah patah.

Sebenarnya penyebab dari pengapuran tulang paling utama yaitu penuaan. Penuaan ini berarti sendi telah dipakai, sehingga mengakibatkan kerusakan pada tulang rawan.

Jenis Asupan/ Makanan Yang Bisa Menjadi Penyebab Pengapuran

Kita perlu tahu apa saja jenis asupan yang bisa menjadi penyebab dari pengapuran tulang ini. Terdapat beberapa jenis makanan yang perlu kita hindari karena bisa saja menyebabkan peradangan dalam tubuh sehingga bisa makin memperburuk pengapuran tulang.

Gorengan

Makanan seperti gorengan memang sangat nikmat dan menjadi kesukaan bagi banyak orang sehingga gorengan susah untuk ditahan. Tetapi makanan seperti gorengan yang tinggi akan lemak jenuh, bisa saja meningkatkan potensi peradangan tubuh. Asupan gorengan ini juga bisa makin memperparah nyeri yang muncul karena pengapuran tulang.

Kandungan minyak yang dipakai untuk menggoreng bisa menciptakan proses reaksi kimia di dalam tulang dan meningkatkan kolesterol. Tentunya bukan hanya gorengan saja yang perlu kita hindari agar terhindar dari pengeroposan, masih banyak makanan penyebab pengapuran tulang lainnya.

Tepung Terigu

Dari asupan produk gandum juga bisa merangsang peradangan tubuh. Misal saja pasta, roti, pasta dan berbagai makanan lain yang memakai tepung terigu. Beberapa jenis asupan tersebut secara tak langsung bisa menjadi penyebab dari masalah pengapuran tulang.

Gula

Kita juga harus mengingat bahwa karbohidrat yang tinggi gula seperti misal nasi, kue, roti yang dikonsumsi berlebihan dapat berbahaya. Hal tersebut bisa mengubah respons terhadap kekebalan tubuh atas suatu penyakit. Dari reaksi ini, maka bisa makin memperburuk peradangan serta membuat persendian kita yang tadinya tegang menjadi semakin lemah.

Garam

Bukan hanya gula saja, tetapi terlalu banyak asupan garam dapat membuat sel tubuh menjadi bisa menahan air. Hal ini berakibat terhadap, sel yang bisa membengkak. Tubuh kita memang butuh natrium untuk bisa berfungsi optimal.

Tetapi, jika memakan garam yang terlalu banyak, maka dapat menyebabkan peradangan. Hal inilah yang menjadi alasan kenapa garam dapat menjadi penyebab dari masalah pengapuran tulang.

Penyebab Biologis Pengapuran Tulang

Tubuh kita mempunyai sendi yang bergerak bebas, misalnya lutut, siku, dan yang lainnya. Dari pergerakan tulang tersebut membuat rasa sakit dikarenakan bantalan di tulang rawan yang berada antara tulang-tulang membentuk sendiri. Seiring berjalannya usia, maka sendi semakin sering dipakai dan semakin ‘aus’.

Sementara tulang rawan tadi yang menjadi bantalan bisa menipis. Akhirnya benturan dua tulang menjadi tidak terhindarkan. Para penderita bisa saja mengalami sakit, merasa kaku dan berbagai gejala lainnya.

Selain itu, pengapuran tulang dapat merusak sendi yang berada di mana saja. Agar lebih aman, kita lebih baik menghindari beberapa makanan penyebab pengapuran tulang yang sudah dibahas di atas.

Jangan sampai Anda ketinggalan informasi terbaru. Simak informasi selengkapnya hanya di Ngovee. Unduh aplikasi Ngovee lewat Google Play Store maupun App Store untuk mendapatkan rekomendasi vitamin sekarang.