Hindari Konsumsi Makanan Penyebab Asam Urat

Ditinjau oleh: Kelvin Halim, S. Gz.
Penyakit asam urat adalah jenis penyakit yang disebabkan karena terjadinya peningkatan kadar purin dalam darah di  tubuh. Hal itu menyebabkan terjadinya penumpukan kristal yang terdapat dalam jaringan sendi sehingga penderita penyakit ini akan mengalami sakit pada persendian mereka.

Menurut dokter, penyakit asam urat lebih banyak disebabkan karena konsumsi beberapa jenis makanan penyebab asam urat  secara berlebihan. Baik sudah memiliki riwayat penyakit asam urat maupun belum, konsumsi beberapa jenis makanan yang bisa menyebabkan penyakit asam urat memang tak disarankan, apalagi jika dalam jumlah berlebihan.

Batasi Jumlah Konsumsi Makanan Berikut Untuk Cegah Penyakit Asam Urat

Pada beberapa kondisi tertentu bisa terjadi  dimana asam urat yang masuk ke dalam tubuh biasanya ikut larut dalam darah yang kemudian ikut keluar dalam bentuk urine namun hanya keluar  dalam jumlah sedikit. Akibatnya terjadi penumpukan asam urat yang menyebabkan gejala asam urat dari mulai terasa nyeri hingga terjadinya pembengkakan. Berikut jenis makanan yang menyebabkan asam urat.

· Seafood atau makanan laut

Jika Anda penggemar makanan laut maka sebaiknya batasi jumlah konsumsi makanan laut favorit Anda. Disarankan untuk konsumsi makanan laut yang mengandung kadar purin rendah seperti lobster, udang hingga tiram laut. Sedangkan makanan laut jenis kerang, kepiting, ikan sarden dan makarel mengandung kadar purin tinggi sehingga harus Anda batasi jumlah konsumsinya atau hindari untuk mengkonsumsinya.

· Daging merah

Untuk memenuhi kebutuhan protein hewani Anda bisa memenuhinya dengan konsumsi daging yang mengandung kadar purin tingkat sedang seperti daging bebek, ayam, kambing atau sapi. Namun sebaiknya konsumsi dalam jumlah terbatas sehingga aman dari resiko memiliki penyakit asam urat.

Namun jika Anda memiliki riwayat resiko tinggi untuk mengidap penyakit asam urat maka bisa memilih asupan protein nabati yang berasal dari kedelai seperti misalnya tahu dan tempe.

· Sayuran dengan purin tinggi

Selain jenis makanan di atas, ada pula jenis sayuran hijau yang mengandung kadar purin tinggi sehingga tetap harus dihindari jika Anda beresiko mengidap penyakit asam urat. Di antara jenis sayuran yang mengandung kadar purin tinggi adalah sayur buncis, bayam hijau, kembang kol, kangkung, daun singkong, asparagus dan jamur.

· Makanan jeroan hewan

Beberapa orang memiliki makanan kesukaan yang terbuat dari jeroan hewan. Seperti misalnya keripik paru, sate usus, gulai jeroan sapi dan lain sebagainya. Jeroan atau bagian organ dalam hewan sapi, ayam dan hewan lainnya memang banyak penikmatnya. Namun perlu diingat bahwa makanan ini termasuk jenis makanan penyebab asam urat.

Lalu Bagaimana Cara Menurunkan Resiko Terkena Penyakit Asam Urat?

Selain menghindari beberapa jenis makanan yang disebutkan di atas, ada beberapa jenis minuman yang juga mengandung kadar purin tinggi sehingga beresiko untuk meningkatkan kadar purin dalam darah tubuh.

Di antaranya adalah jenis minuman yang manis dan minuman yang mengandung alkohol. Jenis minuman tersebut akan membuat kerja ginjal menjadi lebih berat sehingga tak bisa mengeluarkan kadar asam urat secara maksimal.

Selain hal tersebut, dengan memperbanyak asupan cairan baik dengan air putih maupun susu rendah lemak juga akan sangat membantu menurunkan resiko penyakit asam urat pada Anda. Sekian ulasan tentang jenis makanan penyebab asam urat yang perlu Anda ketahui.