Ibu, Kenali 3 Tahapan Perkembangan Janin
Falla Adinda, dr

Latest posts by Falla Adinda, dr (see all)

Memasuki masa kehamilan merupakan salah satu kebahagiaan tersendiri bagi para ibu. Hal itu berarti dalam waktu dekat akan hadir buah hati di dalam kehidupan rumah tangga mereka. Perkembangan janin di minggu pertama kehamilan umumnya tidak memiliki tkamu-tkamu apapun.

Tiap trimester kehamilan memiliki gejala yang berbeda-beda. Pengenalan ini sangat penting untuk diketahui sehingga penanganan dan juga perawatan kandungan yang tepat dapat dilakukan. Berikut adalah penjelasan perkembangan janin di tiap trimester yang harus kamu ketahui.

Trimester Pertama

  • Bulan pertama

Di bulan pertama kehamilan, awal mula pembentukan janin yaitu zigot. Zigot ini terbentuk dari kumpulan sel hasil peleburan sel sperma dan sel telur. Zigot kemudian akan bergerak menuju rahim dan bergerak dan menempel di dinding rahim.

Pada bulan pertama ini juga kantung ketuban yang akan melindungi janin sudah mulai terbentuk. Perkembangan janin di bulan pertama kehamilan dapat terlihat dari pembentukan rahang, mulut, serta lingkaran hitam yang akan menjadi mata. 

  • Bulan Kedua

Pada bulan kedua kehamilan mulai terjadi pembentukan tulang pada janin. Selain itu susunan sistem saraf pusat seperti otak dan sumsum tulang belakang juga sudah mulai terbentuk.

Pada minggu kelima, pembentukan jantung sudah mulai terjadi. Pada kepala juga sudah mulai terbentuk cikal bakal telinga. Bagian dan struktur wajah juga sudah mulai berkembang pada bulan ini.

  • Bulan Ketiga

Pada bulan ketiga pemeriksaan jenis kelamin janin sudah mulai diketahui melalui pemeriksaan USG. Anggota tubuh janin seperti tangan dan kaki juga sudah mulai lengkap. 

Organ-organ dalam tubuh seperti sistem urine, empedu, dan sistem peredaran darah sudah mulai berfungsi. Janin juga sudah dapat mengepakan tangan dan membuka mulutnya.


Trimester Kedua

  • Bulan Keempat

Pada bulan ini bagian rambut janin sudah mulai berkembang. Berbagai posisi anggota tubuh sudah lengkap. Mata janin sudah dapat bergerak dan mulutnya juga sudah dapat mulai menghisap.

  • Bulan Kelima

Di bulan kelima, mulai terjadi pembentukan otot pada janin. Oleh karena itu, di bulan ini janin sudah mulai bisa menggerakkan badan untuk melatih ototnya. Di bulan ini seluruh tubuh janin juga sudah diselimuti oleh ketuban.

  • Bulan Keenam

Memasuki bulan ini, kelopak mata janin sudah bisa membuka dan menutup. Pembuluh darah juga sudah mulai terlihat. Kulit sudah berwarna kemerahan. Selain itu denyut nadi juga sudah meningkat. Janin juga sudah dapat menerima tanggapan dan rangsangan yang berasal dari luar rahim. 

– – – – – – Editorial Pick – – – – – –
Cara Cepat Hamil Hanya Dalam 1 Bulan
Cara Menghitung Usia Kehamilan
8 Fakta dan Mitos Tentang Ibu Hamil


Trimester Ketiga

  • Bulan Ketujuh

Di bulan ketujuh kehamilan, respon janin terhadap rangsangan semakin jelas. Ia sudah bisa merespon rangsang cahaya, mendengar suara, serta merasakan sakit. Selain itu janin juga dapat mengubah posisi tubuhnya.

  • Bulan Kedelapan

Di bulan-bulan terakhir, organ-organ dalam janis sudah terbentuk dengan baik. Namun organ paru-paru belum terbentuk dengan sempurna. Cadangan lemak pada tubuh juga semakin meningkat. Pergerakan pada janin juga menjadi lebih aktif.

  • Bulan Kesembilan

Di bulan terakhir menjelang masa persalinan, perkembangan janin sudah mulai lengkap dan sempurna. Begitu juga dengan organ dalamnya. Bagian paru-paru juga berkembang dengan sempurna.

Di bulan ini janin sudah siap untuk dilahirkan. Posisi kepala nya juga sudah berpindah mendekati mulut rahim.

Masa kehamilan merupakan masa-masa yang menyenangkan bagi para calon ibu. Dengan mengenal tahapan-tahapannya selama kehamilan. Kamu tentunya dapat memantau perkembangan janin. Walaupun begitu, pemeriksaan kandungan ke dokter kandungan juga harus rutin dilakukan agar kesehatan janin dapat terus terpantau.

Supaya perkembangan si buah hati di kandungan semakin optimal, dukung dengan nutrisi lebih dari asam folat. Jovee punya paket khusus untuk ibu hamil yang pastinya aman dan berlisensi. Download aplikasi Jovee di Playstore dan Appstore sekarang.

Official store Jovee juga tersedia di Blibli, Bukalapak, Lazada, Tokopedia dan Shopee.

Untuk mengetahui informasi kesehatan lebih lanjut, cek Ngovee setiap hari.

Diedit oleh: Aileen Velishya