Ingin Menghilangkan Kerutan Pada Dahi? Ini Solusinya

Ditinjau oleh: dr. Irma Lidia

Garis halus yang berada di wajah adalah kondisi alami yang nantinya akan dirasakan oleh setiap orang. Walaupun tak memberikan efek samping untuk kesehatan, tapi tampilan keriput ini dapat menurunkan tingkat kepercayaan diri serta membuat penampilan menjadi tak maksimal. Apalagi jika tanda ini muncul dari usia muda. Bagaimana cara menghilangkan kerutan pada dahi?

Gaya hidup yang kurang sehat serta kondisi udara yang buruk sering memicu timbulnya kerutan di usia muda. Area dahi biasanya menjadi bagian wajah yang sering menampilkan garis dan kerutan. Agar tampilan ini tak sampai di usia senja, lebih baik Anda mengetahui berbagai hal yang berkaitan dengan keriput dahi. 

Sebenarnya, Apa itu Keriput Pada Dahi?

Garis kerutan yang tepat berada di atas alis biasanya muncul alami ketika melakukan berbagai macam ekspresi. Contohnya ekspresi wajah ketika mengerutkan dahi atau pun ketika mengerutkan alis. Walaupun garis yang berada pada dahi ini memiliki sifat sementara, namun tak berarti kebiasaan ini akan membuat tampilan garis dahi menjadi mudah dihilangkan.

Apalagi semakin bertambahnya usia, elastisitas kulit menjadi semakin menurun, dan kebiasaan melakukan berbagai ekspresi mengerutkan dahi dapat menimbulkan garis-garis halus dan berubah menjadi keriput yang sukar dihilangkan.

Ada berbagai macam faktor yang menjadi pencetus keriput dahi ini. Contohnya seperti kebiasaan menggambarkan ekspresi dengan cara mengerutkan dahi, atau tak melakukan perawatan dengan mendalam di area dahi. Faktor-faktor eksternal juga memberikan pengaruh, seperti polutan dan sinar matahari.

Walaupun penambahan usia menjadi faktor yang paling utama munculnya keriput, tetapi kondisi ini bisa lebih cepat bila tak melakukan perawatan di area wajah. Berdasarkan sebuah studi, gerakan otot yang dilakukan pada wajah setiap hari dapat memberikan tekanan pada kulit sehingga memicu kerutan. Bila kondisi ini dilakukan saat kulit dalam keadaan kering, aktivitas otot bisa menimbulkan tampilan garis halus permanen.

Gerakan Wajah Tanpa Sadar Dapat Menimbulkan Kerutan

Berikut beberapa gerakan wajah tanpa sadar yang dapat menimbulkan kerutan di area dahi, antara lain:

  1. Sering menggerakkan alis

Saat menyadari adanya garis halus yang berada di sekitar dahi, hal ini bisa disebabkan karena terlalu sering menggerakkan alis. Mengapa bisa demikian? Menaikkan alis sering dilakukan ketika merasa terkejut, takut atau bahagia. Ketika menaikkan alis, otot yang berada pada dahi berkontraksi. Akibat dari gerakan ini, muncul garis halus yang berada di sekitar dahi yang sering disebut dengan wrinkles. 

  1. Menyipitkan mata

Gerakan menyipitkan mata mungkin sering tidak disadarI. Biasanya, gerakan ini kita lakukan saat akan memperjelas penglihatan. Gerakan ini nantinya akan menimbulkan kerutan yang berada di ujung luar mata dan sering disebut crow’s feet. Gerakan ini biasanya muncul ketika sudah berusia 20 tahunan. Biasanya, gerakan ini tanpa disadari dilakukan saat mata terpapar cahaya yang terlalu silau.

  1. Mengerutkan dahi

Mengerutkan dahi juga menjadi ekspresi wajah yang sering dilakukan. Tanpa disadari, hal ini ternyata menjadi penyebab kerutan pada wajah. Biasanya, ekspresi ini dilakukan saat tidak sadar, ketika Anda merasa marah ataupun kesal. Dahi yang berkerut, biasanya akan memunculkan tampilan garis halus. 

Tips Hilangkan Kerutan Pada Wajah

Untuk menghilangkan kerutan pada wajah, terutama dahi, berikut beberapa hal yang bisa dilakukan, seperti:

  1. Mencukupi kebutuhan tidur

Sebuah survei membuktikan bila kebiasaan begadang dapat membuat Anda terlihat beberapa tahun lebih tua dibandingkan dengan usia asli. Penelitian ini juga mengungkapkan bila mereka yang cukup tidur berpotensi tak memiliki kerutan pada dahi.

  1. Memperbanyak konsumsi air putih

Jangan salah, memenuhi asupan cairan bukan hanya berguna untuk mencegah dehidrasi tubuh, karena dalam penelitian, pada tahun 2008 lalu, memberikan gambaran bila mengkonsumsi air mineral setiap hari akan mengurangi keriput hingga 25 persen. 

  1. Merawat kulit di klinik kecantikan

Bila Anda menginginkan hasil yang cepat, tak ada salahnya bila mengunjungi klinik kecantikan. Terdapat perawatan yang dapat dilakukan untuk memperoleh wajah yang kencang seperti face lift, botoks serta dermabrasi. Namun, harus dicatat bila hanya dokter spesialis kulit yang bisa menanganinya. 

Cara Mencegah Kerutan Pada Dahi

Keriput adalah reaksi alamiah yang dimiliki kulit serta dialami oleh siapa pun. Namun bukan berarti kerutan dahi tidak bisa ditunda. Anda dapat tampil dengan wajah yang kencang sampai usia tua, asalkan secara rutin melakukan perawatan wajah. Contohnya dengan melakukan hal sederhana seperti menjaga agar wajah tetap lembab.

Selain itu, Anda juga dapat memilih produk anti aging dengan kandungan retinol. Produk ini berguna untuk merangsang pertumbuhan kolagen dan memaksimalkan elastisitas kulit. dr. Irma Lidia, tim dokter Jovee juga berpendapat, “Jangan lupa memakai sunblock untuk melindungi kulit dari penuaan/kerusakan kulit akibat sinar UV.”

Tak hanya itu, melakukan senam wajah agar mencegah kerutan halus juga bisa dilakukan. Pastikan Anda menjaga ekspresi wajah serta mengurangi kebiasaan menaikkan alis, menyipitkan mata dan terlalu stress.
Ingin mengetahui informasi kesehatan terpercaya? Daftarkan email anda di Ngovee. Untuk mendapatkan suplemen dan vitamin spesial buat anda, unduh aplikasi Jovee. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store. Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee