Ini Dia Manfaat Senam Lantai Jika Dilakukan Secara Rutin

Ditinjau oleh: dr. Irma Lidia
Senam lantai merupakan salah satu kegiatan olahraga yang cukup digemari, karena cukup simpel untuk melakukannya. Manfaat senam lantai sendiri pun ada cukup banyak bagi tubuh, sehingga banyak orang yang melakukan senam lantai ini untuk olahraga.

Kegiatan olahraga pada dasarnya merupakan kegiatan yang sangat dibutuhkan oleh tubuh supaya tubuh kita itu bisa cukup sehat. Untuk kalian yang ingin memulai senam lantai, mungkin perlu mencari tahu apa saja manfaatnya supaya bisa menjadi motivasi lebih.

Gerakan Senam Lantai

Gerakan yang ada pada olahraga senam lantai itu bisa dibilang sangat banyak dan bervariatif, bahkan sekarang pun masih terus berkembang. Mulai dari roll depan, roll belakang, handstand, kayang, sampai sit up itu menjadi beberapa pola gerakan.

Meskipun terlihat sangat gemulai, akan tetapi sebenarnya untuk melakukan beberapa gerakan tersebut sangatlah sulit dan menantang. Karena untuk melakukan gerakan senam lantai itu dibutuhkan koordinasi tubuh, kekuatan otot, keseimbangan dan juga kesadaran yang tinggi.

Manfaat Olahraga Senam Lantai

Kalau dilihat dari gerakannya mungkin terlihat mudah dan tidak terlalu bertenaga, akan tetapi sebenarnya memiliki manfaat yang sangatlah banyak. Dengan pola gerakan yang bervariasi itu akan membuat kita bisa mendapatkan beberapa manfaat dari kegiatan olahraga tersebut. Dan olahraga senam lantai itu pun sebenarnya sangat menguras energi. Dan berikut ini beberapa manfaat yang akan bisa kita dapatkan dari melakukan senam lantai secara rutin.

1. Meningkatkan Fleksibilitas Tubuh

Manfaat yang paling pertama yang bisa kita dapatkan dari kegiatan olahraga senam lantai itu adalah tubuh yang jadi lebih fleksibel. Karena olahraga senam lantai itu sendiri merupakan olahraga yang benar-benar menarik otot di dalam tubuh kita sampai maksimal.

Sehingga kelenturan otot itu akan bisa terlatih secara maksimal, sehingga tubuh pun akan jadi lebih fleksibel juga. Selain itu ada menjaga keseimbangan yang memang membuat tingkat fleksibilitas tubuh pun meningkat.

2. Membakar Kalori

Manfaat senam lantai yang kedua adalah untuk membakar kalori yang ada di dalam tubuh kita, sehingga bisa menguruskan tubuh. Seperti kita jelaskan kalau meskipun kegiatannya itu sebenarnya tidak terlalu terlihat keras, akan tetapi butuh tenaga yang besar.

Untuk melakukan beberapa kegiatan tersebut, memang membutuhkan energi yang besar di dalam tubuh kita. Sehingga jelas kita akan bisa membakar kalori dengan cukup besar dan membuat tubuh kita jauh lebih kurus.

3. Menguatkan Otot

Beberapa gerakan yang digunakan pada senam lantai itu bisa dibilang akan mengenai hampir semua otot. Jadi hampir semua otot di dalam tubuh kita akan bisa kita latih di gerakan senam lantai tersebut, sehingga lebih efektif. Dan dengan latihan otot yang cukup keras juga, tentu saja gerakan ini akan bisa menguatkan otot tubuh kita.

Waktu Untuk Senam Lantai

Bila ingin memulai senam lantai, maka sebaiknya kalian itu mengetahui dengan baik kapan waktu yang tepat untuk melakukannya. Karena bila dilakukan pada waktu yang tepat, maka kita akan bisa mendapatkan manfaat yang maksimal dari olahraga tersebut.

Menurut dr. Irma Lidia, tim dokter Jovee, “Untuk orang dewasa sehat disarankan untuk melakukan aktivitas penguatan yang melatih semua otot utama (kaki, pinggul, punggung, perut, dada, bahu dan lengan) minimal 2 hari dalam seminggu, ini bisa dicapai dengan melakukan senam lantai.

Selain itu lakukan juga latihan aerobik dengan  intensitas sedang 150 menit dalam seminggu yang terbagi dalam beberapa sesi.”

Untuk waktunya sendiri paling baik itu dilakukan pada pagi hari sebelum kalian mengonsumsi makanan apapun juga. Awali dengan air putih sehingga manfaat senam lantai yang didapatkan akan jauh lebih besar.

Orang di jaman sekarang sudah sadar pentingnya memulai gaya hidup yang sehat, dan salah satunya adalah dengan olahraga. Informasi mengenai pola hidup yang sehat bisa kalian dapatkan di Ngovee.