Ini Dia Olahraga Menyenangkan di Rumah Bersama Anak

Ditinjau oleh : dr. Irma Lydia

Selama pandemi, hampir seluruh kegiatan dilakukan di rumah. Bahkan olahraga yang sebelum pandemi lebih banyak dilakukan di luar rumah seperti di pusat kebugaran atau stadion olahraga pun saat ini juga disarankan untuk dilakukan di rumah. Tujuannya adalah menghindari kerumunan yang sangat berpotensi menjadi sarana penyebaran virus Covid-19. Apa saja olahraga bersama anak yang bisa dilakukan bersama anak?

Bagi para orang tua, penting juga untuk memperhatikan kesehatan fisik dan mental anak selama berkegiatan di rumah. Salah satu cara yang bisa dilakukan orang tua untuk tetap sehat sekeluarga adalah berolahraga bersama. Kira-kira apa saja ya rekomendasi olahraga menyenangkan di rumah bersama anak?

Manfaat Olahraga Bersama Anak

Ada manfaat yang bisa dirasakan dengan berolahraga bersama anak. Salah satu manfaatnya adalah mempererat hubungan antara orang tua dengan anak. Terkadang sulit menemukan aktivitas yang sama-sama disukai anak-anak orang tua. Oleh karena itu, olahraga bisa jadi pilihan aktivitas yang bisa dilakukan orang tua dengan anak. Manfaat kesehatan pun juga dapat dirasakan. 

Jika anak Anda sangat sibuk dan aktif, ini adalah cara yang bagus untuk menemukan kesamaan dan cara untuk menjalin ikatan, terutama dengan anak laki-laki. Berolahraga bersama dengan anak juga dapat menjadi sarana orang tua mengajarkan kepada mereka bahwa olahraga adalah kegiatan yang menyenangkan. Mereka bisa menyalurkan energi yang mereka miliki dengan bebas sambil menjaga kebugaran tubuh. 

Pada dasarnya anak akan senang meniru apa yang dilakukan orang tua. Hasil dari sebuah penelitian yang dipublikasikan di International Journal of Behavioral Nutrition and Physical Activity, menyimpulkan bahwa ada hubungan positif antara kebiasaan orang tua, termasuk kebiasaan olahraga, dengan aktivitas fisik anak. 

Cara Olahraga Bersama Anak 

Perlu pendekatan dan cara olahraga yang berbeda pada setiap tingkatan umur anak. Ketika Anda ingin berolahraga dengan bayi, Anda bisa menjadikan mereka sebagai “beban” ekstra dalam berolahraga. Lain halnya ketika berolahraga dengan balita. Memasuki usia balita, Anak Anda pasti senang untuk berlarian kesana kemari, memanjat, dan menari. 

Nah ini adalah waktu yang pas untuk menyalurkan energi mereka. Anda bisa melakukan berbagai hal yang diinginkannya sebagai sarana olahraga bersama. Pilih lagu favoritnya dan mulai menari dan bergerak bersama dengan anak Anda. Memasuki usia sekolah, anak-anak akan mulai mengerti apa itu olahraga.

Di usia ini adalah waktu yang tepat untuk menanamkan kebiasaan baik dengan menjadikan olahraga sebagai bagian yang menyenangkan dari aktivitas keluarga Anda. 

Kegiatan Olahraga Menyenangkan Bersama Anak di Rumah

1. Push Up

Sebagai catatan, sesuaikan jenis olahraga sesuai dengan kemampuan anak Anda. Ketika Anda melakukan push-up dengan posisi jari-jari kaki di lantai, siku ditekuk dengan kaki dan punggung lurus, anak Anda juga bisa melakukan hal yang sama namun sesuai dengan kekuatannya dengan posisi berbaring tengkurap dan meluruskan tangannya. 

2. Sit Up

Salah satu olahraga sederhana yang bisa dilakukan orang tua bersama dengan anak adalah sit up. Olahraga yang satu ini tidak membutuhkan banyak alat. Cukup duduk berhadapan dengan anak anda dengan posisi kaki dilipat ke arah dalam badan, dan Anda mulai mengayun badan Anda. Minta bantuan anak untuk memegang kaki Anda selama melakukan sit up.

3. Buat area olahraga di halaman rumah

Walaupun di rumah saja, jangan kehabisan ide untuk melakukan olahraga bersama dengan anak. Manfaatkan area-area yang ada di rumah seperti halaman rumah Anda. Buat beberapa lintasan rintangan dari pot bunga yang bisa melatih ketangkasan dan kecepatan anak Anda dalam bergerak. Anda bisa membuat dua rintangan yang sama dan berlomba dengan Anda 

4. Zumba for Kids

Anda bisa melakukan gerakan zumba bersama dengan anak-anak. Dengan durasi sekitar 2 menit setiap variasi gerakan, Anda bisa menggabungkan beberapa variasi gerakan sesuai dengan kekuatan anak Anda. Sebagai permulaan, Anda bisa melihat referensi video zumba kids yang ada di internet. 

5. Yoga

olahraga bersama anak

Arahkan anak Anda untuk melakukan beberapa gaya yoga dan sederhana seperti meregangkan kaki dan tangan atau berputar. Anak-anak cenderung lebih lentur dalam melakukan berbagai gaya yoga. Jangan lupa berikan semangat dan apresiasi kepada mereka ketika bersemangat dan berhasil melakukan gerakan yoga. 

6. Hip-Hop untuk anak

olahraga bersama anak

Jika anak Anda memiliki selera ritme dan suka bermain musik, ini adalah pilihan yang bagus! Bahkan jika anak Anda belum terlalu terkoordinasi, dia masih akan bersenang-senang menari-nari. 

Bahagia dan Sehat Bareng Jovee

Simak artikel seputar tips dan trik kesehatan lainnya dari Jovee, pusat vitamin terlengkap. Unduh juga aplikasi Jovee melalui Play Store dan App Store serta dapatkan suplemen personalmu. Cari tahu pula tentang suplemen yang kamu butuhkan dengan berkonsultasi secara gratis dengan nutrisionis Jovee.

Penulis : Filza Intan

Referensi :
Ways To Exercise With Children. Very Well Family
10 Exercises for A Great Parent and Kid Workout. Active Kids
How Exercise Kids Any Age. Tree Hugger
Easy Workouts Moms Kids Free. A Hundred Affections
Association between parent and child physical activity: a systematic review Grontved A. dkk.