Inilah Olahraga yang Cocok untuk Program Hamil
Ditinjau oleh: dr. Irma Lidia

Memiliki buah hati merupakan dambaan bagi kebanyakan pasangan yang sudah berumah tangga. Salah satu cara untuk memiliki buah hati adalah dengan melakukan program kehamilan. Namun untuk berhasil, program kehamilan tidak cukup dilaksanakan oleh istri atau suami saja, melainkan keduanya. Karena salah satu faktor penting dari program kehamilan adalah terjaganya kesehatan reproduksi, baik dari suami maupun istri. Terdapat beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk melaksanakan program kehamilan, seperti melakukan olahraga. Berikut adalah beberapa olahraga yang disarankan untuk program kehamilan.

Manfaat olahraga untuk kesehatan reproduksi pria

Sebuah penelitian yang dilakukan pada 1,296 pria menyebutkan bahwa melakukan olahraga secara rutin dapat meningkatkan jumlah sperma hingga 84.7%. Bagi pria yang memiliki kualitas sperma rendah seperti pada pria penderita asthenozoospermia dan oligospermia, mereka dapat melakukan beberapa macam olahraga seperti berjalan atau berlari diatas treadmill selama kurang lebih 30-35 menit, dan kemudian melatih ketahanan otot selama 30-35 menit.

Penelitian lainnya juga menghasilkan hal yang serupa. Sebanyak 261 pria sehat yang telah menikah dibagi menjadi empat kelompok berbeda secara acak, yang mana tiga kelompok diantaranya melakukan olahraga dengan intensitas yang berbeda, dan kelompok empat tidak melakukan olahraga apa pun sebagai perbandingan.

Hasilnya, para peneliti menemukan bahwa berolahraga dapat meningkatkan kualitas sperma pada pria. Olahraga yang paling bermanfaat bagi peningkatan kualitas sperma pria adalah olahraga dengan intensitas yang sedang, seperti melakukan jogging selama tiga jam dalam seminggu.

Namun, kualitas kesuburan sperma pria tidak menjamin berhasilnya program hamil, karena terdapat beberapa faktor lain yang dapat mempengaruhi keberhasilan dari program hamil, seperti tidak mengenakan pakaian dalam yang terlalu ketat, berhenti merokok, dan kurangi konsumsi alkohol, melakukan diet seimbang, dan menghindari obesitas.

Jika Anda telah melaksanakan program hamil dalam kurang lebih satu tahun, namun belum mendapatkan hasil yang maksimal, Anda dapat menghubungi dokter untuk melakukan identifikasi terhadap kemungkinan adanya masalah kesuburan. Sehingga, Anda dan pasangan bisa mendapatkan saran untuk langkah selanjutnya yang harus dilakukan.

Manfaat olahraga untuk kesehatan reproduksi wanita

Sama seperti pria, wanita yang melakukan olahraga dengan intensitas sedang secara rutin dapat meningkatkan kesuburan wanita dibanding dengan mereka yang tidak berolahraga sama sekali. Hal ini ditunjukkan dari hasil penelitian yang dilakukan pada 3,628 wanita dengan rentang usia 18-40 tahun.

Berolahraga juga dapat membantu Anda mencapai berat badan yang ideal, karena kenaikan berat badan yang disebabkan oleh banyak faktor-seperti PCOS (Polycystic Ovarian Syndrome) dapat mempersulit kehamilan. Selain itu, terdapat beberapa faktor lain yang dapat mempersulit kehamilan, seperti wanita dengan usia di atas 35 tahun, perokok aktif, konsumsi alkohol berlebih, dan penggunaan narkoba.

Terdapat beberapa olahraga yang baik untuk para wanita yang sedang melakukan program kehamilan, antara lain:

1. Yoga

Inilah Olahraga yang Cocok untuk Program Hamil

Jika Anda ingin melakukan olahraga di rumah, maka yoga adalah jawabannya. Beberapa ahli menyatakan bahwa yoga merupakan salah satu olahraga yang dianjurkan bagi para wanita yang sedang melaksanakan program hamil. Terdapat tujuh gerakan yoga yang dapat membantu meningkatkan kesuburan wanita, seperti bee breath, seated forward fold, reclining bound angle, shoulder stand, legs up the wall, cobra pose, dan supported bridge pose.

Anda dapat melakukan secara rutin, dan dengan instruksi dari seorang profesional agar mendapatkan hasil yang maksimal bagi kesuburan.

2. Pilates

Inilah Olahraga yang Cocok untuk Program Hamil

Pilates merupakan salah satu olahraga yang cocok bagi wanita yang sedang melaksanakan program kehamilan. Salah satu manfaat dari pilates adalah mengurangi stres dan menjaga keseimbangan hormon dalam tubuh yang dapat berdampak bagi kesuburan wanita. Selain itu, olahraga pilates juga dapat meningkatkan produksi hormon endorfin yang dapat menjaga kesehatan tubuh Anda dan meningkatkan kualitas tidur.

Sama seperti yoga, pilates juga harus dilakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

3. Berenang

Mengungkap Manfaat Propolis untuk Kesehatan

Berenang merupakan salah satu jenis olahraga yang bagus karena dapat berdampak pada meningkatnya aliran darah ke seluruh tubuh, yang mana penting bagi kesehatan reproduksi. Olahraga renang juga tidak terlalu membebani persendian sehingga lebih minim untuk terkena risiko cedera.

4. Jogging

Mengungkap Manfaat Propolis untuk Kesehatan

Olahraga yang dianjurkan selanjutnya adalah jogging. Sama seperti berenang, jogging merupakan salah satu jenis olahraga kardio yang bisa meningkatkan kesehatan jantung. Selain merupakan salah satu jenis olahraga yang paling terjangkau, jogging juga dapat bermanfaat bagi kesehatan reproduksi. Melakukan jogging selama dua sampai tiga kali selama seminggu dalam 15 sampai 30 menit pada setiap harinya dapat membantu menjaga kebugaran tubuh Anda. Jika kebugaran dan kesehatan terjaga, maka dapat berdampak baik bagi kesuburan Anda (Baca juga: Temukan 7 Manfaat Berlari Bagi Kesehatan Tubuh).

Menurut dr. Irma Lidia, tim dokter Jovee, “Berolahraga membuat tubuh Anda tetap fit dan juga mengatur banyak proses internal tubuh. Olahraga membantu tubuh dalam beberapa hal yang signifikan sehingga lebih sehat, yang akhirnya memudahkan terjadinya kehamilan, olahraga membantu siklus tidur, mengontrol berat badan. Berat badan memainkan peran penting dalam keberhasilan mengandung anak. Ada hubungan antara masalah hormonal, keguguran, dan infertilitas dengan kecenderungan kelebihan berat badan. Olahraga juga dapat mengurangi stres. Selain itu dengan rutin berolahraga tubuh akan lebih sehat dan fit dalam menjalankan / mendukung kehamilan nantinya.”

Ingin tahu berita seputar kesehatan lainnya? Simak selengkapnya hanya di Ngovee. Unduh aplikasi Jovee melalui Google Play Store maupun App Store untuk mendapatkan rekomendasi suplemen. Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee.

Sumber: 

Moderate Exercise Better for Sperm Than Higher Intensity Exercise. NHS UK. 2016

Improving Male Fertility with Exercise. Exseed Health

A prospective cohort study of physical activity and time to pregnancy. Fertstert Organization

The Best Exercises For Improving Fertility. Laivf Clinic

Effect of forced swimming stress on count, motility and fertilization capacity of the sperm in adult rats. NCBI Journal