Inilah Tradisi Perayaan Valentine di Berbagai Negara

Bulan Februari dikenal dengan bulan kasih sayang. Tepatnya tanggal 14 Februari, biasanya dirayakan sebagai hari kasih sayang atau hari valentine. Tradisi perayaan valentine di setiap negara pun beragam. Biasanya tradisi perayaan hari valentine disesuaikan dengan kebudayaan ada dan berkembang di negara tersebut. Nama Valentine sendiri diambil dari nama seorang pendeta yang bernama Santo Valentine. Pendeta ini mengabdi pada abad ke-3 di Roma. Pada saat itu, Kaisar Claudius II berpendapat bahwa pria yang lajang atau belum menikah, menjadi tentara yang lebih baik jika dibandingkan dengan pria yang memiliki istri dan keluarga, sehingga beliau melarang pernikahan muda bagi tentara.

Valentine tidak setuju dan menentang pendapat Kaisar Claudius II. Menurutnya itu adalah sebuah ketidakadilan terhadap pria muda dan Ia mulai melakukan pernikahan rahasia bagi pasangan muda. Mengetahui tindakan Valentine, Kaisar Claudius II memerintahkan pasukannya untuk membunuh Valentine. Kisah lain menunjukkan bahwa orang suci itu mungkin telah terbunuh saat membantu orang-orang Kristen melarikan diri dari penjara Romawi yang keras, tempat mereka disiksa. Secara bertahap, Saint Valentine menjadi sangat populer sehingga pasangan di seluruh dunia mulai merayakan hari Valentine sebagai hari cinta atau hari kasih sayang.

Tradisi Perayaan Hari Valentine di Berbagai Negara

1. Perancis

Negara Perancis diyakini sebagai negara yang pertama kali merayakan hari valentine, yakni ketika Pangeran Charles, mengirim surat cinta kepada istrinya dari penjara pada tahun 1415. Pada saat itu, pangeran Charles tinggal di sebuah desa di Negara Perancis yang bernama “Valentine”. Sejak saat itulah desa “valentine” berubah menjadi pusat romansa di antara 12 dan 14 Februari. Tradisi yang ada di Perancis ketika merayakan hari kasih sayang adalah dengan menghias pekarangan dengan bunga-bunga yang cantik, menghias rumah dengan kartu ucapan cinta dan kasih sayang, dan bunga mawar adalah bunga yang dipilih untuk menghiasi taman-taman maupun diberikan kepada yang terkasih sebagai bentuk cinta.

2. Korea Selatan

Tradisi perayaan hari valentine di Korea Selatan boleh jadi adalah tradisi yang paling unik. Pasangan kekasih di sana, merayakan hari kasih sayang pada tanggal 14 setiap bulannya. Tema dalam perayaannya pun beragam. Tanggal 14 Mei dirayakan sebagai hari Mawar, 14 Juni Hari Cium, dan 14 Desember sebagai hari berpelukan.

3. Filipina

Hari Valentine di Filipina dirayakan anak-anak muda di sana untuk menikah. Menariknya, acara pernikahan tersebut disponsori oleh pemerintah sebagai bentuk pelayanan publik. Dibandingkan dengan perayaan hari Valentine di negara-negara lain, perayaan hari valentine di Filipina adalah acara yang mewah dan menjadi hari yang spesial bagi kaum muda.

4. Brasil

Perayaan hari kasih sayang di Brasil ditandai dengan adanya festival “Dia dos Namorados“, yang juga dikenal sebagai hari kasih sayang atau lovers day. Namun perayaan ini tidak dilakukan pada tanggal 14 Februari seperti perayaan hari kasih sayang di negara-negara lain. Festival Dia dos Namorados diselenggarakan pada 12 Juni setiap tahunnya. Selain pertukaran coklat, bunga dan kartu yang biasa, festival musik dan pertunjukan diadakan di seluruh negeri. Pemberian hadiah juga tidak terbatas pada pasangan. Banyak dari penduduk di negara Brasil merayakan hari kasih sayang dengan makan malam dengan teman dan kerabat dekat. 

———- Editorial Pick ———-
Ini 6 Manfaat Pelukan dengan Pasangan
Tips Meningkatkan Kemesraan Suami Istri
5 Gaya Bercinta Nikmat saat Musim Hujan, Apa Saja?
Mengenal Manfaat Glucosamine Untuk Sendi dan Tulang
Efek Bahaya Alkohol Pada Imunitas Tubuh Dan Cara Mengatasinya

4. Jepang

Keunikan lainnya dalam merayakan hari valentine terjadi di Negara Jepang. Perayaan hari kasih sayang dilakukan pada pada 14 Februari dan  di tanggal ini wanita membeli hadiah dan cokelat untuk pasangan atau kekasih pria mereka. Sedangkan para pria tidak dapat mengembalikan hadiah hingga 14 Maret, yang disebut “white day“.

5. Indonesia

Di Indonesia, cenderung tidak ada acara khusus dalam perayaan hari kasih sayang. Namun beberapa pasangan menyambut hari valentine dengan bertukar hadiah atau sekadar memberikan coklat kepada pasangan. Mengambil momen ini, biasanya berbagai supermarket dan pusat perbelanjaan berlomba-lomba memberikan diskon untuk produk yang biasa diberikan pada saat hari valentine seperti coklat, bunga, maupun produk-produk lain khusus pria dan wanita. 

Rekomendasi Hampers Valentine

Hampers Valentine

Saat merayakan hari kasih sayang, berbagai macam barang yang bisa Anda berikan kepada mereka yang tersayang sebagai bentuk ungkapan perhatian dan rasa cinta. Walaupun biasanya hari valentine identik dengan coklat dan bunga, namun Anda juga bisa memberikan barang lain yang lebih bermakna bagi orang yang Anda cintai. Saat ini pengemasannya pun banyak yang menarik seperti parsel atau hampers. Hampers valentine yang bisa Anda berikan sebagai bentuk kasih sayang dan perhatian adalah vitamin dan suplemen. Terkadang perhatian-perhatian kecil seperti memberi vitamin yang memang menjadi kebutuhan yang mereka yang disayang akan lebih berkesan dan pastinya bermanfaat. Jika Anda tertarik untuk memberikan hampers vitamin untuk pasangan atau keluarga, coba kunjungi website jovee dan temukan rekomendasi hampers valentine cantik untuk kesayangan Anda. 

Dapatkan suplemen terbaik dan konsultasi nutrisionis gratis hanya di pusat vitamin personal terlengkap, Jovee. Unduh juga aplikasinya untuk mengetahui rekomendasi vitamin harian sesuai kebutuhan personal kamu. Aplikasi Jovee tersedia di Google Play Store dan App Store.

Penulis : Filza Intan 

Referensi : 
Valentines Day Traditions Around The World. Traveltriangle
10 Valentine’s Day Tradition All Around The World. Huffpost