Kandungan Minyak Kutus Kutus Bermanfaat untuk Kesehatan
Dr. Fala Adinda

Minyak kutus kutus saat ini menjadi perbincangan ramai. Terutama untuk mereka yang memilih menggunakan metode pengobatan tradisional maupun alternatif. Minyak satu ini dipercaya memiliki banyak sekali manfaat serta kemampuan dalam menyembuhkan penyakit. Tak hanya beberapa penyakit ringan. Kutus kutus pun dianggap mampu menyembuhkan sederet jenis penyakit berat sampai kronis lain.

Sebelum membahas lebih jauh mengenai manfaat dan keunggulan dari penggunaan minyak kutus kutus pada terapi pengobatan alternatif serta tradisional, sebaiknya memang mengenali lebih dulu apa itu kutus kutus.

Minyak kutus kutus merupakan sebuah jenis minyak herbal yang dibuat oleh Servasius Bambang Pranoto pada tahun 2012 silam. Saat itu, Servasius Bambang Pranoto yang mengalami kelumpuhan mencampurkan berbagai bahan tradisional serta herbal untuk membuat ramuan pengobatan. Saat kelumpuhannya berangsur membaik, Servasius Bambang Pranoto pun disebutkan semakin mengembangkan minyak herbal temuannya. Sampai akhirnya menjadi banyak digunakan seperti saat ini.

Minyak herbal kutus kutus dari Servasius Bambang Pranoto ini memiliki basis dari minyak kelapa. Sedangkan lainnya terdapat 48 jenis tanaman herbal yang ada di dalam kandungannya. Servasius Bambang Pranoto memastikan minyak kutus kutus buatannya tak memiliki campuran bahan kimia, dari hewan, atau pun bawang. Sebalikya, beberapa bahan herbal di dalam minyak ini memang dikenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Berikut ini merupakan beberapa bahan herbal di dalam kutus kutus dengan banyak manfaat untuk kesehatan dan penyembuhan.

1. Daun Neem

Daun neem memiliki nama ilmiah Azadirachta indica dan berasal dari India. Sebenarnya semua bagian dari tanaman ini dapat dimanfaatkan dan memberikan keuntungan untuk kesehatan. Mulai dari akar, daun, biji, sampai buah dari neem memiliki manfaat tersendiri.

Sedangkan daun neem yang digunakan dalam minyak herbal kutus kutus memiliki keunggulan untuk menyembuhkan bisul serta kanker. Selain juga untuk mengatasi penyakit lain seperti gangguan pada penglihatan, cacingan, sampai untuk mengendalikan kadar gula di dalam darah. Daun neem juga memiliki manfaat menyembuhkan penyakit kardiovaskuler. Beberapa penelitian pun disebutkan sudah melakukan studi mengenai manfaat dan keuntungan penggunaan dari daun neem.

2. Daun Ashitaba

Selain daun neem yang berasal dari India, kandungan penuh manfaat lain dari minyak herbal kutus kutus adalah daun ashitaba. Daun ashitaba berasal dari negara Jepang dan sudah cukup lama digunakan untuk berbagai metode pengobatan tradisional maupun herbal. 

Dalam minyak herbal kutus kutus, daun ashitaba digunakan dalam bentuk ekstrak. Manfaat dari penggunaan daun ini diantara lain untuk tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, asam urat, sembelit, dan demam. Sedangkan keuntungan paling pasti dalam penggunaan daun ashitaba ini sendiri untuk masalah gangguan pencernaan seperti GERD dan juga darah tinggi. Selain dapat juga mengatasi cacar, retensi cairan, pembekuan darah, hingga keracunan makanan. Namun kehebatan daun ini masih membutuhkan banyak penelitian dalam jumlah besar untuk membuktikan fungsi tersebut.

3. Bunga Lawang

Salah satu kandungan lain di dalam kutus kutus adalah adanya Bunga lawang. Bunga lawang pun bukan lagi hal baru di Asia. Di beberapa negara seperti Thailand dan juga Vietnam, Bunga lawang kerap digunakan untuk bahan masakan. Sedangkan di beberapa negara lain, Bunga lawang digunakan pada berbagai tipe pengobatan tradisional.

Bunga lawang di dalam minyak kutus kutus berperan untuk melawan infeksi dari virus atau pun jamur. Selain itu juga, Bunga lawang akan memperbesar daya tahan atau imun seseorang sehingga lebih tahan pada serangan bakteri, jamur, dan juga virus.

– – – – – – Editorial Pick – – – – – –
Jenis Makanan Pemicu Alzheimer Yang Perlu Kamu Ketahui
Tips Agar Tangan Tidak Sering Menyentuh Wajah
Kacamata Anti Radiasi: Penggunaan, Keunggulan, dan Kelemahan
Mau Menjaga Kesehatan Tubuh Setiap Hari? Lakukan 8 Tips Berikut Ini
Hal Penting Mengenai Golongan Darah dan Karakteristiknya
Coba Cara Menurunkan Kolesterol secara Alami Ini

Minyak ini telah terdaftar pada Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan bersertifikasi halal oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI). Meskipun begitu belum ada penelitian lebih lanjut mengenai manfaat minyak ini untuk kesehatan. Sehingga penggunaannya juga perlu berhati-hati.

Bahan-bahan herbal tidak selamanya aman dan memberi efek baik bagi kesehatan. Karena bahan alami juga dapat berefek racun jika pengolahan dan jumlah konsumsinya tidak tepat, sehingga dapat menimbulkan penyakit lainnya. Beberapa bahan herbal belum memiliki banyak penelitian secara luas dan terbuka dalam jumlah partisipan penelitian yang banyak. Ada beberapa bahan herbal pun yang dapat memicu alergi bagi sebagian orang.

Penasaran dengan tips dan trik kesehatan lainnya? Simak selengkapnya hanya di Ngovee. Unduh aplikasi Jovee melalui Google Play Store maupun App Store.