Kenali Apa Saja Manfaat Buah Alpukat untuk Kesehatan Anda
Ditinjau oleh: dr. Irma Lidia

Terdapat banyak manfaat buah alpukat untuk kesehatan Anda, salah satunya karena terdapat sekitar 20 jenis mineral dan vitamin di dalamnya. Maka dari itu, alpukat sering dikaitkan sebagai salah satu buah yang paling bergizi. Jika ingin merasakan manfaat buah alpukat secara optimal, maka Anda disarankan untuk secara rutin mengonsumsinya.

Alpukat memiliki cita rasa yang gurih dan tekstur yang lembut sehingga buah ini cocok dijadikan makanan penutup untuk dicampur dengan salad, atau diolah menjadi jus. Meski memiliki kandungan lemak yang cukup tinggi, namun ternyata salah satu manfaat buah alpukat adalah dapat membantu menurunkan berat badan.Hal ini terjadi karena jenis lemak yang ada di dalam buah alpukat adalah MUFA (monounsaturated fatty acid) atau lemak baik untuk membantu pelumasan sendi dan menurunkan tekanan darah.

Manfaat Buah Alpukat Untuk Kesehatan

manfaat buah alpukat untuk kesehatan

Ingin tahu lebih lanjut tentang manfaat buah alpukat untuk kesehatan? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

1. Kaya akan nutrisi

Menurut USDA (United States Department of Agriculture), pada setiap 40 gram buah alpukat, terdapat beberapa kandungan seperti:

– 64 kalori

– 6 gram lemak baik

– 3,4 gram karbohidrat

– Kurang dari satu gram gula

– 3 gram serat

Alpukat juga merupakan sumber vitamin C, E, K, dan B6 yang baik untuk tubuh, serta riboflavin, niacin, asam folat, asam pantotenat, magnesium, dan kalium. Sebagian besar jumlah kandungan kalori yang ada pada alpukat berasal dari lemak, sehingga otak Anda dapat menerima sinyal untuk mematikan nafsu makan. 

Selain itu, mengonsumsi lemak baik yang terkandung pada alpukat dapat membantu memperlambat pemecahan karbohidrat, serta membantu menjaga kadar gula darah agar tetap stabil. Konsumsi lemak baik juga penting untuk menjaga kesehatan kulit, meningkatkan penyerapan vitamin, bahkan dapat meningkatkan kekebalan tubuh Anda.

2. Menjaga kesehatan mata

Manfaat buah alpukat lainnya adalah dapat membantu meminimalisir kerusakan mata, termasuk dari sinar ultraviolet. Ini terjadi karena di dalam alpukat terdapat dua fitokimia, yaitu lutein dan zeaxanthin yang terkonsentrasi pada jaringan mata sehingga dapat memberikan perlindungan antioksidan.

Asam lemak tak jenuh yang terkandung di dalam alpukat juga dapat membantu penyerapan antioksidan larut dalam lemak, seperti beta karoten sehingga jika rutin mengonsumsi buah alpukat, maka Anda dapat terhindar dari risiko penyakit degenerasi makula atau gangguan penglihatan pada orang tua.

3. Mencegah kanker

Memenuhi konsumsi folat harian dapat membantu mengurangi Anda dari risiko terkena beberapa jenis kanker, seperti kanker usus besar, lambung, pankreas, dan serviks. Meskipun hal ini belum dapat dibuktikan seutuhnya, namun para ilmuwan percaya bahwa folat dapat melindungi tubuh dari mutasi DNA dan RNA yang tidak diinginkan selama pembelahan sel.

Beberapa penelitian menyimpulkan bahwa alpukat dapat berperan sebagai pengobatan kanker karena kandungan fitokimia yang diekstrak dari alpukat secara selektif dapat pertumbuhan sel-sel yang dapat menyebabkan kanker, dan juga dapat mematikan sel kanker.

4. Menjaga kesehatan jantung

Alpukat mengandung sekitar 25 miligram per ons beta-sitosterol. Konsumsi beta-sitosterol secara rutin dapat membantu menjaga kadar kolesterol yang sehat sehingga dapat membuat jantung Anda menjadi sehat.

5. Mencegah osteoporosis

Setengah buah alpukat dapat memenuhi 25 persen asupan vitamin K harian untuk tubuh. Memenuhi nutrisi vitamin K harian dapat berperan penting untuk meningkatkan kesehatan tulang dengan cara membantu meningkatkan penyerapan kalsium serta mengurangi kalsium yang terbuang melalui urin.

6. Menjaga kesehatan bayi di kandungan

Asupan folat harian yang cukup selama hamil dapat membantu mengurangi risiko keguguran dan cacat tabung saraf pada bayi. Penelitian yang dilakukan oleh McGill University menunjukkan bahwa tikus yang memenuhi kebutuhan folatnya dapat terlindungi dari cacat lahir pada bayi hingga 30 persen, dibandingkan dengan tikus yang tidak memenuhi kebutuhan folat harian.

7. Menurunkan risiko depresi

Selain dapat mencegah kanker dan menjaga kesehatan bayi di dalam kandungan, folat juga dapat membantu menurunkan risiko depresi karena dapat mencegah pembentukan homosistein, zat yang dapat mengganggu sirkulasi serta pengiriman nutrisi ke otak.

Kelebihan homosistein dapat mengganggu produksi serotonin, dopamin, dan norepinefrin yang dapat mengatur suasana hati, waktu makan, dan jam tidur seseorang.

8. Mencegah risiko penyakit kronis

Menurut Department of Internal Medicine and Nutritional Science Program of University of Kentucky, kandungan serat yang tinggi pada buah alpukat dapat menurunkan risiko penyakit jantung koroner, stroke, hipertensi, diabetes, serta obesitas secara signifikan. Selain itu, memenuhi kebutuhan serat harian secara rutin juga dapat menurunkan tekanan darah, kolesterol, dan berat badan; serta meningkatkan sensitivitas insulin.

Menurut dr. Irma Lidia, “Alpukat mengandung banyak lemak sehat dan serat serta rendah karbohidrat, serat dan lemak dalam kandungannya membuat kita lebih cepat merasa kenyang dan puas lebih lama. Sehingga alpukat juga dapat membantu dalam diet untuk menurunkan berat badan.”

Ingin tahu berita seputar kesehatan lainnya? Simak selengkapnya hanya di Ngovee. Unduh aplikasi Jovee melalui Google Play Store maupun App Store untuk mendapatkan rekomendasi suplemen. Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee.

Sumber: 

Why is Avocado Good For You. Medical News Today

12 Proven Benefits of Avocado. Healthline

Benefits Of Avocado: 11 More Reasons To Love The Fruit. Food NDTV