Kenali Beberapa Makanan Pemicu Kanker Ini

Ditinjau oleh: Kelvin Halim, S. Gz.
Perlu diketahui bahwasanya pada tubuh setiap orang telah terdapat sel kanker yang mana umumnya tak mudah untuk terdeteksi pada pemeriksaan yang dilakukan standar. Biasanya sel kanker dapat terdeteksi setelah terjadi perkembangbiakan menjadi banyak. Salah satu faktor yang menunjang perkembangbiakan sel kanker adalah makanan.

Makanan penyebab kanker sendiri terdapat beberapa macam yang mana cukup mudah dijumpai di antara lingkungan masyarakat kebanyakan. Dan tidak sedikit pula dari masyarakat yang sangat menggemari makanan yang dapat memicu sel kanker tersebut dalam tubuh. Sehingga risiko membesarnya sel kanker menjadi lebih besar kecenderungannya.

Makanan Penunjang Sel Kanker

Beberapa makanan yang disinyalir dapat membantu dalam perkembangan biakan sel kanker dalam tubuh. Adapun beberapa makanan penyebab kanker tersebut diantaranya:

  • Makanan ringan atau kemasan

Berdasarkan hasil penelitian, dijumpai hasilnya bahwa makanan ringan yang berbentuk kemasan mengandung bahan yang mana dapat berpotensi untuk memicu sel kanker yang ada dalam tubuh, yakni akrilamida. Bahan akrilamida tersebut terbentuk karena pengolahan karbohidrat yang dilakukan dengan suhu yang sangat tinggi.

Selain akrilamida, terdapat bahan lain yang mana juga dapat memicu terjadinya kanker, seperti halnya pemanis buatan, yang bahannya berasal dari siklamat maupun sakarin. Dimana kedua bahan itu cukup aktif dalam menyebabkan kanker yang berada di area kandung kemih. Hal itu yang nantinya dapat berpengaruh pada kesehatan pribadi.

  • Daging merah

Di antara beberapa makanan yang termasuk dalam kategori daging merah ialah daging sapi maupun daging kambing. Kedua daging tersebut merupakan sumber mineral dan juga protein yang sangat baik bagi tubuh. Namun, konsumsi berlebih rupanya dapat berakibat pada meningkatnya jumlah kolesterol dalam tubuh.

Selain itu, kandungan lemak jenuh dalam tubuh juga menyebabkan risiko penyakit kanker seperti kanker pankreas, kanker prostat dan kanker usus. Selain itu, cara pengolahan daging merah tersebut juga memicu risiko kanker dalam tubuh. Daging merah yang diolah tersebut umumnya mengandung zat yang sifatnya karsinogenik atau pemicu sel kanker.

  • Minuman Alkohol

Selain makanan, minuman rupanya juga berpotensi untuk menyebabkan kanker dalam tubuh. Hal ini dapat dibuktikan dari pengaruh minuman beralkohol yang mana dapat menyebabkan risiko terjadinya kanker pada bagian mulut, tenggorokan, usus, pankreas serta hati. Selain itu, merokok juga menjadi pemicu utama sel kanker yang ada dalam tubuh.

Makanan Pencegah Sel Kanker

Tidak hanya menyebabkan sel kanker berkembang dalam tubuh, makanan juga dapat membantu mencegah sel kanker berkembang dalam tubuh manusia. Apa saja jenis bahan makanan tersebut? Simak informasinya di bawah ini.

  • Jahe

Sebagai salah satu jenis dari rempah-rempah, jahe berfungsi penting dalam mencegah kanker. Kandungan gingerol dipercaya aktif sebagai zat anti kanker. Selain itu jahe juga berkhasiat dalam proses penurunan aktivitas yang pro-inflammatory pada usus, sehingga dapat mencegah terjadinya kanker yang ada di daerah usus.

  • Mengkudu

Buah Mengkudu diyakini memiliki kandungan antioksidan yang tinggi serta dipercaya dapat mencegah kanker dalam tubuh. Konsumsi mengkudu secara rutin dapat meredakan rasa nyeri, rasa mual dan juga rasa lemas yang umumnya sering dirasakan oleh pengidap kanker.

  • Kayu Manis

Pada penelitian yang telah dilakukan oleh ahli, diketahui bahwa kayu manis dapat berperan untuk menekan in vitro yang mana menjadi faktor utama kanker lambung.

Demikian penjelasan mengenai makanan penyebab kanker dan beragam makanan pencegah kanker yang semoga dapat bermanfaat.

Tetap jaga stamina dengan melengkapi kebutuhan suplemen harian Anda dengan mengunduh aplikasi Ngovee pada Google Play Store maupun App Store. Ingat, berita kesehatan, ingat Ngovee.