Kenali Detak Denyut Nadi Normal Ketika Olahraga

Ditinjau oleh : dr. Amanda Ismoetia
Banyak orang yang melakukan olahraga berat tetapi lebih baik kita tidak boleh berlebihan dalam berolahraga. Karena segala sesuatu yang berlebihan itu hasilnya tidak baik. Detak jantung misal atau denyut nadi. Hal tersebut bisa menjadi indikator seseorang melakukan kegiatan fisik yang terlalu berat dan topik kali ini akan membahas seputar denyut nadi sebelum dan sesudah olahraga.

Proses Kerja Tubuh Ketika Sedang Berolahraga

Kita lebih baik tahu detak jantung yang normal pada saat berolahraga itu seperti apa. Sehingga kita tidak berlebihan ketika melakukan aktivitas fisik tersebut. Sekalipun olahraga memang bermanfaat untuk kesehatan, jika kamu melakukan olahraga secara berlebihan, bisa membuat kamu merasakan nyeri. Risiko lainnya bisa saja mengalami cedera, dan napas menjadi lebih pendek.

Makin cepat detak jantung pada saat olahraga merupakan respons yang alami kalau tubuh kita butuh banyak oksigen meski tubuh bisa menyediakan oksigen dalam jumlah yang cukup. Tubuh kita akan bekerja dengan membuat aliran darah lebih cepat dan juga meningkatkan pernapasan.

Detak Jantung Saat Olahraga Yang Normal Sesuai Usia

Ketika kita sedang berolahraga, maka sebaiknya kamu tetap coba memperhatikan seberapa cepat detak jantung kamu. Akan dibahas panduan detak jantung yang normal itu seperti apa berdasarkan usia ketika berolahraga.

Batas atas dipakai untuk detak jantung setiap aktivitas olahraga dengan tingkat intensitas tinggi. Sementara batas bawah merupakan target detak untuk tiap olahraga dengan intensitas yang sedang. Berikut ini penjelasannya untuk Anda semua pahami.

  • Usia 70 = 75 sampai 130 detak tiap menit
  • Usia 60 sampai 65 tahun = 75 sampai 135 detak tiap menit
  • Usia 50 sampai 55 tahun = 80 sampai 145 detak tiap menit
  • Usia 40 sampai 45 tahun = 85 sampai 150 detak tiap menit

Perhitungan Manual Untuk Perkiraan Batas Maksimal Detak Jantung Ketika Berolahraga

Bukan hanya itu saja, selain memakai panduan denyut nadi sebelum dan sesudah olahraga tersebut, ada cara lain. Kamu juga dapat memperkirakan batas yang maksimal untuk detak jantung saat olahraga dengan metode sebagai berikut:

Hitung dengan 220 – (usia) = batas detak jantung maksimal pada saat olahraga (perkiraan)

Dengan perhitungan ini, maka bisa memperkirakan batas maksimalnya. Agar lebih tepat, kamu dapat melakukan juga tes latihan bertahap. Disarankan untuk berkonsultasi juga lebih jauh ke dokter, kalau kamu punya kondisi medis yang perlu dipertimbangkan. Karena kondisi medis dan juga pengobatan bisa memengaruhi batas detak jantung paling atas atau yang maksimal.

Manfaat Mengetahui Batasan Detak Jantung Pada Saat Melakukan Olahraga

Kalau kamu rutin olahraga, lalu mengetahui baik-baik beberapa informasi yang sudah dibahas di atas, maka kamu bisa tahu kapan saatnya mengurangi intensitas olahraga. Kita juga bisa tahu kapan harus meningkatkan gerakan olahraga kita. Hal ini bisa membuat manfaat berolahraga lebih terasa dan lebih optimal karena kamu tak melakukannya dengan secara berlebihan maupun kurang.

Setelah kamu tahu kondisi detak jantung normal seperti apa yang menjadi indikator ini, kita lebih berhati-hati lagi melakukan olahraga. Kalau kamu olahraga di gym, kamu bisa lebih mudah lagi. Karena bisa dengan mudah tahu informasi denyut nadi sebelum dan sesudah olahraga lewat monitor yang ada di sana.

Tim dokter Jovee, dr.Amanda Ismoetia menambahkan bahwa detak jantung umumnya meningkat pada saat aktivitas. Konisi ini terkait dengan kerja jantung yang meningkat sebagai kompensasi adanya aktivitas yang memerlukan banyak energi. Sehingga aliran darah harus bisa mengalir sampai ke pembuluh darah tubuh yang paling kecil.

Harus diwaspadai jika detak jantung diatas 150x/menit, karena bisa mengakibatkan aritmia/kekacauan irama jantung, ini bisa terjadi akibat adanya penyakit jantung dan gangguan elektrolit tubuh. Pastikan untuk mengecek kondisi tubuh terlebih dahulu pada dokter/ahli sebelum berolahraga, dan konsultasikan juga olahraga apa yang cocok sesuai dengan kondisi kesehatan anda.

Jangan sampai ketinggalan tren dan informasi terbaru. Simak selengkapnya hanya di Ngovee. Unduh saja dengan mudah aplikasi Ngovee lewat Google Play Store maupun App Store untuk mendapatkan rekomendasi produk vitamin sekarang. Dapatkan vitamin terbaik hanya melalui Ngovee.