Kenali Faktor Penyebab Gusi Sering Berdarah Agar Tidak Panik

Ditinjau oleh: dr. Irma Lidia
Ada cukup banyak orang yang mengalami gusi sering berdarah. Hal tersebut bisa saja terjadi sering karena berbagai macam hal. Mulai itu dari menyikat gigi yang tidak benar dan gusi berdarah karena disebabkan karang gigi. Gusi berdarah bisa disebabkan oleh karang gigi jika karangnya menumpuk dan bisa juga dipicu penyakit sistemik misalnya seperti diabetes.

Selain itu, gusi berdarah sering dialami banyak orang saat menyikat gigi. Tetapi sebenarnya, saat kita menyikat gigi bukan satu-satunya hal yang menjadi penyebab gusi kita berdarah. Ada kondisi lain yang perlu diperhatikan seperti kurang vitamin hingga penyakit diabetes, yang juga dapat menyebabkan gusi kita berdarah.

Beberapa Hal Yang Menyebabkan Gusi Berdarah Untuk Dihindari

Agar lebih jelasnya, berikut ini akan dibahas seputar beberapa faktor penyebab gusi mulut berdarah. Sehingga kita bisa berusaha untuk melakukan apa pun caranya untuk menghindari terjadinya faktor tersebut.

Kurang Vitamin C

Salah satu komponen yang sangat penting untuk tubuh kita yaitu Vitamin C. Vitamin satu ini bisa membantu jaringan tubuh untuk lebih berkembang dan bisa memperbaiki diri saat sedang terjadi kerusakan termasuk gusi berdarah. Vitamin ini bisa membantu penyembuhan luka, serta menguatkan gigi.

Tulang anda juga bisa lebih sehat dengan asupan vitamin C. Pada saat tubuh kita kurang vitamin C, dampaknya akan terasa pada area rongga mulut. Di samping bisa membuat gusi kita menjadi bengkak, kurang vitamin ini bisa juga membuat gusi berdarah. Maka dari itu, agar gusi berdarah bisa kita hindari, lebih baik penuhi asupan vitamin C baik dari makanan atau pun suplemen.

Radang jaringan gigi/periodontitis

Ada masalah kesehatan lain yang bisa menyebabkan gusi berdarah yaitu periodontitis. Kondisi tersebut bisa terjadi pada saat radang pada gusi tidak diobati dengan segera. Sehingga peradangan bisa meluas hingga sampai ke tulang serta jaringan yang berfungsi sebagai pendukung gigi lain.

Orang dengan periodontitis maka sangat sering merasakan gusi sering berdarah, meski pun tanpa terdapat pemicunya. Gusi dapat berdarah sendirinya pada saat kita sedang diam. Kondisi ini biasa disebut dengan perdarahan spontan serta merupakan gejala khas pada masalah periodontitis ini. Pada keadaan parah, maka periodontitis bahkan dapat membuat gigi kita lepas sendirinya karena tulang yang menyangga gigi rusak.

Karang gigi menumpuk

Tentunya faktor satu ini yang sering menjadi sebab gusi berdarah. Karang gigi menumpuk ialah faktor penting dari ragam masalah gusi terutama masalah gusi berdarah. Karena karang gigi ini merupakan sarangnya bakteri. Bakteri tersebut bisa memicu peradangan gusi atau gingivitis dan kemudian bisa menimbulkan gejala bengkak, mudah berdarah dan kemerahan.

“Makan makanan sehat, rutin membersihkan gigi tiap hari dan merawat gigi dengan baik, rutin ke dokter gigi sesuai anjuran tiap 6 bulan sakali untuk memastikan kesehatan gigi gusi dan mencegah timbulnya masalah lebih lanjut” tambah dr. Irma Lidia, tim dokter Jovee.

Kurang Vitamin K

Kalau perdarahan terjadi pada gusi anda cukup banyak, bisa saja disebabkan kurangnya vitamin K dalam tubuh. Vitamin K ini bisa berfungsi maksimal untuk penggumpalan darah serta menghentikan perdarahan. Apabila kadar vitamin K kurang, maka kita bisa mengalami masalah kesehatan seputar dengan perdarahan termasuk gusi berdarah.

Itulah beberapa faktor yang bisa menjadi penyebab gusi sering berdarah. Beberapa hal di atas lebih baik dipahami agar kita bisa melakukan perawatan atau peningkatan kesehatan untuk mencegah hal tersebut. Hindari juga sikat gigi anda terlalu keras karena bisa secara fisik menyebabkan gusi berdarah.

Kamu bisa tahu makanan yang dikonsumsi memenuhi kebutuhan vitamin harian atau tidak dengan Unduh aplikasi Ngovee! Dengan Ngovee anda dapat melihat rekomendasi suplemen sesuai dengan kebutuhan personalmu. Dapatkan vitamin terbaik di Ngovee.