Kenali Makanan Penyebab Kolesterol yang Harus Dihindari

Ditinjau oleh: Kelvin Halim, S. Gz.
Mayoritas orang mengenal kolesterol adalah jenis penyakit yang disebabkan karena konsumsi garam dan minyak secara berlebihan. Padahal penyakit kolesterol bisa muncul karena beberapa faktor, diantaranya adalah karena makanan penyebab kolesterol.

Lalu makanan apa saja yang harus kita hindari agar kadar kolesterol dalam darah kita tak berlebihan? Sebenarnya kolesterol memiliki peran penting dalam tubuh kita. Namun dengan catatan, kadar kolesterol harus dalam batas normal yaitu sekitar 200 mg/dl.

Hindari Konsumsi Beberapa Jenis Makanan Yang Menyebabkan Kolesterol Berikut

Manfaat kolesterol sendiri terdiri dari fungsi untuk membuat garam empedu agar supaya usus lebih mudah untuk menyerap lemak, membuat hormon korteks, membuat hormon seks dan lain sebagainya. Berikut ini adalah beberapa jenis makanan yang diketahui bisa menyebabkan Anda memiliki kadar kolesterol tinggi.

  • JeroanĀ 

Bagi Anda pecinta jeroan seperti babat, otak, usus, jantung dan hati  ternyata mengandung kolesterol tinggi sekitar 100 persen lebih dari kebutuhan kolesterol harian orang dewasa. Jadi jika Anda menyukai olahan makanan dengan bahan tersebut sebaiknya kurangi jumlah dan intensitas konsumsinya agar terhindar dari penyakit kolesterol.

  • Telur

Jika Anda sudah memiliki penyakit kolesterol, sebaiknya batasi jumlah konsumsi telur setidaknya maksimal 1 butir setiap harinya. Karena dalam satu butir telur yang berukuran besar mengandung kurang lebih 60 persen kebutuhan.

  • Makanan yang digoreng

Berbagai jenis makanan yang diproses dengan cara digoreng terlebih dahulu sebelum dimakan memiliki resiko mengandung kolesterol tinggi. Jadi sebisa mungkin kurangi konsumsi makanan yang digoreng dan ganti proses memasak dengan cara direbus atau kukus saja.

Konsumsi Jenis Makanan Berikut Bisa Turunkan Kolesterol

Nah untuk mengganti jenis makanan penyebab kolesterol yang disebutkan di atas, ada beberapa makanan yang bagus untuk penderita kolesterol. Di antaranya adalah buah alpukat yang  mengandung serat yang tinggi sekaligus sumber lemak tak jenuh tunggal yang baik untuk penderita kolesterol.

Buah ini bisa membantu meningkatkan kolesterol baik serta menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh Anda. Buah ini bisa diolah dalam bentuk minuman jus buah atau dikonsumsi dalam bentuk salad buah. Merupakan jenis bahan makanan yang mengandung serat tinggi yang sangat bagus untuk membantu membuat kadar gula dalam darah menjadi lebih stabil.

Oatmeal bisa mengurangi resiko penyakit kardiovaskular sekaligus mengurangi kemampuan penyerapan kolesterol jahat dalam tubuh sehingga kadar kolesterol tetap dalam takaran normal.  Konsumsi buah yang kaya kandungan pektin juga bisa membantu untuk menurunkan kolesterol namun di samping itu bisa meningkatkan kadar kolesterol baik dalam darah.

Buah tersebut di antaranya adalah buah apel, stroberi, jeruk dan anggur. Kemudian jenis makanan yang terakhir adalah ikan salmon. Jika Anda memiliki kondisi kekurangan protein maka Anda bisa menggantinya dengan konsumsi ikan salmon.

Ikan jenis salmon mengandung asam lemak omega 3 yang bagus untuk meningkatkan kolesterol baik sehingga bagus untuk meningkatkan kolesterol baik dalam tubuh. Jangan lupa untuk mengubah gaya hidup serta pola makan agar lebih sehat. Lakukan olahraga secara rutin sehingga tubuh lebih sehat dan memiliki kadar kolesterol yang normal. Itulah beberapa jenis makanan penyebab kolesterol yang harus Anda hindari.

Jangan sampai ketinggalan tren dan informasi terbaru dari penyakit kolesterol tinggi. Simak info lengkapnya hanya di Ngovee. Download  aplikasi Ngovee via  Google Play Store maupun App Store di android Anda untuk dapatkan rekomendasi vitamin terbaik. Dapatkan vitamin berkualitas hanya dari Ngovee.