Kenali Makanan Tinggi Vitamin yang Baik untuk Tubuh

Ditinjau oleh: Kelvin Halim, S. Gz.

Tubuh membutuhkan sejumlah nutrisi baik itu multivitamin, mineral ataupun zat gizi lainnya dalam jumlah yang seimbang. Tidak boleh menitikberatkan pada salah satu jenis nutrisi saja dan mengabaikan jenis nutrisi yang lainnya. Pasalnya, kekurangan salah satu jenis nutrisi bisa menyebabkan berbagai masalah seperti defisiensi zat yang berakhir pada gangguan metabolisme, serta kekurangan vitamin tubuh. Oleh karena itu sangat penting untuk mengetahui sumber makanan apa saja yang sangat kaya akan multivitamin dan mineral seperti berikut.

Makanan yang dapat memenuhi kebutuhan vitamin tubuh.

Penting bagi Anda untuk memahami makanan apa saja yang bisa memenuhi kebutuhan vitamin tubuh. Setiap harinya, tubuh membutuhkan asupan multivitamin dan mineral yang mencukupi agar tetap dapat melakukan metabolisme dengan lancar. Inilah informasi kesehatan terpercaya mengenai makanan tinggi vitamin:

1. Elderberry

Buah elderberry mungkin masih sedikit asing bagi kebanyakan masyarakat Indonesia. Namun, baru – baru ini penelitian menunjukkan khasiat buah elderberry yang sangat tinggi dan baik untuk kesehatan. Buah elderberry memiliki manfaat untuk memerangi berbagai bakteri dan virus penyebab penyakit pada tubuh. Buah elderberry juga sangat baik untuk menjaga kesehatan saluran pernapasan termasuk mencegah penyakit influenza.

2. Astragalus

Astragalus adalah tanaman herbal yang tumbuh di daratan Asia dan Asia Tenggara. Tanaman ini sudah sejak lama digunakan sebagai tanaman herbal untuk pengobatan tradisional daerah China dan juga Thailand. Tanaman Astragalus sangat kaya akan multivitamin dan juga mineral yang dapat meningkatkan sistem daya tahan tubuh pada manusia.

3. Jamur

Siapa yang tidak mengenal tanaman jamur? Tanaman yang sering digunakan sebagai campuran dalam masakan dan juga minuman ini ternyata memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Jamur dipercaya tinggi akan kandungan vitamin B serta mineral selenium. Kandungan vitamin B yang tinggi di dalam jamur adalah niacin serta riboflavin yang dipercaya sangat berpengaruh terhadap peningkatan sistem imunitas tubuh.

4. Bawang Putih

Bawang putih memang sejak lama diyakini memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Tanaman umbi – umbian yang lebih umum digunakan sebagai tambahan dalam bumbu dapur ini memiliki khasiat berupa antiinflamasi serta antivirus yang baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh melawan berbagai patogen penyebab penyakit seperti virus dan bakteri. 

Vitamin dan Mineral yang Baik Bagi Tubuh

vitamin tubuh

Ada banyak multivitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Masing – masing memiliki dosis yang harus dipenuhi agar tubuh dapat menjalankan fungsinya secara optimal. 

1. Vitamin E

Vitamin E bersama – sama dengan vitamin C memiliki manfaat sebagai antioksidan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Vitamin E memiliki peran dalam menangkal berbagai paparan radikal bebas yang merugikan tubuh seperti menyebabkan penyakit degeneratif ataupun penyakit menular. Vitamin E memiliki peran sebagai katalisator yang membantu lebih dari 200 reaksi biokimia yang terjadi dalam tubuh. 

Alhasil vitamin E akan membantu tubuh menjalankan fungsinya yang optimal. Vitamin E bisa diperoleh dari biji – bijian, sayuran berdaun hijau, kacang – kacangan.  Asupan vitamin E harian yang disarankan adalah 33 IU. Sementara maksimal dosis harian yang diperbolehkan adanya 1100 IU.

2. Vitamin B Kompleks

Vitamin B Kompleks memiliki manfaat sangat besar untuk meningkatkan sistem daya tahan tubuh dan kekebalan tubuh. Mendapatkan asupan vitamin B kompleks secara mencukupi akan membantu tubuh melawan berbagai patogen penyebab penyakit. Namun sayangnya, penelitian menunjukkan bahwa banyak orang yang berusia dewasa mengalami masalah defisiensi vitamin B kompleks.

Asupan vitamin B kompleks harian dibedakan berdasarkan jenisnya. Untuk vitamin B12 atau disebut sianokobalamin maka kebutuhan harian yang disarankan adalah 2,4 mcg. Sementara maksimal dosis harian yang diperbolehkan belum ditentukan. Untuk vitamin B1 atau disebut tiamin maka kebutuhan harian yang disarankan adalah 1,2 mg. Sementara maksimal dosis harian yang diperbolehkan belum ditentukan.

Vitamin B2 atau disebut riboflavin maka kebutuhan harian yang disarankan adalah 1,3 mg. Sementara maksimal dosis harian yang diperbolehkan belum ditentukan. Vitamin B3 atau disebut niasin maka kebutuhan harian yang disarankan adalah 16 mg. Sementara maksimal dosis harian yang diperbolehkan sebanyak 35 mg. 

Vitamin B9 atau disebut asam folat maka kebutuhan harian yang disarankan adalah 400 mcg. Sementara maksimal dosis harian yang diperbolehkan adalah 1000 mcg. Vitamin B6 atau disebut piridoksin maka kebutuhan harian yang disarankan adalah 1,3 mg. Sementara maksimal dosis harian yang diperbolehkan sebanyak 100 mg. 

3. Vitamin D

Vitamin D memiliki manfaat yang sangat baik terhadap sistem kekebalan tubuh karena mampu meningkatkan kemampuan tubuh dalam melawan berbagai patogen penyebab penyakit. Vitamin D sebenarnya dihasilkan oleh tubuh dalam bentuk pro vitamin D. Namun untuk mengubah provitamin D menjadi vitamin D maka tubuh harus mendapatkan paparan sinar matahari dalam jumlah mencukupi. 

Selain dari paparan sinar matahari, vitamin D bisa diperoleh dari makanan laut, dan olahannya. Kebutuhan harian yang disarankan untuk vitamin D adalah 600 IU. Sementara maksimal dosis harian yang diperbolehkan sebanyak 4000 IU.

Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee. Untuk mengetahui rekomendasi vitamin harianmu, anda juga bisa mengunduh aplikasi Jovee. Jovee adalah aplikasi yang dapat merekomendasikan suplemen sesuai dengan kebutuhan personal. Aplikasi Jovee tersedia melalui Google Play Store maupun App Store.