Kenali Manfaat Buah Sawo Bagi Kesehatan Tubuh

Meski banyak ditemukan di negara-negara Asia Tenggara seperti Indonesia, Thailand, Kamboja, Vietnam, dll. Buah yang memiliki nama latin Manikara Zapota ini sebenarnya berasal dari negara-negara sekitar Amerika Tengah. Pohon sawo merupakan salah satu jenis pohon buah yang cepat tumbuh dan juga tahan dengan terpaan angin dan kekeringan. Terdapat banyak manfaat buah sawo yang bisa kamu dapatkan karena buah sawo merupakan salah satu buah yang tinggi kalori.

Buah sawo memiliki ciri berwarna coklat dan memiliki rasa manis yang khas pada buahnya ketika matang. Anda tidak dapat mengonsumsi buah sawo ketika masih mentah karena di dalamnya terdapat kandungan saponin yang berbahaya bagi tubuh. Namun, kandungan tersebut akan hilang jika buah sudah matang.

Apa saja kandungan pada buah sawo?

Sawo merupakan salah satu buah yang tinggi kalori. Di setiap 100 gram buah sawo, terdapat 83 kalori. Beberapa kandungan pada setiap 100 gram buah sawo, antara lain:

Kalori (83 Kcal)

Karbohidrat (19.9 g)

Protein (0.44 g)

Vitamin A (60 IU)

Vitamin C (14.7 mg)

Zat Besi (0.8 mg)

Kalsium (21 mg)

Manfaat buah sawo bagi kesehatan

manfaat-buah-sawo

Buah yang memiliki ciri seperti buah kiwi ini, ternyata memiliki beberapa manfaat yang berasal dari kandungannya. Beberapa manfaat buah sawo, antara lain:

1. Meningkatkan kesehatan saluran cerna

Buah sawo merupakan salah satu buah dengan kandungan serat yang tinggi sehingga dapat mencegah berbagai macam penyakit pencernaan, seperti sembelit dan diare,

2. Mengobati wasir

Kandungan senyawa polifenol tanin yang tinggi pada buah sawo dapat memberikan efek antiinflamasi, antivirus, antibakteri, dan anti parasit. Karena kandungannya, buah sawo sering dijadikan obat tradisional untuk penyakit wasir.

Selain itu, kandungan polifenol juga dapat mencegah diabetes tipe 2.

3. Mengatasi masalah inflamasi

Efek inflamasi pada tubuh yang dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan seperti radang usus, gangguan iritasi usus, serta gastritis erosif dapat diatasi oleh buah sawo.

4. Baik untuk ibu hamil

Kandungan vitamin A dan karbohidrat pada buah sawo dapat memberikan dampak yang baik bagi kesehatan ibu hamil dan menyusui. Selain itu, buah sawo juga dapat mencegah gejala morning sickness dan pusing pada ibu hamil. Hal ini terjadi karena kandungan yang ada pada buah sawo dapat membantu produksi kolagen dan mencegah berbagai gangguan perut.

5. Menjaga tekanan darah

Magnesium yang terdapat pada buah sawo dapat menjaga kesehatan pembuluh darah agar selalu aktif. Selain itu, kandungan kaliumnya juga dapat mengatur tekanan dan sirkulasi darah.

6. Menjaga kesehatan tulang

Mengonsumsi buah sawo secara rutin dapat membantu menjaga kesehatan tulang Anda karena terdapat sumber mineral yang baik seperti zat besi, asam folat, kalsium, magnesium, kalium, fosfor, dan selenium di buah sawo.

7. Mengurangi risiko kanker

Kandungan antioksidan pada buah sawo dapat mencegah beberapa jenis kanker, salah satunya adalah kanker rongga mulut.

8. Menjaga berat badan

Mengonsumsi buah sawo dapat membantu menjaga berat badan tubuh Anda, terutama bagi kamu yang sedang melakukan diet. Hal ini terjadi karena buah sawo dalam menjaga metabolisme tubuh Anda.

9. Meningkatkan kesehatan kulit dan rambut

Manfaat buah sawo lainnya adalah dapat menjaga kesehatan dan kelembaban kulit dan rambut dapat terjaga jika dikonsumsi secara rutin. Salah satu alasannya adalah karena konsumsi buah sawo secara rutin dapat membuang racun pada tubuh (baca juga 9 Nutrisi Penting untuk Menjaga Kesehatan Kulit Anda).

10. Baik untuk kesehatan mata

Vitamin A yang ada pada buah sawo dapat meningkatkan kesehatan mata dan juga mencegah beberapa penyakit mata seperti degenerasi makula.

11. Menjaga kesehatan mental

Buah sawo dapat menjadi obat penenang alami yang dapat membantu menenangkan saraf dan meredakan stres. Oleh karena itu, buah sawo baik dikonsumsi bagi penderita insomnia, kecemasan dan depresi.

Apakah ada efek samping jika mengonsumsi buah sawo?

Tidak ada efek samping yang perlu Anda takutkan dari konsumsi buah sawo ketika sudah matang. Namun, terdapat beberapa efek samping jika Anda mengonsumsi buah sawo yang belum matang, seperti menyebabkan bisul di mulut, membuat gatal tenggorokan, dan timbulnya rasa pahit di mulut karena tingginya kandungan lateks dan tanin di dalamnya. 

Efek samping lain yang juga bisa Anda dapatkan adalah sakit pada perut jika Anda mengonsumsi biji sawo. Anda juga dapat merasakan gejala diare dan gatal-gatal jika mengonsumsi daun sawo karena kandungan saponin yang ada di dalamnya.

Terdapat banyak sekali manfaat buah sawo bagi tubuh Anda, terlebih jika mengonsumsinya secara rutin. Untuk menghindari efek sampingnya, Anda disarankan agar tidak mengonsumsi biji dan daun sawo. Selain itu, gunakan juga saran dokter jika Anda memiliki riwayat penyakit serius tertentu.

Ingin tahu berita seputar kesehatan lainnya? Simak selengkapnya hanya di Ngovee. Unduh aplikasi Jovee melalui Google Play Store maupun App Store untuk mendapatkan rekomendasi suplemen. Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee.